Bukit Serelo Lahat, tempat terbaik untuk menikmati panorama alam di atas ketinggian - WisataHits
wisatahits

Bukit Serelo Lahat, tempat terbaik untuk menikmati panorama alam di atas ketinggian

Harga tiket: untuk membebaskan, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Padang, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat, Sumatera Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Bukit Serelo merupakan objek wisata yang terletak di Lahat, Sumatera Selatan. Bukit ini cukup terkenal karena pernah menjadi tempat sosialisasi tuan rumah Asian Games yang digelar di Indonesia pada tahun 2016 lalu. Tentunya bukan hanya itu yang membuatnya populer, melainkan juga pesona dan keindahannya.

Dikenal juga dengan Index Hill dan Thumb Hill, tempat ini memiliki ketinggian 900 mdpl, cukup tinggi untuk melihat pemandangan indah di bawah. Namun, tak mudah menaklukkannya saat mendaki. Pasalnya sebagian besar lapangan dipenuhi rerumputan tinggi, pandangan mata sangat minim.

Selain itu sudut kemiringannya juga tajam, beberapa titik bahkan mencapai 75 derajat. Selain itu, jalan yang harus Anda lalui sebagian besar tanah, cukup licin jika pernah turun hujan atau terkena embun pagi. Bagi sebagian orang, hal tersebut sebenarnya menjadi tantangan tersendiri, belum lagi banyaknya daya tarik yang dimilikinya.

Daya tarik yang dimiliki oleh Bukit Serelo

Objek wisata bukit Serelo LahatKredit gambar: Google Maps Eko Fasilon

Selain nama yang disebutkan di atas, Bukit Serelo juga dikenal dengan nama lain, Bukit Tunjuk dan Bukit Timp. Semua nama ini mengacu pada bentuknya yang unik. Selain namanya, ia memiliki banyak pesona yang tidak bisa dianggap remeh.

1. Bentuk Bukit Serelo yang unik

Daya tarik pertama datang dari keunikan bentuknya. Seperti disebutkan sebelumnya, bukit ini berbentuk seperti kepalan tangan dengan jari terangkat. Asumsi setiap orang ketika melihatnya berbeda-beda, tergantung dari gambaran yang didapatnya. Karena itu, Bukit Serelo memiliki banyak nama lain yang juga populer.

Namun, setiap sudut pandang selalu menampilkan sebuah gambar, yaitu jari. Lebih unik lagi ketika jari ini seolah menunjuk ke atas dan mengingatkan kita akan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Bukit ini bisa dijadikan pengingat bahwa manusia terpuruk dengan segala keterbatasannya.

2. Pesona alam dari atas bukit

Di balik keunikan bentuknya, daya tarik lain yang patut Anda ketahui adalah pesonanya. Seperti perbukitan pada umumnya, Bukit Serelo juga terlihat hijau dan menyejukkan mata. Namun warna hijau tidak berasal dari rimbunnya pepohonan, melainkan didominasi oleh semak belukar. Beberapa pohon tumbuh, hanya di tempat-tempat tertentu.

Keindahan alam semakin terlihat saat berada di puncak bukit. Sungai Lematang di sekitarnya cukup jernih untuk dilihat, warna airnya yang biru jernih. Selain itu, deretan perbukitan yang terlihat tertata rapi juga menjadi pemandangan yang menyenangkan. Di malam hari, kelap-kelip lampu kota dan rumah penduduk terlihat seperti gugusan bintang yang jatuh dari langit.

3. Penuh dengan flora dan fauna

Daya Tarik Bukit Serelo Lahat LainnyaKredit gambar: Google Maps SarTika Nyayu Zaleha

Bukit Serelo Lahat memiliki luas sekitar 210 hektar, tentunya sangat banyak. Flora dan fauna inilah yang dimaksud, Anda bisa melihat berbagai jenis tumbuhan yang belum tentu terdapat di perbukitan lain. Sebagian besar merupakan tumbuhan khas Indonesia, misalnya puspa dan sungkai yang kini mulai langka.

Ada juga banyak jenis satwa liar atau hewan. Kera ekor panjang termasuk yang paling mudah ditemukan. Selain itu ada juga kancil, kijang, kijang, bajingan dan hewan khas indonesia lainnya. Anda mungkin menjumpai semua flora dan fauna ini dalam perjalanan menuju puncak, tetapi itu tidak dijamin karena bergantung pada keberuntungan.

4. Taman Pusat Latihan Gajah

Bukan di puncak Bukit Serelo, melainkan di bawah bukit terdapat taman pusat latihan gajah. Sekolah Temperamen Gajah namanya, tempat ini telah melatih setidaknya 40 ekor gajah untuk membantu aktivitas warga. Biasanya gajah ini dilatih untuk membantu pekerjaan berat, seperti membawa kayu gelondongan.

