Coban Rondo Malang, kunjungi air terjun eksotis yang penuh misteri - WisataHits
wisatahits

Coban Rondo Malang, kunjungi air terjun eksotis yang penuh misteri

Harga tiket: Rp35.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kota Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Nama air terjun Coban Rondo mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Tempat wisata alam yang terletak di Batu, Malang ini memiliki pesona yang sayang untuk dilewatkan. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke tempat ini untuk menyaksikan langsung megahnya air terjun alam pegunungan.

Coban Rondo sendiri merupakan nama yang diambil dari bahasa Jawa. Jika diartikan, Coban berarti air terjun, sedangkan Rondo berarti janda. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa objek wisata ini adalah air terjun janda. Pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan karena ada cerita legendaris di balik wisata indah ini.

Di balik keindahan lokasi wisata, terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung untuk berlatih menikmati pemandangan dan menghabiskan waktu. Apalagi ketersediaan fasilitas yang memadai menjadi daya tarik bagi pengunjung domestik maupun mancanegara.

Daya tarik yang dimiliki Coban Rondo

Atraksi Coban RondoKredit gambar: Google Maps Karin Edogawa

1. Suasana yang indah

Berada di daerah pegunungan memberikan suasana yang menyenangkan di tempat wisata ini. Udara segar akan menyapa pengunjung saat memasuki kawasan wisata air terjun. Seperti diketahui, Malang adalah kota yang cukup dingin dan akan berlipat ganda jika Anda mengunjungi tempat wisata ini sendirian.

Meski begitu, pengunjung tidak perlu khawatir karena suasana di tempat ini tidak sedingin yang dibayangkan, malah dingin. Pohon pinus dan air terjun dapat menyebabkan angin sepoi-sepoi yang menang. Saat musim perayaan tiba, objek wisata ini jauh lebih ramai dan bahkan arus pengunjung bisa berlipat ganda.

2. Lanskap Hijau

Daya tarik selanjutnya adalah pemandangan hijau di sekitar kawasan wisata. Coban Rondo terletak di daerah pegunungan alami, sehingga kawasan wisata ini benar-benar hijau dan tidak banyak berubah. Berwisata ke tempat yang indah ini akan membawa pengunjung kembali ke alam yang sebenarnya.

Pemandangan hijau juga terlihat dari taman-taman di sekitar air terjun yang akan memanjakan pengunjung saat berkunjung. Ruang hijau ini merupakan tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

3. Air terjun tinggi dengan debit kuat

Pesona lain dari air terjun yang terletak di Batu ini adalah ketinggian dan debit airnya yang cukup deras. Ketinggian air terjun mencapai 84 meter atau sekitar 1.135 meter di atas permukaan laut dan debit airnya sekitar 90-150 liter per detik. Dengan ukuran yang begitu tinggi, tak heran jika aliran airnya deras bahkan mampu membasahi pengunjung beberapa meter dari lokasi air terjun.

Selain itu, airnya yang jernih menjadi ciri khas wisata alam ini. Air bersih dan jernih khas pegunungan ini akan memukau pengunjung. Tempat wisata yang dibuka pada tahun 80-an ini memiliki mata air di sisi lereng Gunung Kawi yang bernama Mata Air Cemoro Mudo.

4. Atraksi yang kaya akan sejarah

Hal yang Dapat Dilakukan di Coban RondoKredit Gambar: Google Maps Dew of the Soul

Menurut sejarah masyarakat sebelumnya, kawasan Coban Rondo berawal dari sepasang suami istri yang baru menikah yaitu Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Pasangan ini konon tinggal di lereng Gunung Kawi tempat Dewi Anjarwati berasal. Setelah beberapa hari menikah, keduanya memutuskan untuk pergi ke Gunung Arjuno, kampung halaman Raden Baron Kusuma.

Sedangkan menurut adat sebelumnya, pengantin baru yang belum menikah tepat 36 hari tidak boleh keluar rumah atau bepergian jauh. Namun, pasangan itu melanggar aturan sehingga dalam perjalanan mereka bertemu Joko Lelono yang terpikat oleh kecantikan Dewi Anjarwati.

