Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia, Bobobox mengadakan webinar untuk mendukung kemajuan pariwisata Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia, Bobobox mengadakan webinar untuk mendukung kemajuan pariwisata Indonesia

webinar bobobox

Bobox menyelenggarakan webinar bertajuk “Rethinking Tourism: Transitioning into a Greener Tourism” untuk mendukung kemajuan pariwisata Indonesia. (Dok./Bobobox)

Plt (Plt) Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Frans Teguh mengatakan melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pemerintah fokus menggalakkan pariwisata berkelanjutan.

“Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif juga fokus untuk mempromosikan pariwisata yang memperhatikan kondisi sosial ekonomi saat ini dan masa depan serta dampaknya terhadap lingkungan, tetapi pada saat yang sama memenuhi kebutuhan wisatawan, industri dan masyarakat atau apa yang umum disebut pariwisata berkelanjutan. Melalui berbagai program yang disponsori pemerintah serta sinergi dengan berbagai pihak, kami optimis pariwisata berkelanjutan akan terus berkembang di Indonesia,” kata Frans.

Selain itu juga, pendiri dan CEO Wise Steps Consulting, Mochamad Nalendra, juga berbagi pandangannya tentang transisi menuju pariwisata berkelanjutan. Ia mengatakan dengan banyaknya destinasi wisata di Indonesia yang mengandalkan alam, sudah sepantasnya Indonesia beralih ke pariwisata yang lebih berkelanjutan.

“Pariwisata berkelanjutan tidak hanya baik untuk lingkungan, tetapi juga dapat mendukung pertumbuhan masyarakat, UMKM dan kewirausahaan sosial, mengingat 80% pelaku pariwisata global adalah UMKM. Hal ini pada akhirnya akan mengoptimalkan potensi suatu daerah dan berdampak positif bagi perekonomian di daerah tersebut.”Dalam jangka panjang, pariwisata berkelanjutan juga dapat menciptakan peluang pariwisata yang lebih inklusif bagi berbagai pihak,” kata Nalendra.

Source: m.fimela.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button