Di sinilah tempat wisatawan bisa mencari oleh-oleh unik di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Di sinilah tempat wisatawan bisa mencari oleh-oleh unik di Yogyakarta

Di sinilah tempat wisatawan bisa mencari oleh-oleh unik di Yogyakarta

TEMPO.CO, Yogyakarta – Tidak bisa dipungkiri, belanja oleh-oleh mulai dari sembako hingga kerajinan tangan menjadi salah satu aktivitas favorit wisatawan saat berwisata ke Yogyakarta.

Di tengah banyaknya pusat perbelanjaan oleh-oleh di Kota Yogya, ada satu tempat referensi wisata baru untuk mengamati perkembangan terkini produk khas Yogya, yaitu Pusat Desain Industri Nasional atau PDIN. Spot ini berada di Jalan C. Simanjuntak Terban atau sekitar satu kilometer arah timur Tugu Jogja.

Berlokasi di titik pusat kota hanya 10 menit dari kawasan Malioboro, spot baru PDIN ini akan menampung berbagai produk hasil karya Kota Yogyakarta. Dari karya siswa di kampus sekolah hingga karya industri usaha mikro, kecil, dan menengah yang siap pasar.

“Spot PDIN ini akan kami gunakan pada Januari 2023 dan mulai menghadirkan kreasi produk kulit yang layak dijadikan referensi oleh-oleh khas wisatawan,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Yogyakarta Kadri Renggono, Minggu 15 Januari 2023.

Bertajuk Leather Innofashion Expo 2023, acara tersebut menampilkan ratusan karya mahasiswa Politeknik Akademi Kulit Yogyakarta atau ATK yang dikuratori oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta. Hingga Juni 2023, wisatawan bisa melihat langsung dalam pameran produk-produk kulit yang diolah dengan cara yang unik, mulai dari bentuk sepatu, dompet, tas hingga peti gitar.

Kadri mengatakan spot PDIN ini penting bagi Kota Yogyakarta yang berstatus kota wisata yang menampung ribuan bengkel kerajinan souvenir skala kecil dan menengah. “PDIN adalah etalase dan subsistem umum untuk industri kecil dan menengah untuk membantu perajin tumbuh, terutama dalam desain produk yang diproduksi dan dibawa ke pasar,” katanya.

Menurut Kadri dari PDIN, produk industri kecil akan lebih kompetitif di Yogya. Selain itu, Yogya memiliki banyak sumber daya manusia di bidang desain dan lembaga pendidikan yang menghasilkan desainer berkualitas.

Direktur Politeknik ATK Yogyakarta Sugiyanto mengatakan dalam acara ini baik wisatawan maupun masyarakat umum dapat melihat bagaimana pemanfaatan bahan daur ulang menjadi produk yang baik. konsisten.

Baca juga: Temukan oleh-oleh unik berbahan daur ulang sampah di Yogyakarta, disini tempatnya

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button