Pimpinan Daerah PDIP diminta berkolaborasi mengembangkan pariwisata berbasis budaya - WisataHits
Jawa Timur

Pimpinan Daerah PDIP diminta berkolaborasi mengembangkan pariwisata berbasis budaya

Liputan6.com, Jakarta – Konektivitas daerah dengan pengembangan sektor pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat memang merupakan program yang ingin dibangun PDIP. Upaya tersebut juga terlihat saat Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto berkunjung ke Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Sabtu (17 September 2022).

Usai pembukaan Kongres Nasional Pelestarian Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara/SN) di Bantul, Hasto dan sejumlah pimpinan daerah PDIP makan siang. Acara makan siang tersebut dihadiri oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Bupati Trenggalek M. Nur Arifin dan Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo.

Di sela-sela makan siang, Hasto mengatakan kepada pimpinan daerah PDIP bahwa pihaknya ingin lebih menggenjot sektor pariwisata. Dia mengatakan pariwisata domestik perlu menggabungkan berbagai daerah untuk menjual lebih banyak.

“Gus Ipin dan Mas Ditho masih muda, sehingga pemikiran muda ini tentu memiliki nuansa tersendiri dalam pengembangan pariwisata. Tapi yang terpenting daerah dan daerah lain harus saling mendukung untuk menciptakan pariwisata yang tak terlupakan bagi dunia,” ujarnya.

“Kepala Daerah PDI-P harus bersinergi mengembangkan wisata budaya,” tambah Hasto.

Bupati Trenggalek, M. Nur Arifin atau yang lebih akrab disapa Gus Ipin mengatakan, daerah tersebut sudah memiliki tempat wisata budaya.

“Desa Wisata Pandean, desa wisata berbasis perlindungan sungai dan adat istiadat, menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia dalam acara penghargaan Desa Wisata Indonesia,” katanya.

Selain itu, Gus Ipin berbagi dengan kader PDIP bahwa ia sedang mengembangkan program Sadewa (Seratus Desa Wisata) di Trenggalek.

“Desa ini merupakan kolaborasi antar masyarakat dengan menjaga alam, melestarikan budaya dan potensi ekonomi lokal. Itu yang sedang kita kembangkan,” lanjut Bupati berusia 32 tahun itu.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button