DPAD DIY Gelar Wisata Sadar Arsip – KRJOGYA - WisataHits
Yogyakarta

DPAD DIY Gelar Wisata Sadar Arsip – KRJOGYA

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiga Depo Arsip di Yogya yaitu Kraton Yogya, Puro Pakulaman dan Depot Arsip Diorama menjadi incaran Aparatur Kalurahan se-Kapanewonan Banguntapan Bantul Yogyakarta yang mengikuti Wisata Sadar Arsip pada Selasa 9 Agustus 2022.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPAD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini diikuti oleh 25 kepala desa. Mereka diundang oleh Ketua DPAD DIY Dra Monika Nur Lastiyani MM untuk mengikuti Wisata Sadar Arsip.

Dua duta arsip DPAD DIY 2022: Nur Anisa Triyana dan Rahayu Nur Hayati, mendampingi para peserta. Kegiatan ini dikoordinir oleh Ersha Ardiningrum dan Yurika dari DPAD DIY.

Budi Santosa SS MA, Sub-Koordinator Pelayanan Kearsipan DPAD DIY, mengatakan Wisata Sadar Kearsipan ditujukan kepada aparat desa yang dekat dengan DPAD DIY.

“Semua desa di Kapanewonan Banguntapan terwakili. Kami mengundang Duta Arsip untuk membantu menyebarkan pentingnya kearsipan kepada masyarakat,” kata Budi.

Berdasarkan reaksi masyarakat, Awareness Archive Tourism akan dilakukan dengan variasi baru kedepannya. Termasuk kemungkinan penambahan jumlah pelaksanaan yang saat ini lima kali dalam setahun.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kearsipan. Kedua, mereka lebih mengetahui layanan kearsipan DPAD DIY. Pelajari juga tentang keistimewaan Yogya melalui arsipnya. Tentu saja, tujuan kami bukan hanya aparat desa di Bantul. Kedepannya juga dari kota-kota lain di DIY,” kata Budi.

Melalui kegiatan ini, para peserta mendapat penjelasan lengkap tentang sejarah Yogyakarta.

“Sangat senang. Ini sesuatu yang bersejarah. Tidak semua orang bisa mengunjungi arsip keraton. Dengan akses dari DPAD, kita bisa masuk,” kata Roni Ruliyadi dari Kapanewonan Banguntapan Bantul.

Keberadaan Depot Arsip, kata Roni, sangat baik. Karena mengumpulkan semua arsip yang ada.

“Tur ini harus dilanjutkan. Diorama ini akan bagus untuk usia dini. Anda harus mengundang siswa SD, SMP, dan SMA. Kalau nggak paham ceritanya cuma bisa baca aja nggak bisa,” kata Roni.

Duta Arsip DPAD DOY, Nur Anisa Triyana mengaku senang bisa menjadi bagian dari Wisata Sadar Arsip. “Jelajahi sejarah Yogya. Dari yang lama hingga yang terbaru ada di sini. Semoga efeknya lebih kuat. jadi kenangan bersama,” kata Anisa.

Hal senada juga diungkapkan Rahayu Nur Hayati. Menurutnya, Awareness Archive Tourism sangat bermanfaat. “Kami belajar bagaimana mengelola arsip di Kraton Yogya, Puro Pakualaman dan DPAD. Kami juga tahu cara memulihkan arsip, menyimpan arsip, dan tidak hanya mengelolanya. Arsip adalah harta karun,” kata Rahayu

Menurut Ersha, Wisata Sadar Arsip merupakan kegiatan rutin. “Tahun ini lima kali. Ini adalah yang keempat. Pesertanya bergiliran,” jelas Ersha.

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button