Tuan rumah IOI 2022, Indonesia siap promosikan pariwisata dan budaya - WisataHits
Jawa Timur

Tuan rumah IOI 2022, Indonesia siap promosikan pariwisata dan budaya

Tahun ini, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34. Kompetisi ilmu komputer internasional paling bergengsi untuk siswa SMP dan SMA ini akan berlangsung pada 7-15 Agustus 2022 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti mengatakan, tim IOI 2022 telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk membantu persiapan kedatangan peserta ke luar negeri. yang diperkirakan ada 360 peserta dari 89 tim, 72 di antaranya akan langsung datang ke Indonesia.”

Lebih lanjut ia menegaskan, keberhasilan acara IOI ke-34 akan dibuktikan dengan kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan media. “Adanya kompetisi internasional ini merupakan peluang yang baik bagi Indonesia untuk meningkatkan kemampuan ilmu komputer generasi muda dan mendorong mahasiswa menjadi SDM (Sumber Daya Manusia) yang berani bersaing dan berprestasi. Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia di kancah internasional,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Brian Marshal, informan Panitia Penyelenggara Tuan Rumah IOI 2022 dan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia mengatakan, IOI 2022 akan digelar di Indonesia setelah dua tahun berturut-turut digelar secara online akibat pandemi Covid-19. kompetisi pertama yang diadakan dalam bentuk hybrid (online dan offline).

“Alumni dan pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) melalui Ikatan Alumni (IA) TOKI senang dan bangga dapat berkontribusi dan berkolaborasi dengan Kemendikbud dalam penyelenggaraan IOI 2022,” ujar Brian yang menyampaikan bahwa Indonesia telah mengikuti kompetisi IOI sejak tahun 1995 dan memenangkan beberapa kejuaraan.

Pada kompetisi tahun ini, Indonesia mengirimkan 8 peserta yang dibagi menjadi 2 tim. Tim A terdiri dari Albert Yulius Friendlyalim dari SMA Katolik Ricci I Jakarta Barat, Juan Carlo Vieri dari SMA Intan Permata Hati Surabaya, Maximilliano Utomo dari SMA Xin Zhong Surabaya dan Joseph Oliver Lim dari SMA Penabur 1 Jakarta. Sedangkan Tim B terdiri dari Albert Ariel Putra dari SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo, Matthew Allan dari SMA Kanisius Jakarta, Andrew dari SMA 1 Sutomo Medan dan Vannes Wijaya dari 8 Pekanbaru.

Penyelenggaraan IOI 2022 juga didukung oleh beberapa entitas baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun BUMN, antara lain Taman Wisata Pura (TWC) PT Angkasa Pura 1, PT Angkasa Pura 2, PT Telkom, PT PLN, sebagai serta sejumlah Mitra dari perusahaan swasta internasional dan nasional yaitu Acer, Janestreet, Tezos, Huawei, SIRCLO dan Blibli.

Source: kabartangsel.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button