Dalam rangka memperingati HUT ke-828, Kabupaten Trenggalek menggelar Pesta Kesenian Jaranan 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Dalam rangka memperingati HUT ke-828, Kabupaten Trenggalek menggelar Pesta Kesenian Jaranan 2022

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur kembali menggelar Festival Kesenian Jaranan 2022. Acara rutin tahunan ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka HUT Kabupaten Trenggalek ke-828.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto mengatakan pada tahun 2021 acara tersebut akan digelar secara tertutup atau tanpa penonton akibat pandemi Covid-19.

“Sementara itu, Festival Kesenian Jaranan 2022 digelar secara terbuka untuk dinikmati masyarakat umum,” kata Sunyoto dalam keterangan tertulis yang diterimanya. Kompas.comMinggu (8/7/2022).

Sunyoto menambahkan, penyelenggaraan acara tersebut merupakan upaya untuk mempromosikan dan mengapresiasi para seniman.

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya tarik wisata budaya melalui kesenian Jaranan.

Baca juga: Mobil Avanza Bakar di Parkiran Rumah Trenggalek, Pemilik Hidupkan Mesin

“Melalui acara ini, kami berharap para pelaku seni Jaranan bisa lebih semangat dan meningkatkan kualitas seninya. Festival ini juga diharapkan dapat merevitalisasi perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sebagai informasi: Festival Kesenian Jaranan 2022 akan digelar di Alun-alun Kabupaten Trenggalek mulai Rabu (8/10/2022) hingga Jumat (12/8/2022).

Tari Jaranan yang dilombakan terbagi dalam dua kategori. Kategori pertama adalah Jaranan Turonggo Yakso, tarian khas Trenggalek Jaranan. Kategori kedua adalah jenis tarian lokal Trenggalek Jaranan lainnya, seperti Jaranan Sentherewe dan Jaranan Pegon.

Sunyoto mengatakan ada lima kriteria penilaian tari kompetitif, yaitu koreografi, stabilitas penampilan, dan kreativitas penyajian.

Jumlah peserta yang bisa mengikuti Jaranan Arts Festival 2022 juga terbatas. Karena hanya 30 grup yang bisa ikut. Ketiga puluh kelompok tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu 15 peserta kategori Jaranan Turonggo Yakso dan 15 kelompok tari Jaranan umum.

Baca Juga: Muncul Petisi Dukung Bupati Trenggalek Tolak Tambang Emas, Ini Kata Nur Arifin

“Sejauh ini ada 9 entri untuk kategori Jaranan Turangga Yakso. Sekarang ada 10 entri untuk kategori umum Jaranan,” kata Sunyoto.

Source: kilasdaerah.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button