Dua pulau di Kepulauan Seribu ini diiklankan sebagai tujuan wisata para digital nomads - WisataHits
Jawa Timur

Dua pulau di Kepulauan Seribu ini diiklankan sebagai tujuan wisata para digital nomads

TEMPO.CO, jakarta – Digital nomaden merupakan salah satu potensi yang ditargetkan pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Digital nomad adalah istilah bagi mereka yang bekerja secara independen dari tempat dan waktu. Jadi Anda bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja selama tersedia jaringan internet.

Sudin Pariwisata dan Industri Kreatif menggandeng komunitas digital nomad untuk menggarap Pulau Untung Jawa dan Pulau Onrust melalui tur perkenalan atau tur pencarian fakta. “Tentunya ada harapan kehadiran masyarakat dapat lebih memajukan destinasi wisata Kepulauan Seribu yang kembali ramai dikunjungi wisatawan,” kata Kepala Sudin Pariwisata dan Industri Kreatif Kepulauan Seribu Puji Hastuti dalam keterangannya, Minggu, 16 Oktober 2018. , 2022.

dalam tur pencarian fakta Setelah itu, peserta diajak mengunjungi Pulau Onrust yang penuh dengan wisata pantai dan sejarah, serta wisata kuliner di Pulau Untung Jawa. Selama kunjungan, pekerjaan dilakukan secara digital.

Peserta yang merupakan wisatawan nomaden digital dapat terus berkarya. Hal ini dikarenakan kedua pulau tersebut memiliki koneksi internet yang cukup untuk melakukan berbagai pekerjaan secara digital.

Selain itu, ada dukungan jaringan internet nirkabel gratis dari Pemprov DKI Jakarta yaitu JakWifi. JakWifi dapat digunakan dengan mengunjungi lokasi Wi-Fi terdekat dan menghubungkan perangkat elektronik yang ada ke koneksi JakWifi yang tersedia.

Penjara Warisan Belanda di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, Jakarta. Minggu 15 April 2018. Tempo/Rezki Alvionitasari.

Pulau Onrust memiliki wisata sejarah yang eksotis karena pernah menjadi pusat bongkar muat dan galangan kapal Belanda. Pada tahun 1679 Perusahaan Hindia Timur Belanda (Verenigde Oostindische Compagnie/VOC) telah membangun rumah sakit khusus kusta di pulau ini, yang sekarang menjadi museum, dan pasiennya dikarantina. Pulau Untung Jawa memiliki wisata ke Pantai Arsa yang ombaknya cocok untuk bermain banana boat dan Pantai Sakura yang memiliki tempat menyelam untuk melihat ikan Nemo. Ada juga Japanese Village yang terdiri dari berbagai kios yang menawarkan berbagai menu jajanan di bawah rimbunnya pohon yang dibuka oleh warga sekitar.

Menurut Puji, Pulau Onrust dan Pulau Untung Jawa memiliki potensi besar untuk digital traveller. Kedua pulau ini relatif dekat dengan daratan, yaitu sekitar 15-20 menit dari Pulau Onrust dan 45 menit dari Pulau Untung Jawa dengan speedboat dari Dermaga Marina, Ancol, Jakarta Utara. Harga berkisar dari Rp 125.000 hingga Rp 150.000 per orang tergantung pada hari dalam seminggu atau akhir pekan.

Baca juga: Pemandangan paviliun halte Bundaran HI yang ramai menjadi spot foto

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button