CFD Kepanjen di pusat kota | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

CFD Kepanjen di pusat kota | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

CFD Kepanjen di pusat kota |  Berita Malang hari ini |  Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang merampungkan rencana Car Free Day (CFD) di pusat kota Kepanjen. Sebelumnya, kegiatan Minggu pagi hanya digelar di kawasan Stadion Kanjuruhan, kini CFD akan diujicobakan di pusat kota pada bulan ini. Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto mengatakan CFD ini akan menjadi ikon pariwisata baru.

Tak hanya itu, CFD Kepanjen bertujuan untuk mendongkrak aktivitas masyarakat dan perekonomian. “Jadi akan fokus di koridor utama ibu kota Kabupaten Malang. Start di perempatan Jalan Sultan Agung di sebelah timur. Juga pertigaan PLN Jalan Panji,” ujarnya kemarin. Ia mengatakan CFD Kepanjen mengadopsi konsep tabletop.

Yaitu temu bisnis antara UMKM dengan bank. Hal ini tak lepas dari program Bupati Malang HM Sanusi dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Orang bisa bepergian dari barat ke timur, bahkan ke selatan. Jadi kesempatan bagi para pelaku UMKM dan mikro untuk menampilkan produk unggulannya juga,” jelas Didik.

Selain itu, menurut mantan Ketua DPRD Kabupaten Malang itu, jalur alternatif itu sudah selesai pada Januari 2023. Jalur alternatif untuk mendukung CFD Kepanjen adalah Jembatan Kedungpedaringan. Selama ini jalur tersebut rusak karena jembatan lama ambruk. Sehingga akses jalan dari Penarukan, Kepanjen hingga Kedungpedaringan terputus.

Camat Kepanjen Ichwanul Muslimin membenarkan rencana itu sedang dalam pembahasan. Setelah konsep selesai, segera diimplementasikan. Dikatakannya CFD Kepanjen ini merupakan yang pertama di Kabupaten Malang. “Kita akan desain dulu karena nanti akan menjadi etalase bagi UKM Pemkot. Kami pilih berdasarkan beberapa kategori,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, setidaknya ada satu konsep yang perlu dimasukkan dalam CFD Kepanjen. Yakni konsep Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang dimiliki dinas kesehatan, sesuai kearifan lokal Kepanjen, senam dan olahraga lain yang bisa digerakan di Kepanjen. Kalau sudah dikandung, minggu ketiga Januari bisa dicoba,” katanya. (tyo/mar)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button