Butuh Rp 35 miliar untuk realisasikan 7 program | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Butuh Rp 35 miliar untuk realisasikan 7 program | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, BATU KOTA – Pemerintah Kota Batu memiliki tujuh program prioritas yang akan dilaksanakan dalam Proyek Strategis Daerah (PSD) tahun 2023. Ketujuh program yang diusulkan dan disetujui oleh Timgar dan Banggar tersebut merupakan program yang belum dapat direalisasikan dalam RPJMD Kota Batu tahun 2017-2022 ini.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, di akhir masa jabatannya yang berakhir pada 27 Desember 2022, ada beberapa program prioritas dalam RPJMD Kota Batu 2017-2022 yang belum terealisasi. Jika program prioritas tidak dilaksanakan, hal ini disebabkan oleh pandemi Covid-19.

“Kami akui di akhir tahun ini ada beberapa program yang sudah masuk ke dalam RPJMD tapi belum dilaksanakan. Ketika kita berdebat tentang pandemi Covid-19, itu klise. Tapi itulah yang sebenarnya terjadi,” kata Dewanti kepada Malang Posco Media.

Hal ini disampaikan Wali Kota Pertama Kota Batu bersama Wakil Wali Kota Batu Ir. Punjul Santoso MM diresmikan pada akhir tahun 2017. Jadi dia mulai bekerja efektif pada 2018. Meski telah aktif bekerja sebagai walikota, pelaksanaan APBD Kota Tahu Batu Tahun 2018 merupakan program yang sudah direncanakan oleh pemerintah sebelumnya.

“Oleh karena itu, kami baru bisa merencanakan program 2018 penggabungan APBD ke dalam RPJMD 2019 di bawah kepemimpinan saya dan Wakil Walikota. Namun di awal tahun 2020, program pembangunan Kota Batu yang layak harus terhambat akibat pandemi Covid-19 saat ini. Oleh karena itu, anggaran prioritas pembangunan perlu diatur kembali atau anggaran digeser,” ujarnya.

Dia menjelaskan, anggaran pembangunan perlu diarahkan ke kesehatan atau bagaimana menghadapi pandemi. Selain itu, anggaran juga dialihkan untuk pemberian BLT bagi warga terdampak pandemi Covid-19 dan pengobatan bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan dengan adanya pergeseran anggaran di akhir tahun, masih ada yang tersisa dan akhirnya menjadi SiLPA yang jumlahnya cukup besar.

“Mulai tahun 2021 pandemi akan dikelola. Sehingga Program Prioritas dalam RPJMD dapat mulai berjalan. Namun, belum maksimal karena pandemi Covid-19 masih melanda Kota Batu dan Indonesia pada umumnya,” kata Dewanti.

Baru pada tahun 2022 Pemkot Batu mampu memaksimalkan program prioritas pembangunan. Meski diketahui tidak semuanya bisa direalisasikan karena alasan waktu dan anggaran.

“Meskipun ada program yang tidak berjalan. Orang tidak perlu khawatir. Karena pemerintah pusat sudah berpikir jauh ke depan. Jika kepala daerah mengakhiri masa jabatannya sebelum 2024. Maka program prioritas yang belum terealisasi akan berlanjut dari satu PY hingga 2024,” katanya.

PJ, kata Dewanti, akan melanjutkan program-program yang belum terlaksana dalam Program Strategis Daerah (PSD) 2023-2026 yang disiapkan Pemkot Batu. Artinya PJ walikota tidak boleh melakukan program apapun di luar yang ditentukan dalam PSD selama masa jabatannya.

Salah satu program raksasa yang tidak berjalan di bawah Dewanti-Punjul adalah pengembangan cold storage. Diakuinya, sangat sulit mewujudkan program tersebut dalam waktu singkat.

Selain itu, kapasitas cold store yang akan dibangun Pemkot Batu sangat besar. Informasi awal diterima dengan kapasitas 200 ton. Dengan kapasitas sebesar itu, Dewanti menunjukkan bahwa penataan barang sangat luas dan luar biasa rumit.

Dia menjelaskan, pembangunan cold store dan infrastruktur belum terealisasi

karena kontribusi Ahli Bangunan Gedung (TABG) Universitas Brawijaya Malang dan Dinas Perumahan Permukiman sehingga pembangunan gedung dan infrastruktur Cold Storage (CS) tidak dapat dilaksanakan.

“Selain itu, beberapa pertimbangan lain adalah ketersediaan waktu yang terbatas. Sehingga dikhawatirkan tidak dapat selesai tepat waktu, mengingat efektivitas pelaksanaan kegiatan pembangunan hanya memakan waktu 3 bulan saja,” jelasnya.

Oleh karena itu, pengembangan Cold Storage akan dimasukkan dalam PSD 2023 atau dilanjutkan oleh PJ. Program ini harus dilanjutkan untuk menekan kerugian petani saat panen tiba dan harga turun. Sehingga hasil pertanian pada awalnya dapat disimpan di cold store.

Mega proyek lain yang tidak terealisasi selama masa jabatannya adalah kereta gantung. Meski pembangunan kereta gantung ini murni pribadi. Namun pemerintah kota Batu masih memiliki beban moral. Pasalnya, mega proyek tersebut tidak hanya masuk dalam RPJMD Kota Batu. Tapi juga masuk dalam proyek strategis nasional.

“Kereta gantung adalah satu-satunya proyek pengembangan pariwisata baru di kota ini. Jika ini bisa diwujudkan, akan menjadi wahana wisata untuk diadopsi kota-kota lain,” ujarnya.

Menurut Dewanti, proyek nasional tersebut belum terealisasi karena adanya pembatasan regulasi. Dia mengungkapkan, di satu daerah belum ada regulasi yang mengatur transportasi kereta gantung. Meski pihaknya dibantu tim dari Kemenkomarvest untuk berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Ditambahkan oleh Wakil Walikota Batu, Ir. Punjul Santoso MM bahwa untuk tujuh Proyek Strategis Daerah (PSD) tahun 2023. Ketujuh PSD tersebut dianggarkan sebesar Rp 35,8 miliar di empat OPD.

Program prioritas tersebut terbagi dalam DPUPR dengan pembangunan lintas Metro Sidomulyo senilai Rp 5,8 miliar dan pembangunan pejalan kaki untuk pejalan kaki dan untuk mempercantik kota sebesar Rp 3,4 miliar. Program Art Center senilai Rp 7 miliar, pembangunan SMPN 7 tahap II sebesar Rp 7 miliar dan DED sebesar Rp 400 juta untuk Balai Latihan Kerja (BLK).

“Kemudian anggaran Rp 600 juta diperkirakan oleh DPMPTSP untuk penyelesaian dan pengoperasian Mall Layanan Umum (MPP). Selanjutnya dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) untuk investasi pabrik pengolahan cold storage senilai Rp 6,5 miliar,” imbuhnya.

Pihaknya berharap tujuh Proyek Strategis Daerah (PSD) dapat terealisasi pada 2023 senilai Rp 35,8 miliar di empat OPD oleh Walikota PJ. Mengingat adanya pandemi Covid-19 dan penyakit kuku dan mulut (PMK), pemerintah bisa menanganinya. (eri/nug)

Source: malangposcomedia.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button