Tugu Pahlawan Surabaya: Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

Tugu Pahlawan Surabaya: Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket: Okezone Travel

MONUMEN Surabaya Heroes merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki sejarah terkait perjuangan kemerdekaan Indonesia. Anda bisa mengunjungi tempat ini sebagai tempat wisata sejarah saat berada di kota pahlawan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasan Tugu Pahlawan sebagai salah satu destinasi wisata sejarah unggulan.

Sejarah Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran Surabaya 10 November 1945, dimana pemuda Suroboyo berperang dengan Belanda yang ingin menjajah kembali Indonesia melawan Sekutu.

Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November untuk memperingati peristiwa tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam Perang Revolusi.

Memiliki tinggi 41,15 meter dan berbentuk seperti lingga atau paku terbalik. Tubuh tugu berbentuk 10 buah lengkung (canalures) dan terbagi menjadi 11 ruas.

Tugu Pahlawan Surabaya

(Foto: Instagram/@yusupard)

Tinggi, ruas dan kanal mengandung arti tanggal 10, 11 bulan 1945. Ini merupakan tanggal bersejarah tidak hanya bagi warga Kota Surabaya tetapi juga bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Lokasi Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan terletak di Jalan Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, atau tepatnya dan dekat Kantor Gubernur Jawa Timur. Dan menjadi ikon kota Surabaya sebagai kota pahlawan.

Selain itu, monumen ini menempati lahan seluas 1,3 hektar dan secara administratif berada di wilayah Desa Contong Alun-Alun, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.

Baca juga: Peduli Pejuang Kanker Donasi Rambut Bersama Lifebuoy x MNC Peduli Sedang Berlangsung!

Waktu operasional dan harga tiket

Jika Anda ingin mengunjungi Tugu Pahlawan, Anda harus memperhatikan jam bukanya terlebih dahulu.

Dari Selasa hingga Minggu buka mulai pukul 08.00 hingga 14.30 WIB. Surabaya Pride tutup pada hari Senin dan Hari Nasional.

Monumen Pahlawan Surabaya

(Foto: Instagram/@anas_fw)

Lalu untuk harga tiket umum Rp 2.000, sedangkan yang membawa rombongan biasanya dapat potongan harga lho. Rombongan minimal 30 orang mendapat diskon hingga 10 persen.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button