Eksotisme Pantai Si Rondo Situbondo yang akan membuat jantung Anda berdegup kencang - WisataHits
Jawa Timur

Eksotisme Pantai Si Rondo Situbondo yang akan membuat jantung Anda berdegup kencang

situbondo

Pantai Si Rondo, demikian penduduk setempat menyebutnya. Destinasi wisata ini terletak di kawasan Labuan Merak, Baluran, Situbondo.

Si Rondo adalah bahasa Jawa dan berarti Janda. Tapi jangan salah, nama itu tidak ada hubungannya dengan status sosial sang janda.

Meski begitu, tidak ada yang tahu persis dari mana hadiah Si Rondo itu berasal. Karena nama ini sudah dikenal masyarakat setempat sejak zaman dahulu.

Namun untuk keindahan dan eksotisme pantainya tidak perlu diragukan lagi. Semua orang akan jatuh cinta dengan pantai ini. Secara administratif, Pantai Si Rondo berada di bawah Taman Nasional (TN) Baluran.

“Saya tidak tahu bagaimana ceritanya. Yang pasti, sejak saya datang ke pantai ini, penduduk setempat menyebutnya Si Rondo,” kata Sarino, 47 tahun, warga sekitar. detik Jawa TimurMinggu (20/11/2022).

Hampir sama dengan sejumlah potensi wisata di cagar alam Baluran. Pantai ini terpencil dan memiliki medan yang berat. Namun lokasinya yang berada di kawasan bisa menjadi daya tarik bagi pecinta alam. Hal ini disebabkan menyatunya hutan, gunung dan laut menjadi satu.

Pertempuran tambahan diperlukan untuk sampai ke area ini. Karena akses jalan hanya bisa dilalui kendaraan off-road atau jalur pendakian. Di beberapa titik, sungai kecil harus diseberangi.

Pantai Si Rondo, SitubondoPerahu penduduk di Pantai Si Rondo Situbondo (Foto: Chuck Shatu Widarsa/ detikJawa Timur)

Pantai Si Rondo berjarak sekitar 8-10 km dari desa terakhir, Sumberwaru, Banyuputih. Jika diperhatikan peta, kawasan ini berada tepat di sudut timur dan utara pulau Jawa.

Namun, rasa lelah berkendara di sepanjang jalur tersebut dijamin akan hilang begitu sampai di kawasan ini. Karena sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah antara pegunungan, hutan, pasir putih dan pantai dengan ombak kecil berwarna biru kehijauan.

Di kawasan ini Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan eksotis, tetapi juga aktivitas olahraga air seperti perahu, kano, atau sekadar berenang di pantai.

Juga bagi yang hobi menyelam, Anda bisa menyelam di kawasan ini untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Karena terumbu karang tumbuh subur bersama biota laut lainnya.

Keindahan bawah laut kawasan ini karena letaknya yang berada di pertemuan Selat Madura di sisi utara dan Selat Bali di sisi timur.

Tak hanya itu, jika beruntung, dalam perjalanan menuju kawasan Labuan Merak pengunjung bisa bertemu dengan hewan-hewan yang menjadi penghuni kawasan ini. Mengapa Anda ingin mengunjungi Si Rondo Situbondo?

Video “KuTips: Jangan Laminasi, Cara Melindungi Arsip Penting”
[Gambas:Video 20detik]
(abq/dte)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button