Calon mahasiswa pasti tahu ini 5 universitas top di jogja - WisataHits
Yogyakarta

Calon mahasiswa pasti tahu ini 5 universitas top di jogja

Mencari universitas terbaik di Jogja bisa menjadi sesuatu yang dipikirkan oleh para siswa yang akan lulus SMA. Maklum, memutuskan di mana melanjutkan pendidikan seharusnya menjadi hal yang penting.

Selama ini tidak sedikit yang mempertimbangkan untuk kuliah di Yogyakarta. Hal ini tidak mengherankan mengingat Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar.

Ya, Jogja adalah kota pelajar, selain gambar-gambar lain yang melekat padanya. Yogyakarta memang identik dengan kota pariwisata dan budaya. Namun, banyaknya universitas dan kampus di seluruh provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta membuat julukan kota pelajar dikaitkan dengan Jogja.

Ada banyak universitas di Yogyakarta yang bisa dipilih sebagai tempat belajar. Tetapi universitas mana yang harus Anda pilih?

Untuk memilih universitas terbaik di Jogja, sudah sepantasnya mahasiswa menggali seberapa bagus kualitasnya. Dengan banyaknya pilihan, mempelajari kualitas setiap universitas adalah suatu keharusan agar Anda tidak salah memilih.

GNFI merangkum daftar 5 universitas terbaik di Jogja. Daftar ini didasarkan pada pemeringkatan yang dilakukan oleh UniRank.

Setelah membaca artikel ini, jangan lupa untuk menentukan dengan cermat universitas tujuan Anda ingin melanjutkan studi!

Pertama di Indonesia. Selamat datang, Universitas Siber Muhammadiyah

1. Universitas Gadjah Mada

Siapa yang tidak kenal dengan kampus yang satu ini. Universitas Gadjah Mada alias UGM adalah salah satu universitas paling legendaris di Indonesia.

Didirikan pada tahun 1949, UGM merupakan kampus pertama yang dibangun oleh Indonesia setelah kemerdekaan. Dengan demikian, UGM jelas merupakan kampus yang sarat sejarah.

Soal kualitas, UGM tidak perlu diragukan lagi. UGM dikenal sebagai salah satu dari 3 kampus terbaik di Indonesia bersama Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Oleh karena itu tidak heran jika UniRank menempatkan UGM sebagai kampus terbaik kedua di Indonesia.

Perlu diingat bahwa popularitas UGM berarti persaingan untuk masuk sangat ketat. Dari tahun ke tahun jumlah aplikasi di UGM selalu besar, sedangkan kapasitasnya jauh lebih kecil.

Ada banyak jalur untuk mengikuti UGM, yaitu melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi nasional (SNMPTN), jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi nasional (SBMPTN) dan jalur mandiri UGM serta jalur prestasi.

Bagi pelamar program pascasarjana hanya ada satu jalur akses dengan persyaratan yang berbeda dan khusus dibandingkan dengan pendaftaran pada program studi vokasi dan sarjana.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan universitas negeri yang berada tepat di sebelah UGM. Ya, UNY dan UGM bersebelahan.

UNY sudah cukup tua. Tercatat UNY berdiri sejak tahun 1964 dan sebelumnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta.

UNY dikenal sebagai kampus dengan program pendidikan guru yang berkualitas. Jika Anda tertarik menjadi guru, kuliah di UNY adalah pilihan yang sangat tepat.

Selain mata pelajaran yang diajarkan, UNY juga dikenal dengan ilmu olahraganya yang canggih. Universitas ini memiliki fakultas ilmu keolahragaan yang pembelajarannya didukung oleh institusi yang mumpuni.

Fasilitas olahraga di UNY tidak main-main. UNY memiliki berbagai fasilitas olahraga, mulai dari kolam renang hingga stadion. Karena kualitasnya, stadion UNY bahkan dijadikan sebagai tempat latihan timnas Indonesia.

Meski tidak seketat UGM, pilihan ke UNY juga tidak mudah. Sebagai perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia, keberadaan UNY selalu menarik perhatian banyak calon mahasiswa.

Banyak jalan yang dibuka UNY untuk menyaring mahasiswa baru. Situs resminya bahkan mencatat bahwa ada 15 opsi masuk, mulai dari sarjana hingga PhD.

UniRank sendiri menempatkan UNY sebagai kampus terbaik ke-16 di Indonesia.

3. Universitas Islam Indonesia

UII adalah universitas tua. Sejarah melaporkan bahwa UII didirikan sebelum UGM. Kampus ini sudah ada bahkan sebelum negara Indonesia berdiri.

Cikal bakal UII berasal dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STI) yang didirikan pada tanggal 8 Juli 1945 di Jakarta. Pada tahun 1946, STI dibuka di Yogyakarta, yang disusul pada tahun berikutnya dengan berdirinya Universitas Islam Indonesia.

UII jelas merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. UniRank menempati peringkat 21 UII secara nasional.

UII merupakan salah satu universitas yang membuka banyak peluang masuk. Ada tujuh rute yang tersedia, dari seleksi berbasis laporan hingga pelacakan Pemimpin Muda.

Perlu diketahui, pemilihan jurusan kedokteran di UII dilakukan secara tepat sasaran. Berbeda dengan jurusan lainnya, UII mewajibkan pelamar di jurusan kedokteran untuk mengikuti ujian tingkat kedua agar dapat diterima sebagai sarjana.

4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga tercatat sebagai kampus terbaik ketiga di Jogja. UniRank menempatkan kampus Islam ini sebagai kampus terbaik ke-25 di Indonesia.

Seperti namanya, UIN Sunan Kalijaga memiliki berbagai jurusan di bidang keislaman. Banyak jurusan yang menjadi ciri khas Perguruan Tinggi Islam seperti Sejarah dan Kebudayaan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam dan Manajemen Dakwah.

Tertarik untuk kuliah di UIN Sunan Kalijaga? Ada beberapa pintu masuk yang bisa ditempuh. Untuk program sarjana, calon mahasiswa dapat memilih antara SNMPTN, UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), SBMPTN, SPAN-PTKIN (Seleksi Nasional Berprestasi Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri), UM – PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri) ) dan Cara independen.

Calon mahasiswa dapat mendaftar untuk program pascasarjana melalui CBT Test From Home, Portfolio, Non-Test. Ingatlah bahwa pelamar tingkat PhD hanya maju melalui opsi reguler atau kolaboratif.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal Muhammadiyah? Organisasi Islam besar ini banyak terlibat dalam ranah sosial masyarakat, tak terkecuali di bidang pendidikan.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu dari sekian banyak kampus yang dimiliki oleh Muhammadiyah. Ormas UMY berdiri sejak tahun 1981.

Universitas ini merupakan salah satu kampus swasta terbaik di Jogja. Untuk itu, UniRank menempati peringkat ke-28 UMY.

Ada tujuh pintu masuk yang akan dibuka bagi calon mahasiswa yang berminat kuliah di UMY. Jalur tersebut meliputi jalur tenaga dan UTBK.

Beasiswa di UMY juga banyak. Beberapa di antaranya adalah Beasiswa Kader Unggul Muhammadiyah (KAUM), Beasiswa Hafizh Muhammadiyah dan Beasiswa Prestasi Unggul (BPU). Bagi sahabat GNFI yang berprestasi, tawaran beasiswa ini tentunya tidak boleh dilewatkan.

UMY terkenal dengan fakultas kedokterannya yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

Kisah Dibalik Kesuksesan Siswa Madrasah Masuk 6 Universitas Top Dunia

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button