Daftar Lengkap Destinasi Wisata Jawara API 2022 Paling Aceh - WisataHits
Jawa Timur

Daftar Lengkap Destinasi Wisata Jawara API 2022 Paling Aceh

Banda Aceh, CNN Indonesia

kartu as meraih juara terbanyak di beberapa kategori dalam penyelenggaraan Anugerah Pesona Pariwisata Indonesia (API) Penghargaan 2022. Kok bisa?

Kepastian ‘juara umum’ diraih setelah enam destinasi wisata di Aceh meraih juara 1 di setiap kategori yang dilombakan.

Destinasi Aceh yang meraih juara pertama kategori makanan tradisional Lokan Badaruk oleh Aceh Singkil, kemudian kategori iklan digital Banda Aceh @bandaacehtourism, kategori brand wisata pesona Pantai Timur Aceh oleh Langsa.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Selain itu, kategori souvenir diraih oleh Putri Protection Bulan dari Aceh Tamiang, kemudian dua dari Aceh Selatan yaitu kategori Situs Bersejarah Benteng Trumon dan kategori Destinasi Kreatif Pulau Dua.

Destinasi lain yang menempati posisi ketiga adalah kategori wisata air Diving Gampong Iboih Sabang dan kategori ekowisata Tahura Lae Kombih Subulussalam. Kemudian kategori Bur Telege Highlands di Aceh Tengah menjadi juara kedua dan kategori Hidden Paradise Terujak Fals dari Aceh Timur menjadi juara kedua.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengakui, hasil tersebut tak lepas dari kerja keras dan semangat para peserta yang masuk nominasi.

“Ini berkat kerja keras dan kerja sama semua pihak yang telah menghasilkan Aceh kembali meraih juara umum API Awards untuk tahun kedua berturut-turut sejak tahun 2021,” ujarnya usai menyelesaikan malam puncak API 2022 Award. upacara di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Jumat malam (25/11).

Ia mengatakan, juara umum juga tidak terlepas dari semakin banyaknya warga yang terus mempromosikan destinasi wisata di daerahnya melalui konten media sosial.

Almuniza juga mengingatkan para pemenang untuk tidak berpuas diri dan terus berinovasi dengan mengedepankan prinsip memuliakan tamu dibandingkan wisatawan.

“Peumulia jamee adat geutanyoe” perlu kita refleksikan dalam pengembangan pariwisata, dengan konsep Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas (3A), agar pengelolaan berjalan dengan baik dan destinasi tersebut banyak diminati,” ujar Almuniza.

Sebagai informasi: API merupakan penghargaan pariwisata tahunan yang diberikan oleh pihak non pemerintah, meskipun pesertanya meliputi pejabat pemerintah daerah dan industri pariwisata swasta.

Pengarah terdiri dari Patrice Rio Capella (Penasihat API, yang juga mantan narapidana kasus korupsi kesejahteraan), Muhammad Syafaat (Pendiri API), Hiro Kristianto (Ketua API).

Acara tahun ini telah menominasikan 134 kabupaten/kota dan 34 provinsi. Panitia penyelenggara juga mencatat, acara kali ini mendapatkan 483.548 suara, dengan sekitar 20 persen berasal dari penonton luar negeri.

Adapun 18 kategori yang akan dipertandingkan pada Anugerah Pesona Indonesia 2022 dan pemenangnya antara lain:

Kategori makanan tradisional

1. Lokan Badaruk dari Kabupaten Aceh Singkil

2. Nasi Kapau Kabupaten Agam

3. Gula Puan Kabupaten Ogan Komering Ilir

kategori Sasaran Kreatif

1. Pulau Dua, Kabupaten Aceh Selatan

2. Agrowisata Tanjung Saksi Kabupaten Lahat

Taman Bunga Anugerah Kota Bengkulu ke-3

Kategori promosi pariwisata digital

1. [email protected] Kota Banda Aceh

2. [email protected] Kabupaten Berau

3. Travelbuteng.ID Kabupaten Buton Tengah

kategori merek pariwisata

1. Pesona Pantai Timur Aceh Kota Langsa

2. Jantung Flores, Kabupaten Nagekeo

3. Kota Malang Malang yang indah

Kategori suvenir

1. Putri Tenun Lindung Bulan Kabupaten Aceh Tamiang

2. Parfum Rempah Myristica Botaniga Kabupaten Pakpak

3. Tembikar Kachio Distrik Lima Puluh Kota

Kategori juara favorit baru di halaman selanjutnya…

Situs bersejarah ke destinasi baru

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button