Eksotisme Pulau Sembilan di Kotabaru, Destinasi Favorit Para Snorkeling - WisataHits
wisatahits

Eksotisme Pulau Sembilan di Kotabaru, Destinasi Favorit Para Snorkeling

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam Alamat: Pulau Sembilan, Kec. Daerah. Kota Baru, Kalimantan Selatan; Kasus: Cek lokasi

Ada 9 pulau di sekitar pulau Kalimantan dan pulau Jawa yang disebut Pulau Sembilan. Dari sembilan pulau tersebut terdapat 3 pulau yang berpenghuni yaitu Pulau Maradapan dengan 1 desa yaitu Desa Maradapan, Pulau Matasiri dengan 2 desa yaitu Desa Labuan Barat dan Desa Teluk Sungai, dan yang terakhir adalah Pulau Maradapan dengan 2 desa yaitu Tanjur Nyiur Desa dan Desa Tengah.

Sarana transportasi utama di kabupaten Pulau Sembilan, provinsi Kalimantan Selatan adalah dengan menggunakan kapal. Karena letak desa tersebut berada di pulau yang berbeda. Di kawasan nusantara ini terdapat pemandangan yang sangat indah dengan laut biru dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sangat cocok bagi wisatawan yang merasa penat atau penat dengan kehidupan sehari-hari yang sangat padat dan padat.

Sangat cocok bagi para penyelam untuk melakukan aktivitas menyelam dan menikmati keindahan bawah laut pulau-pulau tersebut. Untuk menikmati keindahan bawah laut pulau ini, wisatawan bisa menyewa perahu nelayan dan meminta untuk mengantarnya ke spot-spot snorkeling terbaik di nusantara ini. Tidak hanya keindahan bawah lautnya saja, pemandangan dari atas kapal juga sangat indah.

Atraksi Pulau Sembilan

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau SembilanKredit gambar: Twitter jama syari

Ada beberapa tempat wisata di pulau cantik yang terletak di provinsi kalimantan selatan ini mulai dari pemandangan bawah laut hingga atas laut, berikut beberapa tempat wisata tersebut.

1. Pemandangan sembilan pulau

Yang pertama di alam nusantara yang begitu indah. Dari laut biru yang membentang hingga 9 pulau hijau yang letaknya berdekatan. Wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati pemandangan yang sangat indah ini sambil menenangkan pikiran atau berfoto.

2. Keindahan Bawah Laut

Berikutnya adalah keindahan bawah laut. Bisa dikatakan pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang tidak kalah indah dengan pemandangan di atas lautnya, banyak wisatawan yang datang ke pulau ini hanya untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah lautnya.

Tidak hanya diving saja yang bisa dinikmati wisatawan, namun bagi yang hobi memancing, bisa mencoba berlibur sambil memancing di perairan sekitar pulau. Banyak ikan dapat ditemukan di sekitar pulau karena daerah ini termasuk dalam Laut Jawa yang merupakan laut terbesar di Indonesia.

3. Matahari terbenam

Atraksi Sembilan PulauKredit gambar: Twitter Mia Maria

Keindahan sunset yang dilihat dari atas perahu akan membuat kenangan tersendiri. Saat matahari terbenam di antara pulau-pulau dengan warna langit yang berubah dari kuning menjadi merah, akan sangat indah untuk dilihat. Jangan lupa untuk mengabadikan momen langkah ini.

4. Memancing di laut

Tak heran, hasil tangkapan laut menjadi salah satu daya tarik bagi daerah yang mayoritas penduduknya adalah nelayan. Begitu juga dengan pulau-pulau yang berbatasan dengan Kotabaru. Fakta bahwa mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan membuat hasil tangkapan di sini sangat enak untuk disantap saat berlibur.

Alamat, lokasi, rute dan biaya perjalanan ke Pulau Sembilan

Alamat sembilan pulauKredit gambar: Google Maps Sugeng Hidayat

Pulau Sembilan terletak di provinsi Kalimantan Selatan dan terletak di antara Selat Makassar dan Laut Jawa. Berjarak 190 kilometer dari ibu kota Kalimantan Selatan, yaitu Banjarmasin. Untuk perjalanan dari Kotabaru ke pulau-pulau tersebut, Anda bisa menggunakan Kapal Motor Sabuk Nusantara yang akan memakan waktu 8-10 jam tergantung cuaca dan arus laut.

Biaya untuk sampai ke pulau dari Kotabaru bervariasi. Jika menggunakan angkutan laut atau kapal perintis biayanya hanya Rp 10.000 dengan perjalanan yang bisa memakan waktu hingga 10 jam, sedangkan jika menggunakan helikopter akan memakan waktu 1-2 jam dengan harga 1 juta hingga 1,5 juta .

Jika sudah berada di kawasan pulau, wisatawan bisa menyewa perahu nelayan untuk mengekspor pulau dan lautnya dengan harga sewa perahu Rp 300.000 hingga Rp 500.000 di hari biasa. Sedangkan untuk hari besar seperti Idul Fitri dikenakan biaya Rp 500.000 hingga Rp 700.000.

Aktivitas menarik untuk dilakukan di Pulau Sembilan

Kegiatan yang dilakukan di Pulau SembilanKredit gambar: Twitter Diet Katrok

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pulau ini dan sekitarnya. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Sembilan.

