Bukan Surabaya, Ini 3 Daerah Tertua di Jawa Timur! : Wisata Okezone - WisataHits
Jawa Barat

Bukan Surabaya, Ini 3 Daerah Tertua di Jawa Timur! : Wisata Okezone

Bukan Surabaya, Ini 3 Daerah Tertua di Jawa Timur!  : Wisata Okezone

SURABAYA Dikenal sebagai Kota Pahlawan karena mengacu pada pertempuran antara pasukan Pembela Tanah Air dan Sekutu pada 10 November 1945.

Meskipun Surabaya berperan besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, namun ia bukanlah wilayah tertua di Jawa Timur.

Berikut 3 daerah tertua di Jawa Timur.

1. Kabupaten Malang

Kabupaten Malang merupakan daerah tertua di Jawa Timur. Dilihat dari hari jadinya, kawasan yang dikenal sebagai kota wisata dan kota dingin ini lahir pada 28 November 760.

Sebagai kota tertua di Jawa Timur, kota ini dulunya merupakan wilayah Kerajaan Kanjuruhan yang diyakini sebagai kerajaan Hindu-Buddha tertua di Jawa Timur. Kerajaan di Malang ini tercatat berkuasa bersamaan dengan kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat.

Kawasan yang terkenal dengan pemandangannya yang indah dengan berbagai tempat wisata ini kini berusia 1262 tahun.

2. Kabupaten Kediri

Kawasan yang diapit dua gunung ini merupakan kawasan tertua kedua di Jawa Timur. Diapit oleh Gunung Kelud vulkanik di sebelah timur dan Gunung non-vulkanik Wilis di sebelah barat, kabupaten ini memiliki tanah yang subur.

Kota tahu ini lahir pada 25 Maret 804 dan kini berusia 1218 tahun. Menurut situs resmi Kabupaten Kediri, nama Kediri berasal dari kata “diri” yang berarti “adeg” (berdiri), yang diawali dengan “Ka” yang berarti “menjadi raja” dalam bahasa Jawa Kuno.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

3. Kota Kediri

Kota yang satu ini berdiri pada tanggal 27 Juli 879 dan telah mencapai usia 1.143 tahun menjadikannya sebagai kota tertua di Jawa Timur. Dari bukti-bukti peninggalan sejarah yang ada, terlihat jelas bahwa kota Kediri dulunya termasuk wilayah Kerajaan Kediri.

ilustrasi

Inilah kawasan tertua di Jawa Timur.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button