Penilaian dan Evaluasi Program P2WKSS Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Penilaian dan Evaluasi Program P2WKSS Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat

TatarSukabumi.ID – Tim Review Provinsi Jawa Barat mengunjungi Desa Sukamekar di Kabupaten Sukaraja pada tahun 2022 sebagai lokasi program Pemberdayaan Perempuan Untuk Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Kabupaten Sukabumi.

Tim verifikasi melakukan penilaian dan evaluasi akhir program P2WKSS yang diterima pada Rabu (30/11/2022) oleh Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Sekda Ade Suryaman, sejumlah kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan terkait lainnya).

Iyos Somantri dalam sambutannya kepada tim verifikasi menyatakan bahwa P2WKSS merupakan program yang sangat baik untuk meningkatkan sinergi dan kerjasama seluruh pemangku kepentingan untuk membawa perubahan tatanan sosial.

“Kehadiran program P2WKSS di desa Sukamekar memberikan perbedaan yang sangat signifikan. Semuanya bergotong royong dan bergotong royong untuk kepentingan masyarakat. Ini konsep yang luar biasa dan semua terlibat,” ujar Iyos Somantri, Rabu (11/ 30).

BACA JUGA: Isu Kenaikan Upah Minimum Kabupaten-Sukabumi 2023

Wabup berharap tim verifikasi P2WKSS Jabar terkesan dengan Desa Sukamekar.

Pemberdayaan di bidang bisnis, pendidikan, kesehatan dan pariwisata dilakukan dalam program ini.

“Pemberdayaan ekonomi, kerajinan tanaman hias, kerajinan kayu hingga potensi wisata unggulan. Semua ini berfungsi untuk memberdayakan perempuan dalam keluarga kaya, ”kata Iyos.

Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika Marwan menambahkan sebagai bagian dari program P2WKSS di desa Sukamekar telah dilakukan beberapa kegiatan antara lain pembangunan PJU, rambu-rambu jalan, peningkatan kapasitas pencegahan dan penanggulangan bencana, literasi dan masih banyak lagi. lebih banyak pelatihan.

“Kami juga mengembangkan forum anak daerah, pemeliharaan jalan, antara lain pelatihan minyak kelapa, pemanfaatan bambu, renovasi RTLH, pembuatan taman ramah anak dan penataan wisata Situ Cijeruk,” kata Yani Jatnika Marwan.

Istri orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini mengatakan: Desa Sukamekar memiliki sumber daya manusia dan alam yang luar biasa, selain itu desa ini memiliki potensi pariwisata, peternakan dan pertanian yang cukup baik.

“Program ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui sumber daya alam dan lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera,” jelasnya.

BACA JUGA: Ade Suryaman Minta ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat di Kabupaten Sukabumi

Ketua tim verifikasi P2WKSS Jabar Ari Antari Ratna Dewi mengatakan P2WKSS merupakan program terpadu untuk memberdayakan perempuan dalam pembangunan.

Khususnya dalam mewujudkan dan mengembangkan keluarga yang sehat, sejahtera dan bahagia, sehingga perempuan berperan sebagai subyek dalam pembangunan.

Menurut Ari Antari, ada lima hal yang dilakukan, mulai dari pemberdayaan perempuan dalam berwirausaha, peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan anak, pengurangan kekerasan terhadap perempuan dan anak, pengurangan pekerja anak dan pencegahan perkawinan anak.

Selain itu, menurut Ari, penguatan P2WKSS merupakan inovasi Pemprov Jabar untuk meningkatkan indeks pembangunan dan pemberdayaan gender.

Dalam kesempatan tersebut, ketua tim verifikasi P2WKSS memberikan apresiasi atas program perahu kertas yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

“Mudah-mudahan kegiatan ini tidak berhenti setelah penilaian. Namun bisa berkelanjutan dan infrastrukturnya bisa dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat,” ujar Ari Antari.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button