1. Snorkeling

Aktivitas menarik pertama adalah snorkeling atau diving. Saat menyelam, wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahan dasar lautnya. Terumbu karang, ikan bahkan penyu bisa ditemukan di sekitar perairan pulau ini. Untuk bisa melakukan aktivitas ini, Anda harus meminta saran dari nelayan setempat untuk dibawa ke tempat dengan pemandangan bawah laut yang indah.

2. Memancing

Tidak hanya menyelam dan menikmati keindahan bawah laut, wisatawan juga bisa bersantai di atas perahu sambil menangkap ikan di perairan ini.

3. Perjalanan dengan perahu

Kemudian datang untuk mengelilingi atau mengunjungi pulau-pulau sekitarnya. Ada 9 pulau yang bisa dikunjungi dengan sajian keindahan alam yang berbeda. Jadi tidak ada salahnya pergi ke masing-masing pulau untuk lebih menikmati keindahan alam tempat ini.

4. Bersantai di pantai

Sembilan kegiatan di pulauKredit gambar: Google Maps Sugeng Hidayat

Tidak hanya laut yang menjadi daya tarik wisata. Namun, pantai di pulau-pulau ini juga sangat indah. Bersantai di pantai sambil menikmati keindahan alam dan menghilangkan kejenuhan dan penat dengan menghirup hiruk pikuk dunia perkotaan bisa dilakukan di sini.

5. Menikmati matahari terbenam

Matahari terbenam di antara pulau-pulau dapat dilihat di Pulau Sembilan yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan. Bersantai di pantai atau di atas perahu sambil menikmati matahari terbenam adalah sesuatu yang berbeda.

6. Penyu

Di pulau ini, wisatawan juga bisa melihat penyu. Hal ini dikarenakan penyu di sini masih banyak, termasuk yang membudidayakan penyu di pulau ini.

7. Ambil gambar

Dan kegiatan menarik yang terakhir adalah berfoto-foto ya, kegiatan wajib yang harus dilakukan ketika anda datang ke pulau yang terletak di provinsi kalimantan selatan ini. Dengan pemandangan laut dan pulau yang indah akan membuat foto para wisatawan semakin indah.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pulau

Lokasi pulau terdekatKredit gambar: Google Maps Voyageoka

Untuk akomodasi, disarankan untuk mengambil paket yang disediakan oleh mitra wisata agar dapat diakomodasi dengan penduduk Pulau Sembilan. Karena tidak ada akomodasi yang tersedia di pulau itu. Namun bagi wisatawan yang tidak ingin menginap di pulau, bisa menginap di Kotabaru. Berikut beberapa penginapan di Kotabaru yang bisa dicairkan.

1. Hotel Grand Surya

Hotel yang terletak di Kotabaru ini menawarkan kamar dengan harga per malam sekitar Rp 600.000 per malam. Untuk fasilitas tentunya memiliki AC dan wifi, sehingga cukup nyaman untuk ditinggali.

2. Hotel Pasifik

Dengan harga per malam sekitar Rp 500.000, wisatawan sudah bisa menikmati makanan gratis, AC, dan wifi gratis. Hotel di Kotabaru ini bisa jadi rekomendasi yang layak.

3. Hotel Kartika

Hotel selanjutnya dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp 200.000 per malam, hotel ini terletak di tengah kota namun masih natural. Sehingga cukup nyaman untuk pengunjung yang bermalam.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Sembilan Kotabaru

Fasilitas di Pulau SembilanKredit gambar: Google Maps Sugeng Hidayat

Karena fasilitasnya sendiri tidak sebanyak dan semegah tempat wisata lainnya. Memang pulau ini menawarkan wisata alam dengan pemandangan alam dan bawah laut yang menawan. Juga dengan hasil-hasil para nelayan yang bisa ditemui di pulau ini. Berikut beberapa fasilitas yang ada di pulau ini.

1. Sewa perahu

Penyewaan perahu nelayan yang dapat digunakan untuk menyelam menikmati keindahan bawah laut, atau kegiatan lain seperti memancing, di sekitar pulau-pulau lain dapat ditemukan di sini. Dengan harga sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000, wisatawan memiliki perahu dan beberapa kru untuk menemani perjalanan liburan mereka.

2. Katering

Ada beberapa warung makan dengan hidangan utama seafood di sekitar Pulau Sembilan. Tidak hanya makanan, ada pedagang yang menjajakan makanan ringan, rokok, dan kopi untuk wisatawan.

3. Pelabuhan

Ada marina untuk penduduk lokal dan wisatawan yang bepergian melalui laut. Banyak kapal berlabuh di pelabuhan.

4. Toilet umum

Ada juga toilet umum yang bisa ditemukan di pulau ini. jadi bagi wisatawan yang ingin buang air kecil atau besar tidak perlu khawatir.

5. Masjid

Bagi wisatawan yang ingin menunaikan salat dapat dilakukan di masjid yang ada di pulau tersebut.

Pulau Sembilan masih membutuhkan banyak fasilitas penunjang tambahan seperti akomodasi di pulau tersebut agar wisatawan tidak perlu bolak-balik ke Kotabaru untuk bermalam. Namun dari segi pesona alam dan wisata bawah lautnya sangat bagus. Jadi bagi pecinta wisata bawah laut, jangan ragu untuk mengunjungi pulau ini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button