Cepogo Cheese Park Boyolali Adopsi Pekerja Lokal, Tingkatkan Pendapatan Desa - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Cepogo Cheese Park Boyolali Adopsi Pekerja Lokal, Tingkatkan Pendapatan Desa – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Taman Keju Cepogo di Boyolali saat pre-opening, Senin (12/12/2022). (Solopos.com/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI – Destinasi wisata baru Cepogo Cheese Park Boyolali baru saja dibuat awal yang lembut pada Senin (12/12/2022). Namun, dampaknya terasa bagi masyarakat Desa Genting, Cepogo, Boyolali.

Kepala Desa Genting, Comedi, mengatakan Cepogo Cheese Park akan menampung 50 persen warga Desa Genting.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

“Jadi kemarin diprioritaskan untuk 50 persen staf Desa Genting. Namun jika warga tidak antusias, tingkat kecamatan dibuka secara umum. Kalau memenuhi di tingkat kecamatan, baru lanjut ke kecamatan lain,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di lokasi awal yang lembut.

Saat ini, jelasnya, sudah ada 40 warga Genting yang dipekerjakan di Cepogo Cheese Park sebagai satpam, kasir, dan karyawan lainnya. Sebelumnya, para karyawan ini juga telah menyelesaikan pelatihan di PT Cimory di Bawen, Semarang.

Tak hanya itu, keberadaan Cepogo Cheese Park yang dikelola PT Wisata Sapta Pesona Boyolali, kata dia, meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Genting.

Baca Juga: Pesona Taman Keju Cepogo di Boyolali: Nikmati Keindahan Alam Merbabu dan Merapi

“Untuk PADes sendiri, dulu maksimal hanya Rp 110 juta, sekarang dengan Cepogo Cheese Park kita bisa mendapatkan Rp 250 juta tahun ini. Setiap tahun akan ada peningkatan, kemungkinan bisa menjadi Rp 500 juta dalam 10 tahun ke depan,” ujarnya.

Komedi juga memprediksi PADes di Desa Genting mencapai Rp 1 miliar dalam 20 tahun sejak serah terima usaha. Ia menginformasikan bahwa dalam 20 tahun akan ada prosedur serah terima pengelolaan Cepogo Cheese Park.

“Kalau desa bisa otomatis mengelola asetnya, itu luar biasa, tapi kalau tidak memungkinkan, kami akan bekerja sama dengan pihak kedua atau ketiga. Jadi bisa dibilang dalam 20 tahun desa tinggal menikmati dan mengembangkannya,” ujarnya.

Comedi juga mengatakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) warga Desa Genting juga dipersilakan berjualan di Cepogo Cheese Park. Bahkan, jelasnya, nantinya akan ada ruang khusus di depan tempat parkir mobil pengunjung.

Selain itu, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Genting juga saat ini menyewakan lima unit ATV yang berlokasi di wahana Cepogo Cheese Park.

Baca juga: Hore! Taman Keju Cepogo di Boyolali dibuka hari ini, cocok untuk piknik keluarga

“Nantinya para UMKM binaan Bumdes Genting akan mencoba pemasaran produk. Kalau banyak yang praktiknya bagus, dikirim ke Cimory untuk dicarikan label BPOM dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PT Wisata Sapta Pesona Boyolali Bambang Sutantio menegaskan hal itu akan membuka peluang bagi UMKM lokal selain menjual produk Cimory.

“Jadi kita prioritaskan UMKM lokal, nanti ada jajanan kemasan yang sudah ada,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur PT Wisata Sapta Pesona Wenzel Sutantio mengatakan, Cepogo Cheese Park dibuka untuk umum langsung pada Senin. Selain tiket masuk Rp 20.000 yang diyakini bisa diraih oleh semua kalangan, pengelola juga akan memberikan potongan harga kepada pengunjung.

“Jadi masih ada awal yang lembut Aksi hingga 16.12 [2022], Diskon tiket 25 persen. Setelah tanggal 17 Desember, biaya masuk normal menjadi Rp 20.000 [per orang],” dia berkata.

Baca juga: Murah! Ini Harga Tiket Cepogo Cheese Park Boyolali Diskon Hingga 25%.

Wenzel mengatakan, beberapa wahana juga tersedia di Cepogo Cheese Park seperti Semua kendaraan off-road (ATV), memanah yang menyenangkan, memotret dengan reptil, burung beo dan sebagainya.

Dia mengumumkan bahwa pengunjung akan dikenakan biaya tambahan untuk wahana, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per wahana.

“Jadi harga tiketnya murah, setiap permainan membayar Rp 10.000 – Rp 20.000. Itu juga akan terus kita kembangkan,” jelasnya.

Selain itu, kata Wenzel, kapasitas maksimal Cepogo Cheese Park untuk sekali masuk sekitar 500-600 orang, mengingat daya tampung mobil sekitar 150 mobil. Ia juga mengatakan konsep wisata di Cepogo Cheese Park adalah wisata edukasi ramah keluarga.

Baca juga: Murah! Ini Harga Tiket Cepogo Cheese Park Boyolali Diskon Hingga 25%.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button