Cicipi kelezatan tahu gimbal, kuliner legendaris Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Cicipi kelezatan tahu gimbal, kuliner legendaris Semarang

Cicipi kelezatan tahu gimbal, kuliner legendaris Semarang

Merdeka.com – Semarang merupakan kota besar yang kaya akan wisata kuliner. Tidak hanya lumpia dan bandeng presto, kuliner legendaris Semarang yang sayang untuk dilewatkan, adalah tahu gimbal.

Seperti diberitakan Jatengprov.go.id, seni kuliner rambut gimbal sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Hidangan ini memiliki berbagai isian seperti tahu goreng potong dadu, kol dan taburan bawang goreng di atasnya.

Artikel media taboola

Sedangkan isi utamanya adalah gimbal, yaitu udang bertepung dan berukuran cukup besar, yang digoreng hingga matang dan diberi tambahan seperti nasi atau lontong.

2 dari 3 halaman

Keunikan Tahu Gimbal

kenal gimbal semarang

©jatengprov.go.id

Ada banyak penjual tahu gimbal di kota Semarang. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran terkenal, kelezatan kuliner ini ditawarkan. Setiap tahu gimbal yang dijual memiliki keunikan tersendiri.

Salah satu warung tahu yang paling terkenal menjual rambut gimbal adalah Tahu Gimbal Pak Man. Toko ini sudah ada sejak tahun 1950 dan kini dikelola oleh generasi kedua.

Toko ini juga dikenal sebagai Tahu Gimbal Plampitan. Namanya berdasarkan lokasinya di Jalan Plampitan Semarang dan tidak jauh dari Hotel Plampitan. Lokasi sangat strategis karena berada di pusat kota dan hanya sekitar 5 menit dari Simpang Lima.

3 dari 3 halaman

Idola warga Semarang

Resep untuk rambut gimbal

Brilio.net ©2020 Merdeka.com

Meski ukurannya cukup kecil, warung ini tetap menjadi idola dan favorit masyarakat Semarang. Karena itu, warga biasanya harus mengantre panjang hanya untuk mencicipi kelezatan tahu gimbal di sana.

Setiap hari booth Pak Man buka pukul 11.00 WIB dan tutup saat menu yang dijual sudah siap. Kelebihan tahu gimbal di warung ini adalah penyajiannya dengan porsi besar dan gimbalnya besar-besar. Dengan ukurannya, pengunjung akan puas hanya dengan satu porsi.

Keistimewaan lainnya adalah penyajian bumbu kacangnya. Jika tahu gimbal di stan lain menggunakan saus kacang yang halus, saus kacang toko ini agak kasar. Untuk seporsinya, tahu gimbal dibanderol dengan harga sekitar Rp 22.000 tanpa telur dan Rp 30.000 dengan paket lengkap.

(mdk/shr)

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button