City Walk Kota Tegal dialihfungsikan menjadi pusat wisata umum - WisataHits
Jawa Tengah

City Walk Kota Tegal dialihfungsikan menjadi pusat wisata umum

Semarang (ANTARA) – Pemerintah Kota Tegal (Pemkot) menggandeng pemangku kepentingan, baik otoritas vertikal maupun perbankan, mentransformasi City Walk Tegal di Jalan Ahmad Yani menjadi pusat pariwisata publik untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Tempat Wisata Layanan Umum ini dibuka langsung oleh Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono di City Walk, Kota Tegal, Jalan Ahmad Yani pada Selasa (10/4/2022).

“Alhamdulillah hari ini kita bisa menyelenggarakan wisata pengabdian masyarakat, kali ini diikuti oleh total 39 instansi, mulai dari perbankan, BUMN hingga instansi Pemkot Tegal,” ujar Wali Kota Tegal.

Salah satu tujuan dari Wisata Pelayanan Publik adalah untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat dan mempermudah masyarakat dalam menerima pelayanan dari instansi publik. Di sepanjang City Walk terdapat 39 unit mobil dinas dari berbagai layanan di Kota Tegal.

Di hari lain, ketika Anda harus datang ke dua kantor yang berbeda saat ingin membayar pajak jalan dan mengurus tiket keluarga, Anda hanya perlu datang ke Jalan Ahmad Yani pada Tur Layanan Umum ini, karena sudah ada stand dari Samsat dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal, siap melayani warga Kota Tegal.

Baca juga: Forkopimda, Tegal, Ziarah Nasional di TMP Purakusuma Negara

Dedy membandingkan Wisata Layanan Umum di City Walk Kota Tegal dengan supermarket layanan publik. Ia mencontohkan pengelolaan pembayaran informasi PDAM, pemasangan internet di Telekom, termasuk jika ingin mencari informasi penerbitan paspor atau informasi keimigrasian, ada pihak keimigrasian yang siap melayani.

Dalam kesempatan tersebut, Dedy Yon memberikan penghargaan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan pariwisata pelayanan publik.

Kegiatan ini merupakan inovasi yang sangat baik untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saya berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap tahun dan lebih banyak pihak yang dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini di tahun-tahun mendatang,” kata Wali Kota Tegal.

Baca Juga: Angkat Kelas PKL, Pemkot Tegal Hadirkan Artis Ibukota

Sartono Eko Saputro, Kepala Bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal, mengatakan dalam kesempatan tersebut dari 39 instansi yang mengikuti Tur Pelayanan Publik, 113 merupakan pelayanan publik;

Sedangkan jam operasional wisata layanan masyarakat dilakukan pada hari kerja, Senin-Jumat mulai pukul 12.00 – 16.00 WIB.

Saat ini ada 39 institusi yang berpartisipasi, yaitu:
1. Polres Kota Tegal; 2. Pelayanan Imigrasi Kelas I non TPI Pemalang; 3. Kantor Negara Kota Tegal; 4. KPP Pratama Tegal; 5. Kantor Inspektorat dan Pelayanan Bea dan Cukai Kota Tegal; 6. BNN Kota Tegal; 7. Kantor Otoritas Jasa Keuangan Tegal; 8. Bank Indonesia Tegal; 9. Koordinator Bank Jateng Tegal; 10. Bank BRI Cabang Tegal Cabang Tegal; 11. Bank Mandiri.

12. Bank BNI Cabang Tegal; 13. Bank BTN Cabang Tegal; 14. Bank Jabar Banten Cabang Tegal; 15. Bank Muamalat Indonesia Cabang Tegal; 16. Bank Syariah Indonesia Cabang Tegal; 17. Bank Mandiri Cabang Taspen Tegal; 18. PDAM Kota Tegal; 19. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal; 20. BPJS Kesehatan Cabang Tegal; poin ke-21 PLN (Persero) wilayah Tegal; poin ke-22 Taspen (Persero) Cabang Pekalongan.

Baca juga: Lomba Layang-Layang di Tegal Direvitalisasi oleh 256 Peserta

poin ke-23 Pos Indonesia (Persero) Cabang Tegal : 24 PT. Pegadaian (Persero) Cabang Tegal; poin ke-25 Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Cabang Tegal; Samsat ke-26 kota Tegal; PMI Kota Tegal ke-27; 28. Baznas Tegal; 29. Badan Keuangan Daerah Kota Tegal; 30. Dinas Kesehatan Kota Tegal; 31. Disdukcapil Kota Tegal; 32. Otoritas Perhubungan Kota Tegal; 33. Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal; 34. DPPKBP2PA Kota Tegal; 35. Dinas Kearsipan Kota Tegal; 36. DPMPTSP Kota Tegal; BPBD Kota Tegal ke-37; 38. Dinas Kepegawaian dan Kepegawaian Kota Tegal; 39. Dinas Sosial Kota Tegal.

Penempatan kendaraan dinas eksisting dilakukan dengan pendekatan koordinasi pelayanan yang mudah dan lebih dekat dengan sumber energi dan jaringan internet yang dibutuhkan oleh masing-masing kendaraan.

Kepala DPMPTSP Kota Tegal menyatakan untuk menjaga ketertiban dan ketertiban di sepanjang City Walk Jl. Ahmad Yani, Parkir tersedia di pasar pagi dan pekarangan bekas bank BHS Kota Tegal.

Sementara itu, pelaksanaan monitoring dan evaluasi pariwisata masyarakat sedang dilakukan bersama leading sector Dinas Organisasi Setda Kota Tegal untuk secara berkala memberikan laporan lanjutan kepada Walikota.

Pada kesempatan tersebut, walikota menyerahkan piagam penghargaan kepada entitas yang terlibat dalam wisata publik simbolik

Baca Juga: Pertamina Patra Niaga Bagikan Rompi Safety Kepada Nelayan di Tegal

Source: jateng.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button