Kemudian Raden Baron Kusuma memerintahkan pasukannya untuk melindungi dan membawa istrinya ke tempat yang aman di belakang air terjun. Setelah itu, Joko Lelono dan Raden Baron Kusuma memperebutkan Dewi Anjarwati. Namun, pertarungan naas antara keduanya gagal membuahkan hasil karena mereka semua mati dan Dewi Anjarwati masih menunggu di balik air terjun.

5. Memiliki Koleksi Hewan yang Beragam

Kawasan wisata alam ini juga memiliki beragam koleksi satwa yang dilindungi untuk memanjakan pengunjung. Ada berbagai jenis hewan yang hidup bebas di alam dan pengunjung bisa menyaksikannya secara langsung.

Coban Rondo Alamat Alamat, lokasi rute dan harga tiket masuk

Alamat Coban RondoKredit gambar: Google Maps Jack Willyanto

Lokasi wisata Coban Rondo tidak jauh dari pusat kota Batu. Meski sudah banyak yang tahu berada di Malang, nyatanya terletak di seberang kabupaten kota yaitu di Batu tepatnya di Pujon, Jalan Coban Rondo Krajan, Pandansari.

Rute menuju tempat wisata juga sangat mudah karena jalannya mulus dan ada banyak rambu di sepanjang jalan. Rute yang bisa ditempuh melewati Malang menuju Pujon melalui jalan arteri Malang-Batu, Jawa Timur. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan patung sapi yang menjadi pintu gerbang kawasan wisata. Ikuti petunjuk rambu tersebut sampai Anda tiba di daerah perbukitan dan di pintu masuk wisata.

Jalan menuju tempat wisata ini berkelok-kelok, sehingga pengunjung yang membawa kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat harus waspada. Pada akhir pekan dan musim liburan panjang, perjalanan menuju bebatuan dan air terjun bisa lebih ramai dan menyebabkan kemacetan lalu lintas yang berkelok-kelok.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam air terjun ini harus membayar tiket masuk terlebih dahulu, yaitu sekitar Rp 35.000 untuk pengunjung domestik dan Rp 45.000 untuk pengunjung asing.

Harga tersebut sudah termasuk beberapa fasilitas dan taman bermain yang bisa digunakan pengunjung. Sedangkan pada jam buka, wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Coban Rondo

Aktivitas Seru Coban RondoKredit gambar: Google Maps Iwan Sugiarto

1. Nikmati lingkungan

Aktivitas yang wajib dilakukan saat mengunjungi objek wisata Coban Rondo adalah menikmati segar dan hijaunya pemandangan alam yang mengelilinginya. Panorama air terjun yang menjulang tinggi, suara gemericik air dari pohon pinus menjadi suasana yang pas untuk menenangkan pikiran.

Pengunjung disarankan untuk tidak bermain air di bawah air terjun karena tumpahannya sangat deras dan berbahaya. Namun, tak perlu sedih karena Anda tetap bisa bermain air sungai di bawahnya dengan aliran yang cukup tenang.

2. Berburu Foto

Ketika datang ke tempat wisata, tempat wisata yang indah seperti air terjun ini. Panorama alam yang masih terjaga membuat tempat ini tidak pernah luput dari perhatian pengunjung. Mulai dari air terjun, aliran sungai menuju pemandangan hijau di sekitar tempat wisata. Anda bisa menjadikan spot tersebut sebagai spot atau foto background dan mengunggahnya ke media sosial.

3. Perkemahan

Di kawasan wisata air terjun Coban Rondo tersedia bumi perkemahan untuk memanjakan pengunjung yang ingin berkemah. Area camping juga sangat bagus dengan kebersihan yang terpuji. Ada beberapa jenis kawasan yang bisa dipilih pengunjung, mulai dari jenis Damar, Cemara, Karpa, Rasamala dan Mangir.

