Curug Payung, air terjun tersembunyi dengan pemandangan alam eksotis di Kuningan - WisataHits
wisatahits

Curug Payung, air terjun tersembunyi dengan pemandangan alam eksotis di Kuningan

Curug Payung, air terjun tersembunyi dengan pemandangan alam eksotis di Kuningan
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Gunungmanik, Kec. Ciniru, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Jika kita berbicara tentang wisata air terjun di Indonesia, kita tidak bisa melewatkan Curug Payung di Kuningan. Sebab, wisata alam ini memiliki begitu banyak daya tarik yang bisa memukau sebagian orang. Bahkan, wisata air terjun ini juga bisa dikunjungi secara gratis tanpa membeli tiket masuk.

Meski tempatnya cukup jauh dari wilayah Jakarta, hingga kini banyak warga Jakarta yang memilih menghabiskan liburannya di sini. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat mengunjungi air terjun di kawasan Kuningan menawarkan beberapa pemandangan indah yang cukup eksotis.

Mulai dari tempat wisata, alamat dan rute, aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana hingga fasilitas yang tersedia, itulah beberapa informasi yang perlu diketahui banyak orang. Dengan mengetahui informasi selengkap ini, masyarakat bisa lebih yakin ingin berlibur ke sini atau tidak.

Atraksi yang ditawarkan oleh Curug Payung

Atraksi Payung CurugFoto: Google Maps/Anbu Pratiwi

Wisata Curug umumnya lebih dikenal warga sekitar dibandingkan wisatawan. Namun, hal tersebut tidak membuatnya jarang dikunjungi oleh wisatawan luar kota maupun mancanegara. Sebab, ketika seseorang sudah mengetahui objek wisata alam ini, mereka akan langsung tertarik untuk mengunjunginya, dan objek wisata tersebut adalah:

✦ Eksotisme panorama tersembunyi

Dibandingkan dengan wisata air terjun lainnya di Indonesia, Air Terjun Curug Payung cenderung kurang dikenal. Oleh karena itu, wisata air terjun ini sering disebut sebagai pemandangan alam tersembunyi yang eksotik. Pasalnya, panorama alam di sini sangat indah dan kerap memukau banyak orang.

Panorama alam yang luar biasa di sini semakin menakjubkan, karena dibarengi dengan udara segar dan keindahan pepohonan yang masih terjaga kelestariannya. Kemanapun mata memandang, pemandangan alam yang indah dapat langsung terlihat. Jadi wisata alam ini tidak hanya bisa mengistirahatkan fisik, tapi juga mental dan mental.

✦ Tempat foto yang menarik

Di era teknologi yang semakin canggih seperti saat ini, orang lebih tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang memiliki banyak spot foto yang bagus. Sementara itu, wisata alam di Kabupaten Kuningan telah menyediakan berbagai spot foto yang menarik bagi pengunjung.

Bahkan, pengunjung air terjun ini tidak hanya bisa berfoto dengan latar alam saja, tetapi juga beberapa latar indah lainnya di sini. Nantinya, foto yang diambil di tempat wisata alam tersebut dapat diunggah ke media sosial dan membuat followers bertanya-tanya di mana tempat wisata alam tersebut.

✦ Kejernihan air yang luar biasa

Sama seperti wisata air terjun lainnya di Indonesia, air yang mengalir di Curug Payung selalu sangat jernih. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa alam di sekitar air terjun ini masih terjaga dengan baik dan terhindar dari segala macam pencemaran. Maka dari itu tidak mengherankan jika airnya masih sangat jernih.

Kejernihan air di sana juga memungkinkan pengunjung dengan mudah melihat dasar kolam. Saat dasar kolam sudah terlihat jelas seperti ini, para orang tua tidak perlu khawatir saat anaknya bermain di kolam. Karena terkadang ada orang tua yang khawatir anaknya tertimpa batu saat bermain di sini.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Curug PayungFoto: Google Maps/Amronrod

Tidak hanya daya tarik yang harus diketahui wisatawan sebelum mengunjungi air terjun cantik ini, namun alamat dan jalur menuju lokasinya juga harus diketahui dengan jelas. Curug Payung terletak di Gunung Manik, Ciniru, Kab. Kuningan, Jawa Barat dan memiliki akses jalan yang cukup mudah untuk dilalui.

