RI HUT, 5 destinasi ini semuanya akan menjadi tempat pengibaran bendera bawah laut - WisataHits
Jawa Tengah

RI HUT, 5 destinasi ini semuanya akan menjadi tempat pengibaran bendera bawah laut

KOMPAS.com – Perayaan HUT RI ke-77 (HUT RI ke-77) dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satu cara unik merayakan yang tampaknya cukup sering dilakukan di berbagai tempat adalah pengibaran bendera merah putih di bawah air atau di bawah laut.

Ada yang dilakukan di destinasi wisata buatan, ada pula di destinasi wisata alam.

Baca Juga: Apa Tema HUT RI ke-77 dan Maknanya?

Berikut adalah ringkasannya Kompas.com tentang tujuan di mana bendera bawah laut dikibarkan. Beberapa di antaranya hanya akan mengibarkan bendera pada Rabu (17/8/2022), sehingga Anda tetap bisa berpartisipasi.

Target untuk mengibarkan bendera bawah air

1. Umbul Ponggok, Klaten

Destinasi wisata Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah, telah menjadwalkan upacara bendera bawah laut pada Rabu.

Pengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menggunakan jasa warga sekitar yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/08/2016).KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menggunakan jasa warga sekitar yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/08/2016).

Dikutip dari tribun jogjaSeluruh karyawan dan pengunjung wajib menghadiri acara yang akan berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB.

Namun, hanya lima petugas yang turun ke air untuk mengibarkan bendera dan mengumpulkan dokumen.

Baca Juga: Apa Tema HUT RI ke-77 dan Maknanya?

Namun, peserta upacara dapat ikut bersenang-senang dengan mengelilingi spanduk dan mengikuti arahan pemimpin upacara di atas panggung yang disediakan.

2. Gili Labak, Sumenep

Juga di pulau wisata Gili Labak, 20 penyelam dan 14 tim akan mengibarkan bendera merah putih di bawah air pada hari Rabu.

Dikutip dari Panggung Madurakegiatan ini dilakukan oleh Tim DIver Blue Marline Diving Club Surabaya, Jawa Timur bersama Dinas Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Sumenep.

Baca Juga: Aturan Pengibaran Bendera Merah Putih 17 Agustus

Pengibaran bendera di bawah air tidak hanya menumbuhkan rasa cinta tanah air, tetapi juga menumbuhkan rasa bangga terhadap alam laut sehingga masyarakat dapat lebih peduli terhadap terumbu karang.

Selain itu, terumbu karang di Gili Labak termasuk yang terbaik di Jawa Timur.

3. Sea World, Jakarta Utara

Sea World, salah satu tempat wisata di kawasan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, kembali mengibarkan bendera merah putih di bawah air. Juga seperti dikutip Diantarajuga akan membacakan teks proklamasi.

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Akuarium Utama Sea World Ancol, Jakarta, Senin (17/8/2020).  Upacara bendera ini memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Akuarium Utama Sea World Ancol, Jakarta, Senin (17/8/2020). Upacara bendera ini memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75.

Pengibaran bendera akan dilakukan di akuarium utama Sea World dan dilakukan oleh tiga orang penyelam dari dalam Sea World.

Pengibaran bendera merah putih oleh para penyelam berlangsung pada pukul 10.30 WIB. Sementara itu, pada pukul 15.00 WIB, upacara bendera berlangsung.

Baca Juga: Pengibaran Bendera Bawah Laut Digelar di Sea World Ancol

Untuk melihatnya, pengunjung bisa membeli tiket ke Ancol dan Sea World.

4. Pantai Waiterang, Sikka

Maumere Diver Community (MDC) yang sebelumnya menjadi tuan rumah pengibaran bendera merah putih di bawah air, kembali menyelenggarakannya untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77.

Penyelam mengibarkan bendera merah putih di patahan tsunami 1992 di Teluk Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Senin (17/8/2020). KOMUNITAS PENYELAM DOK MAUMRE Penyelam mengibarkan bendera merah putih di patahan tsunami 1992 di Teluk Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Senin (17/8/2020).

Dikutip dari Panggung Florespengibaran bendera di Pantai Wisata Wairterang di Kecamatan Waitete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebanyak 14 penyelam terlibat dalam pengibaran bendera ini. Kelompok ini dibagi menjadi dua, masing-masing mewakili warna merah dan putih.

Baca Juga: 13 Tempat Wisata di Ende NTT Kota Pancasila

Anda akan menyelam hingga kedalaman 22 meter. Namun, bendera bawah laut dikibarkan pada Minggu (14/8/2022).

Pengibaran bendera merah putih di bawah laut dilakukan setiap tahun sebagai komitmen untuk berpartisipasi dalam konservasi dunia bawah laut. Diharapkan semakin banyak orang yang mencintai laut dan lingkungan.

5. Pantai Lolaro, Kabupaten Parigi Moutong

Pantai Lolaro, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah juga menjadi lokasi pengibaran bendera merah putih bawah laut untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77.

Lokasi tepatnya berada di Lolari Beach Resort Tinombo.

Dikutip dari Panggung Palu, upacara yang berlangsung pada Senin (15/8/2022) itu dimulai pukul 10.00 WITA. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong, Aminudin, menjadi inspektur upacara pada kesempatan itu.

Sedangkan pesertanya adalah siswa SD, SMP, dan SMA se-Kecamatan Tinombo.

Baca Juga: 7 Wisata Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Kunjungan 17 Agustus

Sekarang, Jenis perayaan apa yang menurut Anda paling unik dan menarik untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia?

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button