4 Kuliner Khas yang Wajib Dicoba Pengunjung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

4 Kuliner Khas yang Wajib Dicoba Pengunjung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Warung makan Pak Dwi menyajikan masakan khas Wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri, yaitu ikan nila bakar/goreng. Warung yang juga menyediakan oleh-oleh ikan goreng ini berlokasi di Kedungareng RT 003/RW 001, Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri, tidak jauh dari WGM Tourism. Foto diambil pada Jumat (14 Mei 2021). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Waduk Gajah Mungkur menyimpan masakan khas Wonogiri. Tak jarang kuliner khas tersebut menjadi oleh-oleh yang dibawa pulang oleh pengunjung.

Adanya kuliner khas khas melengkapi keindahan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Sambil menikmati objek wisata, pengunjung bisa membeli masakan khas dengan harga yang relatif terjangkau.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Kelezatan kuliner khas di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri adalah:

1. Wader Goreng

Dilaporkan oleh www.itrip.idPada Kamis (10/6/2022) ikan wader goreng menjadi makanan khas pertama yang wajib Anda nikmati saat berkunjung ke Waduk Gajah Mungkur.

Baca Juga: Fenomena Kekeringan, Jalan Lama di WGM Wonogiri Tampak Air Menyusut

Wadfish dimasak dengan cara digoreng. Sebelum digoreng, ikan terlebih dahulu dibumbui dan dibungkus dengan adonan tepung beras. Ini akan membuat teksturnya renyah di luar.

Solopos.com juga pernah menjajaki wader goreng di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Jumat (10/01/2021). Marti, 45, penjaja ikan goreng Dik Danar mengatakan, harga gorengan wader bervariasi.

Waders Goreng 0.25kg dijual dengan harga Rp 20.000 (wader biasa). Para penyeberang goreng dengan lebih sedikit duri (orang menyebutnya bayi ikan) 0,25 kg dijual dengan harga Rp 25.000.
Wader 1kg normal dijual seharga Rp75.000 sedangkan wader dengan paku lebih sedikit dijual seharga Rp100,00. Konsumen bisa membeli 1 ons wader biasa seharga Rp 8.000.

2. Tawe Goreng

Baca Juga: WGM Akan Segera Dibangkitkan, Pemenang Lelang Diminta Temui Bupati Wonogiri

Menu andalan selanjutnya di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri adalah tawes goreng. Harga tawes goreng juga cukup terjangkau.

Pada Oktober 2021, tawe goreng biasanya dijual dengan harga Rp 50.000/kg. Jika ada yang membeli 0,25 kg maka akan dijual dengan harga Rp 15.000.

3. Ibu baptis goreng

Ibu baptis juga menjadi pengalaman bersantap yang istimewa di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Pada awal Oktober 2021, harga ikan lele Rp 60.000/kg (tanpa kepala).

Baca Juga: Razia Keranjang di WGM Wonogiri Dilakukan 3 Kali Setahun

Konsumen juga dapat membeli 0,5kg dengan setengah harga. Kepala lele dijual dengan harga 20.000/kg. Souvenir kepala lele goreng paling cepat habis karena barangnya sedikit.

4. udang goreng

Udang goreng juga dikenal sebagai kuliner khas di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Seperti halnya ikan wader goreng, udang goreng di Waduk Gajah Mungkur biasanya diletakkan di depan stand dan disajikan seperti gunung.

Udang yang ada di sekitar WGM bukan berasal dari waduk melainkan dari luar daerah. Meski begitu, rasa udang di WGM tetap enak dan gurih.

Baca Juga: Populasi Ikan Rusak, DPRD Wonogiri Soroti Pemanfaatan Branjang di WGM

Itulah setidaknya empat suguhan khas di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Selain itu, tentunya ada kuliner lain yang patut dicoba saat berkunjung ke waduk.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button