Cara menghitung anggaran liburan - WisataHits
Berita Wisata

Cara menghitung anggaran liburan

JawaPos.com – Perencanaan adalah hal penting yang harus dilakukan sebelum memutuskan sesuatu, juga dalam kaitannya dengan liburan. Selain itinerary, mengetahui cara menghitung budget liburan menjadi aspek penting yang tidak boleh diabaikan.

Meski terlihat sepele, membuat anggaran ini sangat berguna untuk mengontrol pengeluaran selama liburan. Dengan cara ini Anda tetap bisa membeli barang untuk diri sendiri dan bersenang-senang tanpa perlu khawatir dengan sisa uang di rekening tabungan Anda.

Oleh karena itu perlu mempelajari cara menghitung anggaran liburan agar perjalanan Anda lebih menyenangkan dan tanpa beban. Nah, untuk tips lainnya, yuk simak uraiannya di bawah ini!

1. Tetapkan anggaran maksimal

Saat menghitung anggaran liburan, Anda perlu menetapkan anggaran maksimal yang akan dibelanjakan.

Bagaimana? Untuk menetapkan budget maksimal, Anda bisa menggunakan beberapa cara, antara lain:

sebuah. Berdasarkan anggaran bulanan
Apakah Anda mencoba bertanya pada diri sendiri berapa banyak uang yang dapat Anda hemat per bulan untuk memenuhi kebutuhan liburan Anda?

Jika sudah tahu, coba kalikan angkanya dengan masa liburan atau tujuan Anda. Hasil yang didapatkan adalah budget maksimal untuk liburan Anda.

b. Berdasarkan pendapatan tahunan
Selain pendapatan bulanan, Anda juga bisa menentukan anggaran liburan maksimal berdasarkan pendapatan tahunan Anda.

Caranya adalah dengan membatasi persentase dana yang bersedia Anda keluarkan untuk kebutuhan liburan Anda.

2. Tentukan tujuan

Langkah selanjutnya dalam menghitung biaya perjalanan wisata adalah menentukan tujuan. Menentukan tujuan ini penting agar Anda bisa fokus pada satu tujuan. Selain itu, langkah ini juga akan membantu Anda untuk menentukan total biaya perjalanan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Rencanakan biaya keseluruhan

Setelah Anda menentukan tujuan yang diinginkan, Anda juga harus membuat anggaran kasar untuk biaya perjalanan. Beberapa rinciannya adalah biaya transportasi, akomodasi, biaya aktivitas, konsumsi dan souvenir.

sebuah. mengangkut
Dalam hal ini adalah biaya perjalanan ke tujuan liburan, transportasi ke tujuan liburan hingga jumlah yang dibutuhkan untuk perjalanan pulang.

Jangan lupa cantumkan juga jenis transportasi yang ingin Anda gunakan. Pasalnya, hal itu mempengaruhi jumlah anggaran yang harus dikeluarkan.

b. akomodasi
Dalam hal akomodasi, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa vila atau rumah agar lebih murah. Namun, jika Anda merasa tidak enak badan, memilih hotel sebagai tempat menginap juga bukan pilihan yang buruk. Bagaimanapun, pastikan anggaran liburan maksimum yang ditentukan tidak terlampaui.

c. Biaya kegiatan selama liburan
Tentunya selama berlibur Anda sudah memiliki sejumlah rencana kegiatan yang ingin Anda lakukan. Misalnya, mengunjungi objek wisata atau mengunjungi situs sejarah di daerah tersebut. Oleh karena itu, dalam panduan menghitung anggaran liburan ini, penting untuk mempersiapkan dengan matang biaya-biaya tersebut, karena sangat mempengaruhi besar kecilnya anggaran.

yaitu menggunakan biaya
Saat menentukan tingkat biaya konsumsi, Anda bisa mencoba mencari tahu terlebih dahulu rata-rata harga pangan di daerah tersebut. Saat meriset harga, tidak ada salahnya mencari rekomendasi restoran khas daerah tersebut.

e. Biaya membeli souvenir
Belum lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh untuk teman dekat atau keluarga. Untuk itu, Anda juga perlu menyiapkan dana liburan untuk biaya souvenir.

4. Buat dana cadangan
Meski sudah mengatur budget maksimal, Anda tetap membutuhkan bekal berlibur. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi biaya tak terduga yang muncul di luar anggaran. Oleh karena itu, jumlah dana cadangan ini dapat diperkirakan sekitar 10% dari tarif.

Ini adalah panduan menghitung anggaran liburan dengan rincian biaya. Kami harap panduan ini dapat membantu Anda membuat anggaran dan mengontrol pengeluaran liburan Anda.

Ingin lebih banyak wawasan keuangan? Yuk cek item lainnya di Glow Room!

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button