FRESH POOL Gratis Tiket Pesona Pesona - WisataHits
wisatahits

FRESH POOL Gratis Tiket Pesona Pesona

FRESH POOL Gratis Tiket Pesona Pesona

Harga Tiket Masuk Cool Pool: -Jam Buka: 24 jam Nomor Telepon: -Alamat: Desa Trowulan, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61362

Kabupaten Trowulan memiliki banyak situs peninggalan kerajaan kuno. Salah satu diantara mereka Kolam renang yang keren yang merupakan tambak terbesar di Indonesia dengan luas 6,5 hektar. Kolam ini konon merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang digunakan oleh raja untuk menjamu tamu dan menjadi tempat membuang peralatan masak.

Situs Kolam Segaran ini berada di kawasan wisata Trowulan. Memang, ruang akuatik ini tidak ada hubungannya dengan tempat wisata yang memiliki banyak wahana. Memang, dulu kolam ini pernah direnovasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur pada tahun 1975-1983. Tujuannya adalah menjadikan kolam renang ini sebagai tempat wisata yang dapat diakses oleh masyarakat umum.

Harga tiket masuk kolam keren

Sebagai tempat wisata, Kolam Segaran memang tidak begitu populer di kalangan wisatawan. Padahal, masuk ke kolam ini gratis. Memang aktivitas yang bisa dilakukan di kolam renang ini gratis, kecuali makan di warung yang berbayar.

Harga tiket masuk kolam keren
Setiap hari Gratis

Baca: Gunung Penanggungan: Tiket dan Informasi Pendakian

Jam buka

Untuk ini tidak ada jam buka karena kolam renang ini buka sehari penuh. Biasanya ramai pada pagi dan sore hari.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Wisata Situs Kerajaan Tambak Segaran

Kolam Segaran bisa menjadi tujuan wisata unggulan bagi masyarakat Trowulan, Mojokerto. Tidak hanya itu, masyarakat dari luar kota juga bisa mengunjungi tempat ini. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, kecuali berenang karena kolam ini masih terkesan sangat mistis.

Di sekitar kolam

Segar Poolside dengan dua areaJalan beraspal di sekitar kolam sangat cocok untuk jogging atau hanya berjalan-jalan santai. Foto: Gmaps/Star Affa

Kolam renang Segaran umumnya digunakan oleh penduduk setempat untuk berolahraga. Seperti jogging atau jalan santai. Biasanya kegiatan ini ramai pada pagi dan sore hari. Selain menyehatkan, berolahraga di sini juga dilengkapi dengan bonus yaitu pemandangan Fresh Pool.

Latihan di sini bisa dilakukan dengan cara melingkari kolam di area poolside. Tepi kolam memiliki dua bidang persegi panjang. Pertama, jalan beraspal. Dua area yang menjadi pembatas dari kolam tersebut adalah bata merah. Kedua area tersebut mengelilingi kolam.

Sebagai informasi bahwa kawasan bata merah bukanlah jalan umum. Jalan adalah dinding sebuah bangunan tua. Turis dilarang berjalan di dinding. Namun, sangat disayangkan masih ada wisatawan yang berlatih di jalan ini.

Baca: Tiket Ghanjaran Park Terjangkau untuk Puluhan Wahana Seru

Tangkap ikan di kolam yang sejuk

Tangkap ikan di kolam yang sejukOrang menangkap ikan dengan jaring di kolam Segaran. Foto: Gmaps/Yustina Ari

Kolam Segaran merupakan satu-satunya kolam di Mojokerto yang memiliki luas 6,5 hektar. Selain sebagai sarana olahraga, kolam ini juga menjadi sarana menangkap ikan, baik dengan pancing maupun dengan jaring. Kolam ini menjadi spot favorit bagi para peminat memancing.

Kegiatan memancing biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari. Karena daerahnya sangat terbuka pada siang hari maka sangat panas, apalagi di tempat ini tidak ada tempat berteduh.

Ada banyak jenis ikan di kolam ini, salah satunya adalah ikan wader. Meski jumlah ikannya sangat banyak, namun menangkap ikan di kolam ini, terutama memancing, cukup sulit karena ikannya jarang menangkap umpan. Mungkin ada aturan tidak tertulis yang harus dipatuhi oleh pemancing, seperti meminta izin terlebih dahulu.

Baca: Tiket dan Aktivitas Pacet Mini Park Mojokerto

Nikmati pemandangan di sekitar kolam renang

Bersantai di kolam yang sejukAnak-anak kecil menikmati keindahan Fresh Pool dengan duduk di area terlarang. Foto: Gmaps/Jun Aidy

Kolam renang Segaran memiliki panjang 375 m, lebar 175 m, tebal 1,60 m, dan tinggi 2,88 m. Di sekitar kolam masih terdapat pepohonan yang rindang, termasuk pohon kamboja. Pepohonan menciptakan suasana kolam yang teduh dan semilir angin. Wisatawan dapat melihat pemandangan dengan duduk atau berdiri di sekitar kolam.

