Disparbud gencarkan digitalisasi desa wisata - WisataHits
Jawa Timur

Disparbud gencarkan digitalisasi desa wisata

KABUPATEN – Desa-desa di Kabupaten Malang terus didorong untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan sektor pariwisatanya. Sehingga wisatawan tertarik untuk datang setelah mendapatkan informasi mengenai berbagai destinasi wisata yang mereka miliki.

Program sinergi dan kerjasama ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malang untuk memperkuat digitalisasi sektor pariwisata. Aspek aksesibilitas destinasi wisata dimodernisasi on line melalui kerjasama dengan PT GoTo (Gojek Tokopedia).

Penandatanganan kerjasama antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang (Disparbud) dengan PT GOTO Gojek Tokopedia berlangsung Rabu (3/8) lalu di Cafe Sawah, Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Tim PT GoTo bertemu langsung orang yang tertarik Pariwisata di Kabupaten Malang. Fokusnya adalah pada pembahasan peluang kerjasama di bidang pariwisata.

Ada berbagai macam produk berkualitas yang ditawarkan, termasuk sektor pariwisata. “Kolaborasi dengan GoTo ini dimaksudkan untuk membawa kami Pukulan positif bagi perkembangan sektor pariwisata Kabupaten Malang,” jelasnya.

Padahal, Kabupaten Malang memiliki potensi besar di bidang pariwisata. “Destinasi wisatanya beragam dan semuanya eksotis. “Di satu sisi, GoTo memiliki akses besar ke konsep digitalnya. Mereka adalah merek besar dengan pangsa pasar yang luar biasa,” kata Kepala Disparbud Kabupaten Malang Purwoto SSos MSi. Karena Kabupaten Malang memiliki destinasi wisata yang beragam. Mulai dari wisata alam, budaya, religi dan lainnya.

Sebanyak 23 desa liburan ikut serta dalam rencana kerja sama tersebut. Kali ini Desa Wisata Pujon Kidul menjadi tujuan proyek percontohan penerapan digitalisasi desa wisata di wilayah Kabupaten Malang. “Kerja sama dengan GoTo tentu sangat menarik. Pariwisata di Kabupaten Malang akan semakin eksis. Kami berharap aplikasi teknis akan dilakukan lebih cepat. Ini akan meningkatkan daya tawar pariwisata di Kabupaten Malang,” kata mantan Camat Wajak itu.

Sementara itu, Kepala Desa Pujon Kidul Udi Hartoko mengatakan sinergi yang dibangun Pemkab Malang dan GoTo dapat membantu memperkuat sektor pariwisata. “Masuknya GoTo secara langsung dan lebih dalam akan memperkuat posisi destinasi wisata Kabupaten Malang. Konsep digitalisasi semakin kuat dan komprehensif. Wisatawan jelas akan betah berkunjung ke Kabupaten Malang,” pungkas Udi. (ren/tidak)

Source: radarmalang.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button