Curug Mujan di desa Bulaksari bisa menjadi destinasi wisata alam yang potensial di Cilacap - WisataHits
Jawa Tengah

Curug Mujan di desa Bulaksari bisa menjadi destinasi wisata alam yang potensial di Cilacap

Curug Mujan di desa Bulaksari bisa menjadi destinasi wisata alam yang potensial di Cilacap

Pengembangan obyek wisata yang berwawasan ke depan juga memerlukan pendataan fasilitas akomodasi seperti makanan dan minuman, transportasi dan biro perjalanan.

Rabu, 2 November 2022 | 23:55 WIB – Keragaman
Pengarang : Wisanggeni . Penerbit: Wis

KUASAKTACOM, Cilacap– Curug Mujan yang terletak di Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari ini bisa menjadi destinasi wisata alam yang potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Keindahan air terjun di Dusun Sidasari akan dioptimalkan untuk menjadi objek wisata landmark. Hal tersebut diumumkan pada Rabu (11/2/2022) oleh Kasubdit Pengembangan Usaha Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap Ida Farida.

BERITA TERKAIT:
Pemkab Cilacap melanjutkan kampanye girang
Curug Mujan di desa Bulaksari bisa menjadi destinasi wisata alam yang potensial di Cilacap
Bupati Cilacap menyerahkan penghargaan Nelayan Teraktif pada Acara Puncak Gernas BCL 2022
Korban Tenggelam Tak Ditemukan di Kali Cilacap Serayu, Tim SAR Hentikan Operasi Pencarian
Banjir di Cilacap, BPBD Jawa Tengah fokus evakuasi kelompok usia rentan

“Fokus di Bulaksari, pemetaan potensi wisata yang pertama adalah pendataan tempat wisata, pendataan fasilitas penunjang kelancaran pariwisata seperti jalan, terminal, dermaga, listrik dan internet,” kata Ida.

Hal tersebut disampaikan Ida dalam sosialisasi pengembangan pariwisata yang menjadi salah satu kegiatan non fisik TMMD Reguler ke-115 di Desa Bulaksari.

Selain fasilitas yang ada, pengembangan pariwisata yang berwawasan ke depan juga membutuhkan pendataan fasilitas akomodasi seperti makanan dan minuman, transportasi dan biro perjalanan, menurut Ida. Ini termasuk pengumpulan data melalui layanan tambahan seperti pemandu wisata, penukaran uang dan layanan lainnya.

Dalam rangka mempromosikan kearifan lokal khususnya yang memiliki potensi sebagai daya tarik wisata, Ida mengatakan potensi wisata di Desa Bulaksari perlu dipetakan. Saat ini belum ada penjelasan dari pihak desa, namun pihaknya akan memberikan bantuan.

Untuk menjadi pionir pariwisata, suatu destinasi harus memiliki daya tarik yang memiliki keunikan, keindahan dan nilai berupa keanekaragaman alam, budaya atau buatan manusia. “Saat ini tren pariwisatanya ke desa-desa. Kalau mau menarik wisatawan harus mempersiapkan segalanya, baik tempat maupun sarana dan prasarananya,” sambungnya.

Selain memberikan penyuluhan kepada Pokdarwis Desa Bulaksari, tim AMN dan Disporapar didampingi Kepala Desa beserta jajarannya meninjau langsung potensi alam yang ada di Grumbul Penanggungan Dusun Sidasari Desa Bulaksari yaitu Curug Mujan yang rencananya akan dijadikan tempat wisata di Desa Bulaksari (dn/com

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button