Bupati Radiapoh menyaksikan pagelaran budaya Huta Hasusuran - WisataHits
Jawa Tengah

Bupati Radiapoh menyaksikan pagelaran budaya Huta Hasusuran

SIMALUNGUN – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga memberikan penghormatan atas pagelaran budaya bertajuk Huta Hasusuran yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun di Dolok Sipiak, Parapat.

Pemerintah Kabupaten Simalungun, kata Bupati Radiapoh, mengajak generasi muda untuk terus melestarikan budaya dan adat istiadat yang ada di Simalungun.

“Kalau kita lihat, budaya peninggalan nenek moyang kita sama sekali tidak kalah dengan budaya daerah lain, seperti Bali atau Jogja,” kata Bupati Radiapoh usai menyaksikan pagelaran budaya di Dolok Sipiak, Sabtu (17/12). ). memiliki.

“Khayalan budaya Simalungun sangat luar biasa. Sehingga kami berharap masyarakat Simalungun dapat membudidayakan dan melestarikan budaya pada masa pemerintahan Simalungun,” imbuhnya.

Baca Juga: Acara budaya bertajuk Huta Hasusuran bakal digelar di Dolok Sipiak malam ini

Bupati mengimbau generasi muda untuk tidak malu menampilkan kearifan lokal budaya Simalungun. Ada banyak inspirasi dalam budaya khususnya, katanya.

“Kepada putra putri Simalungun, mari kita bersama-sama melestarikan budaya Simalungun untuk masa depan. Tentunya juga untuk promosi pariwisata di Simalungun,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simalungun Fikri Damanik mengatakan Huta Hasusuran merupakan event pariwisata yang mencerminkan budaya.

Acara ini berlangsung di kawasan Danau Toba, Dolok Sipiak, Parapat dan diikuti secara online maupun offline. Dengan kemudahan teknologi saat ini, masyarakat dari seluruh kecamatan Simalungun juga bisa menonton secara online.

“Huta hasusuran artinya kampung halaman. Jadi kita bicara tentang potensi wisata di kampung halaman kita yang harus kita manfaatkan untuk kepentingan kita semua,” kata Fikri.

Rangkaian acara ini menampilkan sejumlah seniman kreatif Parapat antara lain Pondok Kreatif Parapat dan Sanggar Tari Yayasan Pusuk Buhit. Kemudian penyanyi solo Hendra Ginting, Benny Tambak dan Ando Sipayung.

Baca Juga: Mapala Khatulistiwa USI Ikut Promosi Wisata Danau Toba Simalungun

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button