Pagelaran budaya dan uji kompetensi untuk menginspirasi generasi muda dalam membudayakan budaya daerah - WisataHits
Yogyakarta

Pagelaran budaya dan uji kompetensi untuk menginspirasi generasi muda dalam membudayakan budaya daerah

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL – Pada Senin (26/12/22), pagelaran budaya dan uji keterampilan digelar di Kawasan Wisata Danau Jonge, Semanu, Prefektur Gunungkidul.

Kegiatan ini bertujuan untuk menginspirasi generasi muda untuk membudayakan dan melestarikan seni dan budaya khususnya budaya daerah.

Koordinator Ganjar Youth Region (OMG) Yogyakarta Muhammad Yusuf Radhika selaku penggagas acara mengatakan, acara ini mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan dan usia.

“Momen ini merupakan komitmen kami untuk menciptakan wadah berkreasi, memberikan ruang bagi seluruh masyarakat untuk mengasah kemampuannya, baik dalam bidang seni maupun budaya,” kata Yusuf di tempat tersebut.

Untuk melakukan uji kompetensi tari, OMG menggandeng dua sanggar seni, yakni Sanggar Turonggo Srikandi Pinilih dan Sanggar Satrio Kencono.

Tentunya para peserta sudah memiliki pengalaman dan mengimplementasikan keterampilannya melalui pertunjukan tari.

Ada beberapa aspek untuk menilai gerak tari. Pertama Rogo atau teknik yang dibawakan oleh para peserta.

Kedua, presisi besi atau irama dengan musik. Ketiga Wiriso atau kesesuaian tema tari dengan mimik atau ekspresi wajah penari.

Sementara proses perhitungan nilai sedang dilakukan, Pentas Seni Jathilan sedang berlangsung; sebuah seni yang memadukan unsur gerak tari dengan sulap.

Kesenian ini dimainkan dengan fitur berupa kuda buatan yang terbuat dari jalinan bambu atau anyaman. Pagelaran Seni Jathilan dilakukan sebanyak 4 babak oleh kedua sanggar seni tersebut.

“Kami mengundang galeri-galeri seni yang sudah profesional dalam meningkatkan dan mempertahankan keterampilan para penari. Peserta yang lulus mendapatkan sertifikat kesesuaian atau gelar atas apa yang telah mereka lakukan,” jelas Yusuf.

Yusuf mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan mengucapkan selamat kepada mereka yang lulus uji kompetensi.

Yusuf berharap uji kompetensi ini bermanfaat dan menginspirasi semua orang, terutama generasi muda.

“Terima kasih kepada seluruh peserta yang begitu antusias dan antusias mengikuti acara ini. Semoga semangat ini bisa menular ke orang lain sehingga semakin banyak orang yang mau melestarikan budaya kita, khususnya generasi muda,” tutup Yusuf.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button