Disparbud dan Oemah Wisata sepakat perkuat promosi dan pengelolaan pariwisata Wonosobo - WisataHits
Yogyakarta

Disparbud dan Oemah Wisata sepakat perkuat promosi dan pengelolaan pariwisata Wonosobo

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSOBO – Sebagai bentuk komitmen peningkatan kunjungan wisatawan ke Wonosobo, Oemah Wisata menjadi wadah bagi 14 elemen pemangku kepentingan pariwisata di Wonosobo bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo pada Rabu (30/11/2022).

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo dan Ika Budi Nugroho, Direktur Oemah Wisata.

Oemah Wisata yang juga berperan sebagai badan promosi pariwisata daerah sekaligus koalisi para pemangku kepentingan pariwisata yang terlibat dalam berbagai industri pariwisata, merupakan mitra strategis dalam penguatan promosi pariwisata dan pengelolaan pariwisata di Wonosobo.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengatakan, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk mengembangkan pariwisata di Wonosobo. Namun, diperlukan keterpaduan seluruh elemen pelaku pariwisata agar dapat saling terkait.

“Pengelolaan kepariwisataan di sana harus memiliki pola kerjasama dan kerjasama yang sinergis dan terpadu, baik di destinasi wisata, daya tarik wisata, promosi, transportasi, infrastruktur, penerapan sapta sakti dan fasilitas penunjang, maupun lembaga yang mengelola destinasi wisata yang ada. ” dia menekankan.

Sementara itu, Ketua Organisasi Pariwisata Ika Budi Nugroho mengatakan dengan adanya kerjasama ini, pariwisata di Wonosobo akan semakin berkembang dan semakin banyak wisatawan yang tertarik.

“Konsekuensinya, seluruh elemen pemangku kepentingan pariwisata di Wonosobo harus lebih kompak dan bahu-membahu membangun pariwisata Wonosobo yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Disparbud Wonosobo, Agus Wibowo. Dikatakan, program-program yang tertuang dalam masterplan pariwisata daerah menjadi pedoman bagi seluruh elemen pariwisata yang ada, termasuk Oemah Wisata dalam pelaksanaan program promosi dan penguatan manajemen pariwisata yang sedang dilaksanakan.

Dengan kerja sama ini, dia yakin akan ada energi baru bagi semua pihak untuk bersama-sama memajukan pariwisata Wonosobo.

“Setelah perjanjian kerja sama ini ditandatangani, rencananya akan ditindaklanjuti dengan sinkronisasi program kerja Disparbud Wonosobo dan Oemah Wisata selama lima tahun ke depan,” ujarnya.. (disparbud.wonosobokab.go.id)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button