Didirikan oleh para pemimpin Pati, Gunungpati muncul sebagai kabupaten terbesar di kota Semarang - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Didirikan oleh para pemimpin Pati, Gunungpati muncul sebagai kabupaten terbesar di kota Semarang – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kampung Alam Malon merupakan salah satu desa wisata atau kampung tematik yang ada di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. (gunungpati.semarangkota.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Kabupaten Gunungpati di kota Semarang, Jawa Tengah (Jawa Tengah) memiliki berbagai cerita sejarah terkait kerajaan Mataram. Tidak hanya itu, Gunungpati juga merupakan kecamatan dengan wilayah terluas atau terluas di kota Semarang.

Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang merupakan kecamatan tempat berdirinya kampus ternama Universitas Negeri Semarang (Unnes). Sejarah mencatat bahwa pendiri daerah yang sebagian besar terletak di perbukitan itu adalah Adipati Wasis Joyokusumo. Kata Gunungpati sendiri berasal dari kata Pati, asal muasal tokoh yang pernah memberontak terhadap Mataram.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

Adipati Wasis Joyokusumo atau Kiai Pati adalah anak dari Bupati Pati Ki Ageng Panjawi. Bukti keberadaan sosok yang juga dijuluki Pragolapati 1 ini masih terlihat dari bentuk makamnya yang terletak di Desa Plalangan, tidak jauh dari pasar Gunungpati atau sekitar 7 km dari kampus Unnes.

Selain itu, Gunungpati juga ternyata tercatat sebagai kecamatan terbesar di kota Semarang. kutipan dari buku Kota Semarang dalam angka 2022 dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang, Kabupaten Gunungpati memiliki luas sekitar 58,27 kilometer persegi atau sekitar 15,59% dari total luas Kota Semarang yang mencapai 373,38 kilometer persegi.

Selain itu, Gunungpati juga tercatat sebagai kecamatan tertinggi kedua di kota Semarang. Ketinggian wilayah di Gunungpati mencapai 300 meter di atas permukaan laut (mdpl) atau menempati urutan kedua sebagai wilayah permukaan tertinggi di kota Semarang di bawah Mijen dengan luas 311 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Temui Gunungpati, Kabupaten di Semarang yang Dibentuk oleh Kepribadian Pati

Sementara itu, Mijen juga tercatat sebagai salah satu kecamatan terbesar di Kota Semarang. Kecamatan yang berbatasan langsung dengan wilayah Boja Kendal ini merupakan kecamatan terbesar kedua di Kota Semarang dengan luas wilayah 56,52 km².

Dikutip dari situs kecgunungpati.semarangkota.go.id, Gunungpati terletak di bagian selatan kota Semarang. Di sebelah utara, kecamatan ini berbatasan dengan kecamatan Gajahmungkur dan Ngaliyan.

Gunungpati berbatasan dengan Kabupaten Semarang di sebelah selatan. Di sebelah timur, Gunungpati berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Banyumanik. Di sebelah barat, Kabupaten Gunungpati berbatasan dengan Kabupaten Mijen dan Kabupaten Kendal.

Baca Juga: Kawasan Sunyi di Semarang Punya Kawasan Industri

Gunungpati, kecamatan terbesar di Kota Semarang, terbagi menjadi 16 kelurahan, 97 RW dan 501 RT. Jumlah penduduk sebanyak 98.343 jiwa atau sekitar 5,03% dari total penduduk Kota Semarang.

Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, Gunungpati menjadi kecamatan paling sepi atau paling sepi ketiga di Kota Semarang dengan kepadatan penduduk 1.682 jiwa per kilometer persegi. Sementara itu, kecamatan paling sepi di Kota Semarang ditempati oleh Tugu dengan kepadatan penduduk 1.171 jiwa per kilometer persegi dan Mijen yang menempati urutan kedua dengan kepadatan penduduk sekitar 1.474 jiwa per kilometer persegi.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button