Dua kontestan asal Kalimantan Tengah berhasil meraih kesuksesan dalam Lomba Foto Harkannas 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Dua kontestan asal Kalimantan Tengah berhasil meraih kesuksesan dalam Lomba Foto Harkannas 2022

Palangka Raya (ANTARA) – Dua kontestan asal Provinsi Kalimantan Tengah berhasil menorehkan prestasi dalam lomba foto tingkat nasional memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) tahun 2022.

Lomba foto ini bertujuan untuk mengajak masyarakat umum lebih mencintai sektor kelautan dan perikanan, dengan tujuan meningkatkan, menggali dan mempromosikan wisata bahari yang pemenangnya diumumkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Parigi Moutong , Sulawesi Tengah, Senin.

“Melalui momentum Harkannas ini, kami mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan,” ujar Sakti Wahyu Trenggono.

Para pemenang lomba foto ini adalah Juara I Albertus Adi Setyo Nugroho (Jawa Tengah), Juara II Irwansyah Putra (Nanggroe Aceh Darussalam) dan Juara III Triana Dewi Akikah (Kalimantan Tengah).

Selanjutnya juara pertama Sofyan Efendi (Jawa Barat), juara kedua Roberto C. Letsoin (Yogyakarta), dan juara ketiga Hidayat Turrahman (Kalimantan Tengah).

Lomba foto berskala nasional ini terselenggara melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) berkat kerjasama dan kerjasama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Selain itu, Menteri Kelautan dan Perikanan berharap peringatan Harkannas ini terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan dan menjadikan ikan sebagai sumber protein utama untuk menghasilkan generasi berkualitas unggul sebagai calon penerus bangsa.

“Selain itu, di Indonesia sebagai negara laut, sumber daya ikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan untuk mencapai ketahanan pangan dan gizi nasional,” jelasnya.

Ia berharap peringatan Harkannas ke-9 di Parigi Moutong menjadi pendorong bagi daerah lain untuk membangun ketahanan pangan berbasis hasil perikanan.

Setiap daerah berpeluang menjadi tuan rumah peringatan Hari Ikan Nasional untuk mendorong konsumsi ikan sehingga menimbulkan multiplier effect dalam meningkatkan perekonomian di bidang kelautan, perikanan dan sektor pendukung lainnya di daerah.

Sementara itu, seperti disampaikan Kepala Dislutkan Darliansjah, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan, melalui rangkaian kegiatan ini, pihaknya mendorong masyarakat, khususnya komunitas fotografer dan media untuk lebih optimal dalam mengekspos kelautan dan perikanan. potensi.

“Ini merupakan lomba foto nasional pertama yang digelar dalam rangka memperingati Harkannas dalam sembilan tahun terakhir. Lomba ini digelar sebagai bentuk dukungan kepada Pemprov Kalteng untuk merevitalisasi pelaksanaan rangkaian Harkannas,” tegasnya.

Subyek foto yang dinilai dewan juri adalah kegiatan dan potensi sektor kelautan dan perikanan Indonesia, antara lain ikan, perahu nelayan, nelayan, pembudidaya, tambak, keramba, tambak dan bioflok.

“Selain itu juga mencakup ekosistem laut, ekosistem pesisir, ekosistem perairan pedalaman, pasar ikan hingga pengolahan hasil laut dan perikanan,” ujarnya.

Lomba ini menampilkan beberapa pegiat foto yang telah membuktikan diri sebagai juri di bidangnya, antara lain pegiat foto Pinto NH, jurnalis foto internasional Dwi Oblo, pengajar foto Deny Krisbiyantoro, pegiat fotografi lingkungan dan satwa liar Muhammad Rochim, fotografer infosantik disko Kalteng dan pegiat foto Ahmad Saifuddin .

Baca Juga: Menteri KP: Harkanas ke-9 Baru Pertama Kali Digelar di Daerah
Baca Juga: Dalam semangat keberlanjutan, Kementerian Kelautan dan Perikanan kembangkan zona perlindungan laut ekonomi biru
Baca Juga: 30 Provinsi Ikuti Lomba Masak Ikan Tingkat Nasional Seri Harkanas

Reporter: Muhammad Arif Hidayat
Penerbit : Faisal Yunianto
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button