Desa Sukajadi Mewakili Sumedang di Acara OVOS Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Desa Sukajadi Mewakili Sumedang di Acara OVOS Jawa Barat

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Melanjutkan konsep Desa Wisata Gastronomi Hanjeli, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado yang mewakili Kabupaten Sumedang dalam acara One Village One Story (OVOS).

Acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Duta Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia (YDPDKI) dan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Nanang Suryana selaku penggagas Desa Wisata Gastronomi Hanjeli di Sukajadi mengatakan, mendapat informasi tentang kompetisi OVOS dan berinisiatif untuk mengikuti kompetisi tersebut.

“Saya menyiapkan syarat-syarat untuk mengikuti lomba, mulai dari pembuatan video, presentasi dan presentasi tentang potensi desa. Sampai saat ini, kami telah menerima pengumuman untuk mendaftarkan finalis se-Jawa Barat,” ujarnya saat evaluasi OVOS Juri lomba, Kamis, 20 Oktober 2022.

Dikatakannya, konsep Desa Wisata Gastronomi Hanjeli baru setengah jadi. Namun, pengakuan diterima untuk menghadiri acara tersebut.

“Kami telah merintis Hanjeli dalam makanan olahan selama delapan tahun dan telah mencobanya beberapa kali. Pada dasarnya, hanjeli bisa dibuat menjadi tepung dan makanan olahan lainnya,” kata Nanang.

Nanang percaya bahwa Hanjeli dari Desa Sukajadi memiliki masa depan yang cerah dan menjadi solusi pangan lokal.

“Kami mulai kebanjiran order terkait produk Hanjeli ini. Beberapa datang dari berbagai kota di Indonesia.”

“Biasanya yang memesan untuk industri restoran organik dan rumah tangga sehat menggunakan bahan dari Hanjeli,” ujarnya.

Sementara Ketua Tim Juri YDPDKI Tiwi Wartawani mengatakan, OVOS bertujuan untuk menggali potensi desa yang memiliki kemajuan budaya, potensi industri dan lain-lain.

“Omong-omong, desa Sukajadi telah menunjukkan potensi hanjeli yang merupakan pengganti makanan beras yang baik dan terus berkembang,” katanya.

Menurutnya, dengan dukungan berbagai seni budaya yang tumbuh dan berkembang di Desa Sukajadi, Desa Sukajadi menjadi dasar terpilihnya sebagai finalis One Village One Story.

“Yang kami hargai adalah semangatnya, kemampuannya untuk unggul. Makanya kami menobatkan Desa Sukajadi sebagai salah satu finalis One Village One Story,” ujarnya.

Tiwi mengatakan hasil kompetisi OVOS akan diumumkan nanti pada tahun 2023.

“Hasil kompetisi akan diumumkan setelah kunjungan selesai pada Desember 2022. Tahun depan kami akan menyelenggarakan hadiah dan festival OVOS. Lokasinya tergantung Gubernur Jabar,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button