Cek Koleksi Museum Wayang Kekayon di Bantul, berikut jadwal open ticketnya - WisataHits
Yogyakarta

Cek Koleksi Museum Wayang Kekayon di Bantul, berikut jadwal open ticketnya

Cek Koleksi Museum Wayang Kekayon di Bantul, berikut jadwal open ticketnya

Bantul

Masih ada berbagai museum di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satunya adalah Museum Wayang Kekayon yang mengoleksi ribuan wayang. Berikut serba-serbi Museum Boneka Kekayon, mulai dari alamat hingga daftar koleksi hingga jadwal jam buka dan harga tiket.

Lokasi Museum Boneka Kekayon

Museum ini terletak di Jl Jogja-Wonosari Km 7, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY. Jarak museum ini sekitar delapan kilometer dari pusat Kota Jogja, atau sekitar 18 menit dengan kendaraan bermotor.

Saat memasuki area utama museum, pengunjung akan disambut oleh pohon beringin yang tinggi dan rindang. Museum ini memiliki paviliun di bagian depan. Ada beberapa patung di belakang pendopo. Sementara sebuah mobil tua terparkir di sampingnya.

momen detikJateng Saat berkunjung, Museum Wayang Kekayon hanya dijaga oleh satu orang pegawai yaitu Hadi. Dia menjabat sebagai sipir dan perawat pria di museum.

Hadi mengatakan, Museum Wayang Kekayon Bantul merupakan milik pribadi dan telah berdiri sejak tahun 1991. Pendirinya adalah salah satu Guru Besar UGM.

“Tujuannya untuk melestarikan budaya, khususnya wayang. Pendirinya, Prof. DR. KPH Soejono Prawirohadikusumo, adalah mantan Guru Besar UGM. Museum ini mulai beroperasi sekitar tahun 1991,” kata Hadi saat diwawancarai di Museum Kekayon, Kamis (12/1/2023).

Museum Wayang Kekayon di Jl Jogja-Wonosari Km 7, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Kamis (1/12/2023).Museum Wayang Kekayon di Jl Jogja-Wonosari Km 7, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Kamis (1/12/2023). Foto: Anggah/Jateng Kedua

Koleksi Museum Boneka Kekayon

Menurut Hadi, koleksi boneka museum ini jumlahnya mencapai ribuan. Ada boneka kulit karya Solo, Jogja, Wayang Golek dan lain-lain.

Ada tujuh unit di gedung pameran museum ini. Setiap satuan memiliki sejarah dan periodisasi koleksi wayang.

Pada unit pertama pengunjung dapat melihat ilustrasi pertunjukan wayang kulit dengan atribut wayang dan patung dalang. Ada juga koleksi Wayang Purwa, dari Pandawa hingga Korawa. Wayang Purwa ini menceritakan cerita dari teks Mahabharata dan Ramayana.

Pada unit kedua, ditampilkan koleksi wayang purwa kepada para pengunjung. Sebaliknya, hanya ditampilkan penggalan-penggalan adegan dalam teks Ramayana dan Mahabharata.

Di unit ketiga ada Wayang Madya dan Wayang Gedog. Selain itu, Wayang Orang selalu dihadirkan di tengah ruangan di setiap unit.

Di unit keempat adalah kumpulan Wayang Klithik dari kayu. Dinamakan Klithik karena pada saat dimainkan wayang ini mengeluarkan bunyi “Kemlithik” akibat benturan kayu. Ada juga wayang beber di sudut ruangan. Wayang Beber adalah selembar kertas atau kain dengan gambar wayang di atasnya.

Di unit kelima, pengunjung akan menyaksikan 100 boneka Kurawa lengkap. Daerah ini adalah yang paling luas. Dipajang pula Wayang Ukur, salah satu jenis wayang baru dan beberapa koleksi wayang Indonesia dari Bali dan Madura.

Pada unit keenam, terdapat berbagai koleksi wayang golek mulai dari gaya sunda hingga wayang golek crew cut.

Terakhir, pada unit ketujuh terdapat koleksi Wayang Kontemporer. Berikut berbagai kreasi boneka baru, termasuk boneka dengan karakter pahlawan nasional. Ada juga sejumlah topeng di ruangan ini.

Buka jadwal dan harga tiket

Museum Wayang Kekayon dapat dikunjungi setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 08:30 hingga 14:00 WIB dan pada hari Sabtu mulai pukul 08:30 hingga 12:00 WIB.

Museum tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional.

Baik pengunjung umum maupun pelajar akan dikenakan tiket Rp 20.000. Selain itu juga ada tiket kamera senilai Rp 10.000

Tonton Video “Kafe Tanpa Ijin Disegel di Babarsari, Ada Perlawanan”
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ams)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button