Ditanami pohon Bisbul dan Kepel, trotoar buram Candi Prambanan makin cantik - WisataHits
Yogyakarta

Ditanami pohon Bisbul dan Kepel, trotoar buram Candi Prambanan makin cantik

Ditanami pohon Bisbul dan Kepel, trotoar buram Candi Prambanan makin cantik

tanpa judul

Krjogja.com – SLEMAN – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Ditjen Sumber Daya Alam Kementerian PUPR, menggelar peringatan Hari Dinas Pekerjaan Umum ke-77 pada Kamis pagi (12/01/2022). Berbagai kegiatan dilakukan, salah satunya adalah mempercantik kawasan Groundsill Sungai Opak di Candi Prambanan dengan menanam bibit pohon.

Kepala BBWS Serayu Opak Dwi Purwantoro mengatakan penanaman pohon merupakan salah satu upaya nyata menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Menurut Dwi, dalam rangka Hari Pekerjaan Umum ke-77, pihaknya melakukan penanaman pohon di areal Opak Groundsill Candi Prambanan dan Bendungan Karangtalun bersama para ibu-ibu PU.

“Kami menanam bibit pohon bisbul dan kepel di ambang buram Candi Prambanan. Kami berharap bibit pohon ini dapat dipupuk bersama untuk tumbuh dan membawa manfaat bagi lingkungan, baik untuk menyimpan cadangan air maupun menjaga persediaan air tanah,” ujarnya.

Ground sill BBWS Sungai Opak Serayu Opak yang sudah diperbaiki berada di kawasan wisata Candi Prambanan yang sudah diperbaiki dan lebih enak dipandang. Ambang tanah ini berfungsi melindungi Candi Prambanan dari air sungai, mengatur ketinggian palung sungai dan mengamankan jembatan yang menghubungkan Jalan Nasional Jogja-Solo.

“Kami sedang membangun bantaran sungai sebagai pengembangan dan untuk meningkatkan estetika kawasan candi Prambanan. Saat ini kami sedang menambah bibit pohon dan berharap dalam 20-30 tahun akan membawa manfaat lingkungan dan sosial,” lanjut Dwi.

Groundsill dibangun dalam waktu 8 bulan dengan dana Rp 48 miliar. BBWS Serayu Opak sengaja mendesainnya dengan estetika agar menjadi destinasi yang menarik untuk dinikmati masyarakat.

“Nantinya PT Taman Wisata Candi akan mengurus dan merawatnya. Kami berharap kehadiran kami diperhatikan oleh masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Mardijono Nugroho, Direktur Operasional dan Pengembangan Infrastruktur PT TWC menyambut antusias upaya BBWS Serayu Opak untuk menjaga dan melestarikan kawasan Prambanan. “Speed ​​bump memperindah kawasan opak yang terletak di Candi Prambanan dan tentunya akan memperluas peluang wisata masyarakat. Kami berterima kasih kepada Kementerian PUPR melalui BBWS Serayu Opak,” pungkasnya.

BBWS Serayu Opak sendiri telah menanam 1.300 bibit pohon di kawasan strategis dekat proyek infrastruktur sejak 2020 hingga 2022. (fxh)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button