Curug Ciputri, air terjun yang indah di kaki Gunung Salak, Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Ciputri, air terjun yang indah di kaki Gunung Salak, Bogor

Curug Ciputri merupakan salah satu tempat wisata alam yang populer di Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Terletak di kaki Gunung Salak, air terjun ini menawarkan panorama alam yang mempesona di tengah hutan yang megah.

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Curug Ciputri merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Bogor. Hampir setiap musim perayaan datang, air terjun yang terkenal di Jawa Barat ini akan ramai dikunjungi pengunjung. Dan sebagian besar pengunjungnya adalah warga sekitar kawasan air terjun.

Ciputri memiliki keindahan yang alami namun sangat alami. Pemandangan seperti ini tentunya akan sangat sulit di perkotaan, terutama di Bogor sendiri. Jadi, bagi Anda yang penat, bosan atau bahkan bosan dengan kondisi perkotaan, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi wisata ini, untuk menyegarkan kembali pikiran Anda.

Berkunjung ke Curug Ciputri akan membuat pengunjung bernostalgia tentang kehidupan masyarakat pedesaan. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Tak hanya itu, pengelola air terjun juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung.

Tempat Wisata Curug Ciputri

Air Terjun CiputriKredit gambar: Google Maps Euis Cahya

1. Legenda penamaan air terjun Ciputri

Nama Ciputri bukanlah nama sembarangan yang menjadi nama sirkuit air ini. Ada legenda di balik nama itu. Ada cerita rakyat masyarakat di sekitar air terjun yang menceritakan bahwa air terjun ini merupakan tempat mandi para bidadari yang turun dari surga.

Di musim hujan, dan mulai gerimis atau mulai hujan, tetapi matahari masih bersinar, fenomena pelangi alami akan tercipta. Orang-orang sekitar percaya bahwa ketika pelangi terlihat, itu berarti para dewi langit turun ke bumi untuk mandi di Ciputri.

Legenda air terjun ini sangat menarik pengunjung yang penasaran. Tak heran ketika liburan tiba, destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

2. Pesona keindahan alam yang luar biasa

Curug Ciputri memiliki pemandangan yang bagus. Dipadukan dengan hijaunya pepohonan yang rindang dan derasnya aliran air terjun, menciptakan rasa nyaman yang sulit untuk digambarkan. Untuk menikmati sejuknya air terjun, pengunjung diperbolehkan untuk berenang atau sekedar mencelupkan kaki di sekitar area air terjun ini.

Sesaat sebelum memasuki kawasan wisata air terjun, Anda akan merasakan betapa eksotisnya air terjun ini. Pengunjung akan disambut dengan banyaknya satwa liar di sekitar kawasan hutan Ciputri. Mulai dari burung beraneka warna, landak, hingga sekumpulan monyet yang bergelantungan di pohon tinggi.

Dengan begini perjalanan menuju air terjun tidak akan membosankan. Selain itu, pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar perjalanan menuju air terjun akan membuat sejuk, sehingga selama perjalanan pengunjung akan nyaman, tenang dan santai. Diharapkan pengunjung akan merasa lebih nyaman saat berkunjung ke Ciputri.

Selain itu, di pinggir jalan Ciputri, pohon pinus dan bambu tumbuh tinggi di sepanjang jalan. Ini adalah daya tarik utama yang menarik banyak pengunjung yang mengunjungi sirkuit air ini. Anda juga bisa menjadikan pinus dan bambu sebagai spot foto yang menarik.

3. Minum air dingin dan segar

Wisata air Curug Ciputri disebut-sebut sebagai surga air terjun di Kabupaten Bogor. Airnya yang jernih dan sejuk membuat pengunjung berlomba-lomba untuk liburan berenang. Sudah menjadi hal wajib yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di sana.

Kesejukan air di perairan Ciputri sudah dikenal oleh para pengunjung setia air terjun ikonik di Bogor ini. Selain berenang, Anda juga bisa menikmati arung jeram yang biasanya disediakan khusus untuk wisata air terjun umum. Biasanya biaya yang dikenakan tidak terlalu mahal dan bisa dikatakan cukup terjangkau.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Curug Ciputri

Alamat Curug Ciputri AlamatKredit Gambar: Facebook Ondi Doan

Titik lokasi Curug Ciputri yang sebenarnya berada di kaki Gunung Salak, tepatnya di Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya, dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Bogor. Letaknya jauh dari kota dan di pedesaan. Itulah mengapa air terjun ini terlihat begitu indah dan alami, seolah-olah belum pernah terjamah oleh tangan manusia.

Untuk menuju air terjun ini, Anda pasti akan menemukan lokasinya dengan sangat cepat. Memang, warga sudah memasang beberapa rambu lalu lintas di sepanjang jalan tersebut. Anda memiliki pilihan antara beberapa titik awal. Atau bagi Anda yang ingin lebih hemat, gunakan bantuan aplikasi Google Maps.

Rute umum yang biasanya selalu ditempuh pengunjung dimulai dari kawasan Jalan Raya Bogor. Dari jalan ini Anda akan diarahkan menuju arah Dramaga dengan berbelok ke kanan. Nanti setelah belok kanan, kamu akan menemukan pertigaan. Dari pertigaan ini, Anda bisa belok kiri untuk sampai ke Tenjolaya.

