DPRD dorong Pemkot Yogyakarta susun strategi kembangkan event pariwisata - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

DPRD dorong Pemkot Yogyakarta susun strategi kembangkan event pariwisata – ANTARA News Yogyakarta

YOGYAKARTA (ANTARA) — DPRD Kota Yogyakarta melalui Komite B mendorong pemerintah kota menyusun strategi pengembangan event, termasuk event internasional, untuk menarik lebih banyak wisatawan berkunjung ke kota tersebut.

“Ada ratusan event di Kota Yogyakarta yang sebagian besar bersifat budaya dan berpotensi menarik wisatawan. Namun, diperlukan strategi untuk lebih mengembangkan acara tersebut agar memiliki multiplier effect yang lebih luas,” kata Susanto Dwi Antoro, Ketua DPRD Komisi B Kota Yogyakarta, di Yogyakarta, Kamis.

Menurutnya, multiplier effect suatu event tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan aspek sosial dan budaya sebagai kebanggaan bagi masyarakat penyelenggara event tersebut, tetapi juga berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta Tahun 2022 Ditargetkan Capai Tujuh Juta Orang

Oleh karena itu, lanjut Susanto, diperlukan kajian untuk menyusun strategi pengembangan event agar pelaksanaannya dapat memberikan pengalaman yang menarik dan berkesan bagi wisatawan.

“Perumusan strategi ini harus mempertimbangkan berbagai aspek, salah satunya kondisi pascapandemi COVID-19. Harus ada perbandingan kondisi pariwisata sebelum dan sesudah pandemi,” ujarnya.

Salah satu event wisata yang berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut adalah Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) yang digelar sebagai puncak acara ulang tahun kota Yogyakarta.

WJNC juga telah masuk dalam Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf sehingga dapat mempromosikan promosi wisata seni dan budaya di tingkat nasional.

“Namun, ada hal-hal yang perlu dikembangkan agar WJNC menjadi ajang berskala internasional. Salah satunya adalah keikutsertaan peserta asing,” ujarnya.

Acara lain yang juga berkembang dengan baik adalah Jogja Cross Culture yang melibatkan peserta dari luar negeri.

“Berdasarkan dua peristiwa tersebut, perlu dianalisis sejauh mana dampaknya bagi sektor pariwisata,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya sebuah acara yang menarik penonton dari luar negeri untuk hadir secara langsung.

“Saya kira event lokal, nasional, dan internasional sama-sama memiliki nilai penting bagi perkembangan sektor pariwisata. Tetapi harus dilihat dari segi biaya dan manfaat untuk memaksimalkan manfaat, ”katanya.

Sebelumnya, Wahyu Hendratmoko, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, mengatakan akan berupaya meningkatkan dan memperkuat penyelenggaraan event sebagai salah satu strategi untuk menarik wisatawan ke Yogyakarta.

Kota Yogyakarta berpotensi untuk dikembangkan sebagai “City of Events” sehingga dapat menjadi alasan wisatawan untuk berkunjung kembali ke Yogyakarta.

Baca Juga: Mas dan Ibu Kampung Wisata Yogyakarta ujung tombak promosi pariwisata

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button