Civil Protection, Sandiaga Perkuat SDM Desa Wisata - WisataHits
Yogyakarta

Civil Protection, Sandiaga Perkuat SDM Desa Wisata

Civil Protection, Sandiaga Perkuat SDM Desa Wisata

Jakarta: Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berupaya memitigasi dampak bencana di desa wisata dengan memperkuat sumber daya manusia (SDM). Staf diperkuat melalui program dengan Universitas Indonesia (UI). Dana yang sesuai Kedaireka.

“Kita tentu perlu bekerja sama dengan UI yang memiliki banyak mahasiswa dan peneliti terbaik dalam persiapan ini untuk meningkatkan ketahanan destinasi wisata di Indonesia,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Minggu, 15 Januari 2023.

fokus pelatihan Kebersihan, Kesehatan, Keamanandan ketahanan lingkungan (CHSE). Sandiaga mencontohkan Desa Wisata Situs Gunung Padang yang mendapatkan pelatihan CHSE dan kesiapsiagaan bencana.

Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

Menurut Sandiaga, pelatihan tersebut efektif dalam mempersiapkan warga desa wisata. Dengan begitu, sumber daya manusia di desa wisata bisa meminimalisir kerusakan.

“Saya mendapat pesan dari kepala desa bahwa hanya ada kerusakan kecil pada pintu gerbang wisata dan tidak ada korban luka. dia berkata.

Kegiatan verifikasi lapangan pelatihan CHSE dan kegiatan pengendalian bencana telah dilakukan di delapan provinsi. Rincian daerahnya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Barat.

Menurut Sandiaga, kesiapan harus ditingkatkan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak. Termasuk perguruan tinggi dengan banyak akademisi dan peneliti.

“Tahun 2022, pariwisata pulih karena Indonesia mengelola pandemi relatif lebih baik dari negara lain dan lebih terkendali, sehingga sektor pariwisata yang dilanda krisis dan bencana dapat pulih dengan luar biasa karena kita bekerja sama,” kata Sandiaga.

(ADN)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button