Disbudpar Cirebon bekerja sama dengan daerah tetangga untuk menarik wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

Disbudpar Cirebon bekerja sama dengan daerah tetangga untuk menarik wisatawan

Promosi bersama ini sangat perlu dilakukan karena wisatawan yang datang ke Cirebon dapat menjangkau ketiga wilayah tersebut

Cirebon (ANTARA) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon (Disbudpar), Jawa Barat, berupaya menjalin kerja sama dengan daerah tetangga seperti Indramayu, Majalengka, dan Kuningan untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Kami terus menjalin kerja sama dengan dinas pariwisata di daerah tetangga seperti Kabupaten Indramayu, Majalengka, dan Kuningan,” kata Agus Sukmanjaya, Kepala Disbudpar Kota Cirebon, di Cirebon, Rabu.

Agus mengatakan, kerjasama antar daerah, terutama yang berdekatan atau bertetangga, sangat diperlukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mengingat daerah tersebut juga sangat terjangkau.

Menurutnya, Kota Cirebon memiliki wisata sejarah, budaya dan kuliner yang tidak dimiliki daerah lain, namun hanya ada satu destinasi wisata alam yaitu Pantai Kejawanan.

Sementara daerah lain seperti Indramayu memiliki wisata pantai, Kabupaten Kuningan memiliki banyak wisata alam seperti di pegunungan serta Majalengka.

“Jadi ketika kerjasama ini matang, pasti semua daerah akan merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Dia mencontohkan, ketika wisatawan datang ke Yogyakarta, wisatawan bisa pergi ke Klaten, Gunungkidul atau lainnya, tetapi mereka tahu Yogyakarta. Agus mengatakan, konsep rebranding akan dilakukan oleh dinas pariwisata.

“Promosi bersama ini sangat perlu dilakukan karena wisatawan yang datang ke Cirebon bisa menjangkau ketiga daerah tersebut,” ujarnya.

Agus menambahkan pihaknya juga bekerja sama dengan Travel untuk mempromosikan paket wisata yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

Data yang ada menunjukkan bahwa kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon telah mencapai 3,2 juta orang pada kuartal ketiga, dan mendekati target 4 juta wisatawan pada tahun 2022.

Baca Juga: Menikmati Bali di Kampung Sabin Cirebon

Baca juga: Menparekraf: Gegesik Kulon Cirebon Masuk 50 Besar Desa Wisata

Baca Juga: Keraton Kasepuhan Cirebon Luncurkan Aplikasi On The Go

Reporter: Khaerul Izan
Penerbit: Ahmad Buchori
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button