Desa Wisata Gastronomi Hanjeli mewakili Sumedang dalam acara OVOS - WisataHits
Jawa Barat

Desa Wisata Gastronomi Hanjeli mewakili Sumedang dalam acara OVOS

Bisnis.comSUMEDANG – Dengan konsep Desa Wisata Gastronomi Hanjeli, Desa Sukajadi di Kecamatan Wado mewakili Kabupaten Sumedang dalam acara One Village One Story (OVOS) yang diselenggarakan oleh Yayasan Duta Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia (YDPDKI) dan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nanang Suryana selaku penggagas Desa Wisata Gastronomi Hanjeli di Sukajadi mengatakan, mendapat informasi tentang kompetisi OVOS dan berinisiatif untuk mengikuti kompetisi tersebut.

“Saya sudah menyiapkan persyaratan untuk mengikuti kompetisi, mulai dari pembuatan video, presentasi dan presentasi tentang potensi desa, hingga hari ini saya menerima pengumuman untuk melamar finalis se-Jawa Barat,” katanya dalam pesan yang Bisnis diterima pada Minggu (23/10/2022).

Ia melanjutkan, sebenarnya konsep Desa Wisata Gastronomi Hanjeli ini baru setengah jadi, namun sudah mendapat pengakuan atas keikutsertaannya dalam acara tersebut.

“Hanjeli ini kami kembangkan selama delapan tahun sebagai pionir makanan olahan dan melakukan beberapa uji coba. Pada dasarnya hanjeli ini bisa dibuat menjadi tepung dan makanan olahan lainnya,” kata Nanang.

Nanang percaya bahwa Hanjeli dari Desa Sukajadi memiliki masa depan yang cerah dan menjadi solusi pangan lokal.

“Kami secara bertahap kebanjiran pesanan terkait produk Hanjeli ini. Beberapa berasal dari berbagai kota di Indonesia. Biasanya pesanan untuk industri restoran organik dan rumah tangga sehat yang menggunakan bahan Hanjeli,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Juri YDPDKI Tiwi Wartawani mengatakan, “One Village One Story bertujuan untuk menggali potensi desa yang memiliki kemajuan budaya, potensi industri dan lain-lain.

“Omong-omong, Desa Sukajadi telah menunjukkan potensi hanjeli yang merupakan salah satu bahan pangan pengganti beras yang baik dan terus berkembang,” ujarnya.

Menurutnya, dengan dukungan berbagai seni budaya yang tumbuh dan berkembang di Desa Sukajadi, Desa Sukajadi terpilih sebagai finalis One Village One Story.

“Yang kami hargai adalah antusiasmenya, kemampuannya untuk unggul. Makanya kami menobatkan Desa Sukajadi sebagai salah satu finalis One Village One Story,” ujarnya.

Terakhir, Tiwi menjelaskan, hasil kompetisi OVOS akan diumumkan nanti pada tahun 2023.

“Hasil kompetisi akan diumumkan setelah kunjungan selesai pada Desember 2022. Tahun depan kami akan menyelenggarakan hadiah dan festival OVOS. Lokasinya tergantung Gubernur Jabar,” ujarnya. (k34)

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button