Pemandangan Gunung Arjuna dan Welirang juga bisa dilihat dari sini. Di sekitar kolam terdapat banyak bunga berwarna-warni. Terkadang di tengah kolam juga ditumbuhi rumput dan bunga teratai merah. Untuk menikmati keindahan kolam ini, Anda harus datang saat musim hujan karena kolam mengering saat musim kemarau.

Pemandangan dari langit pun tak kalah indah. Pada sore hari, langit matahari terbenam yang indah akan ditampilkan. Di pagi hari juga. Jika ingin melihat pemandangan matahari terbit, cobalah datang ke kolam ini sebelum pukul 06:00. Wisatawan dapat mengubah pemandangan menjadi objek foto alam yang indah.

Baca: DUYUNG TRAWAS HILL Tiket dan wahana

Wisata Kuliner Ikan Wader

Para penyeberang berubah di stan Fresh PondKuliner Sambal Ikan Wader saat mengunjungi Tambak Segaran. Foto: Gmaps/Nurul Sulistyaningrum

Bagi pecinta ikan yang mengarungi, Anda harus mengunjungi kolam yang sejuk. Di kolam ini terdapat banyak warung makan lokal. Makanan olahan yang dijual rata-rata dari para penyeberang mulai dari gorengan, botokan dan penyetan. Salah satu warung makan di tepi kolam renang adalah Warung Cak Mat Sambel Wader & Botok.

Banyak wisatawan yang setuju bahwa olahan ikan wader di sekitar kolam ini sangat enak. Menu yang paling enak adalah Wader Fish Sauce. Ikan wader goreng kering dicelupkan ke dalam saus sambal. Tak lupa sepiring nasi putih hangat. Dapur adalah kombinasi sempurna untuk menu sederhana dengan harga terjangkau.

Bahkan, warung-warung ini tidak hanya menjajakan ikan wader tetapi juga menawarkan menu dari bahan makanan lain seperti belut. Namun, hidangan yang paling terkenal dengan rasanya yang super lezat adalah Ikan Wader. Dapur di sini sangat nyaman. Tak hanya perut kenyang, mata juga dimanjakan dengan pemandangan area Fresh Pool.

Baca: Patung Buddha Tidur Raksasa Mojokerto

Aturan di kolam renang

Tabel aturan di Fresh PoolPeraturan bagi wisatawan yang berkunjung ke tambak Segaran. Foto: Gmaps/Gilang Primada

Kolam Segar ini masih terlihat sangat mistis. Ada aturan yang harus ditaati oleh pengunjung yang datang. Manajemen melarang Anda berjalan di atas bangunan bata tua di sekitar kolam renang.

Memang, batu bata lama kolam renang bisa menjadi jalan akses ke kolam renang. Bata tua merupakan bagian dari bangunan bersejarah, sehingga dilarang untuk berjalan di atasnya. Alternatifnya bisa melalui jalur lain, yaitu jalur pejalan kaki atau area tepi kolam yang sudah diaspal.

Museum Trowulan

Museum Trowulan dekat Cool PondKolam Segaran terletak dekat dengan wisata lainnya, termasuk Museum Trowulan. Foto: Gmaps/Athi ‘Arofatul Faricha

Kolam renang Segaran ini terletak di kawasan yang strategis. Berdekatan dengan tempat wisata lainnya seperti Museum Trowulan, Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Candi Genthong, Buddha Tidur, Candi Menak Jinggo dan Candi Brahu. Tempat-tempat ini dapat dikunjungi setelah kembali dari kolam Segaran karena jaraknya yang cukup dekat.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa melakukan wisata religi selama berkunjung. Sekitar 100m ke arah timur laut adalah makam Putri Cempo dan Prabu Brawijaya V (Damar Wulan). Kedua makam tersebut terletak di atas makam Islam lama.

Kedua makam ini dibedakan dari batu nisannya. Untuk Putri Cempo, nisan hanya di bagian kepala, sedangkan Prabu Brawijaya V memiliki nisan di kaki dan kepala. Kuburan kedua makam tersebut ditutup dengan kain putih. Peziarah biasanya mengunjungi makam ini pada waktu-waktu tertentu, seperti Jumat malam di Kliwon.

Alamat Kolam Segar

Wisata kolam purba ini terletak di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61362. Lokasi kolam Segaran ini berjarak sekitar 500m dari jalan raya. Akses jalan menuju lokasi cukup mudah karena terletak dekat dengan jalan utama Surabaya Madiun.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button