4. Mendaki

Aktivitas lain yang dapat dilakukan pengunjung ketika datang ke wisata air terjun adalah hiking di jalur yang telah disediakan oleh pengelola. Jalur pendakian di tempat ini sangat aman bagi pengunjung untuk berjalan kaki dengan nyaman. Bagi Anda yang tertarik dengan kegiatan ini, Anda perlu mempersiapkan stamina agar tidak cepat lelah.

5. Bersepeda

Bagi pengunjung yang ingin berkeliling kawasan air terjun namun malas berjalan, bisa menyewa sepeda. Anda bisa bersepeda mengitari jalan utama menuju kawasan air terjun ditemani suasana sejuk yang menyenangkan.

6. Berkuda

Selain bersepeda, pengunjung juga bisa menunggang kuda di semua jalur yang ada di kawasan wisata. Bagi pengunjung yang tidak bisa menunggang kuda, tidak perlu khawatir karena akan didampingi oleh pemandu. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan udara segar dan suasana baru.

7. Naik kereta kelinci

Aktivitas Seru di Coban RondoKredit gambar: Google Maps Dimas Saputro

Seperti halnya bersepeda dan menunggang kuda, pengunjung juga dapat melakukan perjalanan dengan kereta kuda. Kendaraan yang disediakan untuk para pengunjung ini dapat ditumpangi oleh banyak orang sehingga Anda dapat berkendara bersama keluarga atau orang-orang terkasih.

8. Paintball

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di Coban Rondo adalah mencoba Paintball. Menariknya, paintball di lokasi ini ditawarkan dengan pemandangan yang memukau. Wahana ini bisa dinikmati oleh 6 orang sekaligus dengan tarif sekitar Rp 450.000.

9. Hit Menyenangkan

Trik selanjutnya yang bisa dinikmati adalah Fun Tubing. Wahana ini menjadi favorit pengunjung karena bisa merasakan keliling sungai ditemani panorama hutan pinus di sekitarnya. Pengunjung yang tertarik untuk mencobanya cukup membayar Rp 35.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk perlengkapan seperti pelampung dan ban untuk bergerak.

10. Berkeliling labirin

Salah satu tempat paling simbolik dari tempat ini adalah keberadaan labirin. Tempat ini memiliki banyak penggemar karena pengunjung dapat bersembunyi dan bersaing untuk menemukan jalan keluar dari labirin. Selain mencari jalan keluar, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang dinding labirin yang ditumbuhi pepohonan dan tanaman hijau.

11. Bergabunglah dengan program Tree Walk

Kegiatan lain yang wajib dilakukan di kawasan Coban Rondo adalah mengikuti program treetop walk. Dengan mengikuti program ini, pengunjung dapat melihat koleksi satwa yang dilindungi mulai dari rusa, monyet abu-abu, lutung dan berbagai burung yang hidup di habitat aslinya.

Selain melihat langsung satwa, pengunjung juga bisa menikmati wisata edukasi dengan mengunjungi kebun buah dan bunga. Di taman bunga, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai bentuk dan warna tanaman hias. Selama ini, di kebun, Anda bisa memetik langsung dan belajar tentang pembuatan pupuk organik.

Fasilitas wisata yang tersedia di Coban Rondo Malang

Perlengkapan Coban Rondo MalangKredit Gambar: Google Maps Air Terjun Coban Rondo Pujon

Wisata Coban Rondo dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang aktivitas setiap pengunjungnya. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan masalah parkir dan toilet karena tempat-tempat ini telah ditata dalam kondisi sangat baik. Sedangkan pengunjung yang tidak membawa bekal bisa membeli dan mencoba berbagai masakan di warung-warung yang ada di kawasan wisata.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana dengan jaminan keamanan yang telah disediakan. Jika kurang puas, pengunjung bisa menginap di dekat lokasi wisata atau berkemah di bumi perkemahan karena letaknya juga tidak jauh dari air terjun.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata coban rondo di malang jawa timur. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada musim kemarau karena jalannya tidak berbahaya dan Anda tidak perlu khawatir akan hujan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button