Meski bukan tujuan utama, tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan diri untuk mampir ke sana. Sebab, saat ini belum ada pertunjukan gajah seperti sirkus, apalagi gajah yang digunakan untuk tunggangan. Namun, Anda bisa meluangkan waktu untuk sekedar berfoto bersama untuk menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit Serelo LahatKredit gambar: Google Maps Serli Monita

Bukit Serelo terletak di Padang, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Karena lokasinya yang cukup jauh, akan memakan waktu lama jika saat ini berada di pusat Lahat. Menempuh jarak sekitar 55 kilometer, Anda membutuhkan waktu setidaknya 1 jam 30 untuk tiba di tempat parkir atau di bawah bukit.

Untuk mencapai puncak, Anda harus melanjutkan dengan berjalan kaki. Rute terbaik yang bisa ditempuh dari pusat kota adalah melalui Jalan Lintas Sumatera. Sekitar 300 meter setelah menyeberangi Sungai Lematang, silakan belok kanan. Jalannya sangat berliku, jadi sebaiknya gunakan GPS atau peta digital.

Cukup jauh jarak yang harus kamu tempuh, namun selama perjalanan kamu selalu ditemani oleh keindahan. Nggak gampang bosan juga, warna hijaunya selalu menyejukkan mata, apalagi saat mendekati lokasi. Biarkan jendela mobil terbuka untuk merasakan udara segar dan bersih.

Harga tiket masuk ke Serelo Hill

Tiket Bukit Serelo LahatKredit gambar: Google Maps Eko Fasilon

Perlu diketahui bahwa Bukit Serelo bukanlah objek wisata resmi seperti air terjun atau wahana. Dengan banyaknya atraksi, tempat ini selalu berupa bukit yang dipenuhi tumbuhan hijau dan hewan liar. Artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mendaki bukit eksotis di Lahat ini.

Namun, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari otoritas desa. Tidak sulit, tanpa perlu SIMAKSI seperti saat mendaki gunung. Perizinan hanyalah formalitas dan pendataan. Alih-alih tiket masuk, Anda bisa menyewa jasa pemandu agar lebih aman dan terjamin keamanannya.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Bukit Serelo

Aktivitas di bukit Serelo LahatKredit gambar: Google Maps Eko Fasilon

Apakah Anda pernah mendaki bukit? Bukit manapun yang Anda kunjungi, aktivitasnya tidak jauh berbeda. Aktivitas seru di Bukit Serelo lebih banyak berhubungan dengan petualangan. Kebebasan untuk mengekspresikan diri dan merasakan alam akan semakin seru jika Anda melakukan beberapa aktivitas berikut!

1. Tracking ke puncak Bukit Serelo

Bagi yang suka tantangan, mendaki ke puncak adalah kegiatan yang paling mengasyikkan. Meski lelah, rasa bangga saat menaklukan medan yang sulit memberikan kesan yang cukup berarti. Perjalanan yang Anda lakukan sekitar 2 jam jika berjalan santai. Di satu titik terdapat sebuah tiang yang dapat digunakan sebagai tempat peristirahatan.

2. Menikmati panorama alam

Selama perjalanan menuju puncak, Anda bebas menikmati segala keindahan Bukit Serelo Lahat. Pesona Bukit Barisan sayang jika dilewatkan begitu saja. Keindahan yang paling diharapkan adalah saat berada di atas, sungai Lematang dan perkebunan hanya sebagian kecil saja.

3. Kamp

Tak bisa dipungkiri, tujuan utama wisatawan yang juga merupakan kegiatan menarik adalah berkemah. Anda dapat memilih dari beberapa tempat perkemahan, tetapi sebagian besar pendaki memilih puncak. Bukan paku jari, tentu saja, karena tidak terlalu besar dan tidak ada tempat untuk bermalam.

4. Lihat pelatihan gajah

Sebelum atau sesudah mendaki Bukit Serelo, pastikan untuk menyempatkan diri mengunjungi Sekolah Latihan Gajah. Tempat ini sebenarnya bukan tempat wisata, namun semua orang boleh mengunjunginya asalkan tidak keberatan. Ingatlah untuk mengabadikan momen dengan hewan terbesar, jika tidak, Anda akan mendapatkan momen langka seperti ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan Bukit Serelo LahatKredit gambar: Google Maps Eko Fasilon

Bukit Serelo bukanlah objek wisata resmi, melainkan hanya tempat yang dijadikan tujuan hiking oleh banyak traveler ke nusantara. Seperti perbukitan pada umumnya, tidak ada fasilitas di puncaknya. Hanya ada mata air di sekitar bukit, harap manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Hal ini dapat dikatakan tentang objek wisata alam Lahat yang memiliki banyak nama. Kunjungan ke tempat ini harus diawali secara fisik karena medannya cukup sulit. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan yang cukup, karena di Bukit Serelo tidak banyak fasilitas yang tersedia kecuali di kampung-kampung warga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button