Curug Winong, air terjun tersembunyi di Wonosobo - WisataHits
Jawa Tengah

Curug Winong, air terjun tersembunyi di Wonosobo

Curug Winong merupakan air terjun atau curug tersembunyi di Desa Wisata Winongsari, sebuah tempat wisata alam yang menjanjikan keindahan aliran air yang masih alami.

Kabupaten Wonosobo memiliki cukup banyak tempat wisata yang masih alami dan tersembunyi, Curug Winong misalnya, meski sudah ada sejak lama, namun pengelolaannya masih belum sempurna.

Air Terjun WinongAir Terjun Winong. Peta Google. Sumber: Arya

lihat juga: Gunung Sikunir

Oleh karena itu Curug Winong kurang mendapat perhatian dari wisatawan umum, hanya mereka yang menyukai wisata alam yang menantang saja yang mengunjunginya.

Berikut ulasan Curug Winong Wonosobo sebagai referensi pertama saat memutuskan tempat wisata mana yang akan dikunjungi akhir pekan ini.

Lokasi Curug Winong

Lokasi Air Terjun Winong berada di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Rute menuju Curug Winong jika keluar dari sekitar Alun-alun Wonosobo menuju ke Jl. Merdeka, lalu belok kanan ke Jl. sabuk pendorong. Belok kanan lagi untuk sampai ke Jl. Kyai Muntang dan belok kiri ke Jl. Ajibarang Secang.

Akses jalan menuju Curug Winong semakin kecil, jadi sebaiknya hanya menggunakan sepeda motor. Selain itu, minimnya petunjuk arah mengharuskan Anda untuk selalu bertanya kepada penduduk setempat.

Surga TersembunyiSurga Tersembunyi. Peta Google. Sumber: KK SYIFA

lihat juga: Waduk Wadaslintang

Estimasi waktu tempuh kurang lebih 30 menit, menempuh jarak kurang lebih 16 km. Sebaiknya datang rombongan, agar suasana lebih seru dan menyenangkan.

Jam buka Curug Winong

  • Jam buka Curug Winong setiap hari Senin sampai Minggu
  • Beroperasi mulai pukul 07:00 – 20:00

Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Winong adalah di pagi hari karena akses jalan dan juga kawasan Curug atau air terjun Winong tidak dilengkapi dengan penerangan yang memadai.

Biaya masuk Air Terjun Winong

Tiket masuk Curug Winong sangat murah, Anda hanya perlu membayar Rp. 2.000 per orang saja.

air terus mengalirair terus mengalir. Peta Google. Sumber: Anita Tristi

Lihat juga: Taman Rekreasi Kalianget

Fasilitas Air Terjun Winong

Fasilitas wisata di sekitar Curug atau Air Terjun Winong sangat tidak memadai, hanya ada tempat parkir dasar, paviliun dan warung makan dan minum. Namun, warungnya tidak selalu buka, jadi bawalah makanan atau minuman.

Trekking Curug Winong

Seperti wisata air terjun tersembunyi pada umumnya, Anda harus melakukan perjalanan outdoor terlebih dahulu, atau trekking dengan bahasa kerennya.

Trekking dimulai setelah anda menyimpan kendaraan yang digunakan, akses jalan masih sangat alami, jalan setapak hanya berupa jalan setapak dengan kiri kanan dihiasi tanaman.

Oleh karena itu, waktu terbaik mengunjungi Curug Winong adalah di pagi hari agar matahari setia menerangi perjalanan Anda. Jika melihat air sungai mengalir, berarti perjalanan menuju Curug Winong akan segera berakhir.

Akses langkah-langkah di atasAkses langkah-langkah di atas. Peta Google. Sumber: Hesa ​​​​​​​Abda

baca juga : wisata alam di lubang sewu

Objek wisata Curug Winong

Sulit menggambarkan keindahan air terjun yang tersembunyi, begitu banyak misteri dan keindahan yang saling melengkapi.

Curug Winong memiliki ketinggian sekitar 50 meter atau bahkan mungkin hingga 100 meter mengingat kondisi air terjun yang berundak-undak dengan tebing batu besar yang sangat menakjubkan. Selain itu, aliran airnya sangat deras meski di musim kemarau.

Terdapat jalan akses di sisi kiri air terjun yang akan membawa Anda ke puncak undakan. Bentuknya sangat unik, dengan akar yang menjuntai seperti tirai.

Harus berhati-hati saat melewati jalan akses karena jalur terdiri dari bebatuan yang licin saat basah.

Curug Winong memang sangat menakjubkan, air terjun mengalir dengan teratur melewati bebatuan kemudian mengalir langsung ke sungai yang airnya digunakan secara luas untuk mengairi sawah warga.

dikelilingi oleh alam yang indahdikelilingi oleh alam yang indah. Peta Google. Sumber: Sarah JYP

baca juga: kebun teh tambi

Menyimpulkan

Alam akan selalu indah, apalagi jika kita merawatnya dengan baik. Ketika kita menjaga alam, alam menjaga kita.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button