Deretan 5 gunung terindah di Bogor, pernahkah kamu mendakinya? - WisataHits
Jawa Barat

Deretan 5 gunung terindah di Bogor, pernahkah kamu mendakinya?

TEMPO.CO, Bogor -Bogor terkenal dengan wisata pendakian dan akomodasinya. Selain itu, Anda bisa melihat penampakan pegunungan lebih jelas saat mencapai salah satu puncaknya. Di sana Anda bisa melihat rantai antara satu gunung dengan gunung lainnya yang sangat dekat satu sama lain.

Lantas apa saja gunung yang ada di Bogor dan bolehkah turis memasukinya? Oleh karena itu, bagi Anda yang merencanakan liburan untuk mendapatkan spot foto terbaik di puncak gunung, berikut lima rekomendasi yang dirangkum oleh Tempo.

  1. Gunung Gede

Rekomendasi pendakian pertama yang bisa kamu singgahi adalah Gunung Gede. Gunung ini memiliki nama yang berbeda-beda seperti Gunung Gedeh, Ageung atau Agung. Secara geografis, disebutkan di halaman vsi.esdm.go.id bahwa gunung ini terletak di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Secara umum, Anda bisa menggunakan jalur pendakian Cibodas, Cimacan, dan Selabintana untuk mencapai puncak atau kawah Gunung Gede. Selain Cibodas dan Selabintana, Anda bisa mendaki ke puncak gunung ini melalui Pacet, Hotel Warnasari, Bedogol. Namun, karena banyaknya kecelakaan, rute ini tidak direkomendasikan.

Beberapa objek wisata geowisata Gunung Gede yang diidamkan adalah pemandian air panas dan air terjun, serta pemandangannya yang masih asri. Misalnya, Suryakencana Square yang luasnya lebih dari 50 hektar. Kemudian pemandangan kawah di puncak pada ketinggian 2.958 mdpl pada jarak 9,7 km dari Cibodas.

  1. Gunung Pangrango

Perlu diketahui bahwa Gunung Pangrango masih dalam satu paket dengan Gunung Gedhe. Anda bahkan bisa menaiki Gunung Pangrango melalui Gunung Gede. mulai gunung.id, Yang membedakan Pangrango dari yang lain adalah memiliki puncak yang lebih tinggi yaitu sekitar 10.000 kaki (3.019 m) di atas permukaan laut.

Puncak Gunung Pangrango disebut Puncak Mandalawangi dan mengapit tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Bahkan, Gunung Pangrango juga merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ceremai.

Lembah Mandalawangi berjarak sekitar 100 meter dari Puncak Pangrango. Tempat ini dikenal sebagai tempat favorit para penggiat Sok Hok Gie ketika masih muda untuk mengarang puisi. Lembah yang memiliki luas sekitar lima hektar ini memiliki banyak bunga indah yang disebut edelweiss.

  1. Gunung Salak

mulai bogorkab.go.id dalam artikel berjudul Pesona Puncak Salak, Gunung ini merupakan salah satu rangkaian gunung yang termasuk dalam wilayah perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Suasana Gunung Salak yang diselimuti awan di kawasan Bogor, Jawa Barat. Tempo/Aditia Noviansyah

Gunung yang memiliki ketinggian 2.211 mdpl ini merupakan gunung api strato terbaik tipe A. Selain itu, gunung ini dikelilingi oleh gumpalan asap, pepohonan kering dan kawah dengan bau belerang yang menyengat. Kawah yang agak besar di gunung ini disebut Kawah Ratu.

Gunung Salak memiliki sejarahnya sendiri. Salah satunya menjadi legenda yang dikaitkan dengan Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja, raja terakhir kerajaan Padjadjaran. Kemudian sampai pada titik jatuhnya pesawat dan daftar panjang pendaki yang hilang. Oleh karena itu kebutuhan untuk memimpin dan pengetahuan ketika mencoba mendaki gunung itu.

  1. Gunung Batu Jonggol

Secara administratif, gunung ini bernama Gunung Sukamakmur, namun orang sering menyebutnya Gunung Batu Jonggol. Situs tersebut tidak berada di kawasan Jonggol melainkan tepat di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

mulai bogorkab.go.id dalam artikel berjudul Gunung Batu Sukamakmur-Bogor, Kegiatan paling populer di wilayah pegunungan ini termasuk panjat tebing dan hiking. Apalagi di ketinggian yang tidak terlalu mencolok, yakni sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

  1. gunung emas

Rekomendasi gunung terakhir adalah Gunung Kencana yang terletak di Desa Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Di halaman disbudpar.bogorkab.go.id, Puncak Gunung Kencana dapat dicapai melalui kawasan wisata Telaga Varna, Cisarua, Kabupaten Bogor. Pengunjung harus menemukan patokan jalan, yaitu Kampung Cikoneng, tepatnya SD Cikoneng, yang berada di pertigaan jalan.

Selain itu, gunung setinggi 1.803 meter ini memiliki jalur pendakian yang cukup ekstrim. Disarankan agar Anda membutuhkan banyak tenaga dan persiapan untuk mendapatkan pemandangan puncak gunung yang indah.

Itulah 5 gunung di kabupaten Bogor yang memiliki panorama indah sekaligus keunikannya masing-masing.

FATHUR RACHMAN
Baca: Perbup Selesai, Dana Satu Miliar Satu Desa Di Kabupaten Bogor Langsung Dicairkan

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan di saluran Pembaruan Tempo.co Telegram. Klik disini untuk bergabung.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button