Biasanya orang lebih suka berkunjung ke sini dengan sepeda motor, karena akses jalan lebih menguntungkan. Jarak dari wisata air terjun ini ke kota Kuningan adalah 24 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Nantinya, perjalanan bisa dimulai dari kawasan perkotaan Kuningan hingga ke Gunung Manik.

Sesampainya di Gunung Manik, wisatawan masih harus menuju air terjun yang memakan waktu sekitar 35 menit. Meski akses jalan atau jalur pendakian di sini cenderung sulit bagi sebagian orang, namun bagi orang yang memiliki jiwa petualang yang cukup tinggi pasti akan mudah.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru Air Terjun PayungFoto: Facebook/Ray Journey

Semakin banyak kegiatan yang dapat dilakukan di suatu tempat wisata tertentu, maka akan semakin menarik perhatian pengunjung. Oleh karena itu, tidak heran jika Curug Payung selalu ramai pengunjung, baik saat liburan maupun di hari kerja. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini:

1. Bersantai sambil menikmati keindahan alam

Curug Payung sering dianggap sebagai tempat terbaik untuk menenangkan pikiran, karena di sini orang bisa melihat sendiri keindahan alam yang masih alami dan mendengar kicauan burung yang merdu. Tak perlu melakukan aktivitas berat di sini, wisatawan bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam yang mengelilinginya.

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman, karena di beberapa sisi tempat ini telah disediakan kursi yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai. Kursi ini juga bisa digunakan oleh orang tua yang sedang menunggu anaknya bermain. Jadi mereka tidak akan lelah saat menunggu.

2. Bermain air di Air Terjun Payung

Aktivitas yang paling sering dilakukan masyarakat saat mengunjungi wisata air terjun adalah bermain air. Pasalnya, kejernihan air di sini tidak bisa ditemukan di tempat lain. Oleh karena itu, mereka menggunakan kesempatan ini untuk bermain air atau bahkan mandi santai.

Sambil berenang di wisata air terjun ini, orang bisa merasakan sendiri betapa sejuknya air di sini. Meski begitu, air di kolam air terjun ini tidak terlalu dingin sehingga membuat orang menggigil. Oleh karena itu, pengunjung tempat ini pasti akan muncrat setiap kali berkunjung.

3. Wisata kuliner

Setelah lelah bermain air dan berenang di kolam air terjun ini, wisatawan bisa melepas penat tersebut dengan berwisata kuliner yang nikmat. Pasalnya, di sini banyak warung makan yang menawarkan menu-menu lezat dan khas daerah Kuningan.

Tak perlu khawatir soal harga makanan dan minuman di sini, karena semua menu harganya masih relatif terjangkau. Pilih salah satu warung makan yang paling sesuai dengan selera Anda dan hilangkan penat dengan mencicipi semua menu yang ada di tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Memasang Air Terjun PayungFoto: Google Maps/Kuningan Travel

Fasilitas juga menjadi salah satu aspek yang paling penting untuk diperhatikan saat mengunjungi tempat liburan tertentu. Dalam hal ini, Curug Payung telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum yang dapat membuat pengunjung semakin nyaman. Berikut adalah daftar fasilitas yang tersedia di sana:

  • Kamar mandi
  • ruang sholat
  • Warung makanan dan minuman
  • Area parkir
  • Tempat untuk beristirahat

Curug Payung bisa dijadikan tujuan wisata terbaik karena banyak sekali objek wisata yang menakjubkan. Beragam atraksi yang ada di wisata air terjun ini tidak dapat ditemukan di wisata alam lainnya. Jadi segera rencanakan liburan anda berikutnya untuk berkunjung ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button