Sesampainya di kecamatan Tenjolaya, sedikit lagi Anda akan sampai di lokasi air terjun yang diinginkan. Anda tetap lurus sampai menemukan pertigaan kedua, setelah pertigaan pertama, yaitu pertigaan yang mengarah ke distrik Tenjolaya. Di pertigaan kedua, Anda bisa langsung belok kiri hingga menemukan loket tiket masuk Ciputri.

Seperti lokasi wisata pada umumnya, untuk bisa masuk menikmati keindahan air terjun, pengunjung harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk ke lokasi air terjun ini hanya Rp 15.000 saja. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan yang Anda bawa.

Untuk biaya parkir kendaraan sesuai dengan kendaraan yang digunakan. Sedangkan bagi yang ingin menikmati fasilitas camping di sini dikenakan biaya Rp 25.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Ciputri

Aktivitas di Air Terjun CiputriKredit gambar: Twitter Jose Sanchez

1. Berkemah Menikmati Pesona Curug

Bagi yang menyukai aktivitas alam, mencoba camping di sekitar air terjun bisa menjadi pilihan yang menarik. Nah, disini juga disediakan fasilitas untuk kegiatan tersebut. Anda tidak perlu repot membawa perlengkapan tenting dan sejenisnya karena sudah ada disana. Yang perlu Anda siapkan adalah jaket hangat karena kondisi udara di sini cukup dingin.

Bumi Perkemahan atau Camping Area merupakan salah satu fasilitas yang sengaja disediakan oleh pengelola air terjun untuk para pengunjung. Kawasan ini berjarak kurang lebih 2 km dari area parkir kendaraan.

Kegiatan camping ini tentunya akan sangat seru jika dilakukan bersama keluarga atau saat liburan sekolah. Tidak jarang bumi perkemahan umumnya digunakan sebagai tempat berkumpulnya keluarga. Mengingat tempatnya yang sejuk dan nyaman, Anda pasti akan merasa seperti berada di acara outdoor yang sesungguhnya.

2. Bermain di kolam air terjun

Rasanya ada yang kurang jika berkunjung ke air terjun namun tidak merasakan segarnya air terjun. Apalagi air dari air terjun ini sangat jernih dan segar, siapapun yang datang pasti akan merindukan waktu bermain air disini.

Air Terjun Curug Ciputri terkenal memiliki air yang jernih dan sangat sejuk. Diperkirakan air terjun Ciputri memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Aliran air terjun membentuk kolam alami di bawah air terjun yang dapat digunakan pengunjung untuk bermain air dan berenang. Pengelola juga menyediakan pelampung yang bisa disewa.

Untuk bisa menikmati dinginnya air terjun, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di lokasi air terjun. Jaraknya sekitar 1 kilometer dari pintu masuk dengan kondisi jalan yang terjal dan menanjak. Disarankan bagi pengunjung yang ingin mengunjungi air terjun dalam kondisi fisik yang baik dan kesehatan yang prima.

3. Bermain di rumah pohon

Aktivitas Lain Air Terjun CiputriKredit gambar: Google Maps Senki Ars

Untuk bisa menikmati pemandangan alam yang indah dari atas, pengunjung bisa memanfaatkan rumah pohon di sekitar tempat wisata. Tempat ini juga bisa dijadikan tempat untuk berfoto selfie bersama teman atau kerabat.

Pemandangan hutan pinus di sekitarnya akan sangat indah dari rumah pohon ini. Jika waktunya tepat, Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang hutan pinus yang diselimuti kabut.

4. Nikmati pemandangan pohon pinus

Deretan pohon pinus yang sengaja ditanam di kawasan sekitar Curug Ciputri tetap menjadi ciri khas air terjun ini yang sayang untuk dilewatkan. Penataan pepohonan yang rapi dan terstruktur membuat pohon pinus di sini begitu diminati banyak wisatawan. Tidak lengkap rasanya jika pergi ke pinus Ciputri, tanpa berfoto.

Anda juga bisa menikmati kesejukan dan keteduhan pohon pinus yang sengaja ditanam. Anda hanya bisa berjalan melewati hutan pinus. Jangan lupa juga untuk mencari spot foto terbaik di hutan pinus. Inilah sebabnya mengapa banyak wisatawan paling menyukai pohon jati.

Fasilitas yang tersedia di Curug Ciputri Bogor

Fasilitas Air Terjun CiputriKredit gambar: Google Maps Yanuar Arifin

Fasilitas yang disediakan pengelola Curug Ciputri cukup memadai. Lokasinya yang berada di Bogor memudahkan untuk menentukan akses ke warung atau lainnya. Tempat buang air besar di masjid juga disediakan bagi pengunjung yang ingin memanfaatkan fasilitas tersebut.

Jika pengunjung lapar atau haus, kawasan sekitar Ciputri juga menawarkan plaza dengan berbagai menu menarik. Fasilitas telah disediakan khusus untuk pengunjung yang ingin mengunjungi wisata air Bogor ini. Biaya yang dikenakan juga cukup terjangkau.

Beberapa informasi di atas bisa Anda jadikan referensi sebelum memutuskan Curug Ciputri sebagai destinasi liburan Anda bersama keluarga. Ingatlah untuk selalu membawa alat dan obat-obatan untuk menjaga keselamatan dan keamanan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button