Wisata mistis di banyuwangi - WisataHits
wisatahits

Wisata mistis di banyuwangi

Wisata mistis di banyuwangi

Simak ulasan tentang √ Tempat Angker Banyuwangi, √ Wisata Mistis Banyuwangi dan √ Wisata Angker Banyuwangi dibawah ini.

Wisata mistis di banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten dengan tingkat kemajuan tertinggi di Jawa Timur maupun di Indonesia.

Banyuwangi memiliki segudang seni budaya asli, wisata alam, wisata pantai, wisata air terjun bahkan wisata mistis yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Dengan letaknya yang berada di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi dikenal sebagai “Jawa Matahari Terbit” yaitu tempat pertama di jawa untuk melihat indahnya matahari terbit.

Namun dibalik keindahan dan kemajuannya saat ini, Banyuwangi memiliki sejarah mistis yang sangat kental, salah satunya tragedi tahun 1998 yang membunuh banyak orang yang diduga memiliki ilmu gaib.

Distrik yang sebelumnya dijuluki “Kota Sihir” ada tempat-tempat yang berbau mistis. Tak heran jika Banyuwangi menjadi tujuan orang-orang yang ingin belajar ilmu hitam atau bertapa.

Lantas apa saja tempat wisata mistis Banyuwangi?

Yuk simak ulasan tempat mistis dan angker di Banyuwangi berikut ini.

Berikut 8 wisata mistis di Banyuwangi

1. Gua Istana

Goa-Istana-Mistis-Wisata-Banyuwangi

Gua yang terletak di Alas Purwo ini sering digunakan orang untuk bersemedi. Bahkan bapak pembawa berita Indonesia yaitu. Tiriskan karno pernah bertapa di gua pertapaan ini.

Karena banyak orang yang bersemedi di tempat ini, maka tidak heran banyak ditemukan sesaji di sana. Selain itu, umat Hindu sering mengadakan ritual di tempat ini.

Menurut cerita rakyat setempat, di sinilah Bung Karno bertemu dengan penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul.

Pada zaman dahulu, di sinilah para raja akan bertemu dan bertukar pikiran dan bersantai di sekitar gua istana.

Goa ini paling sering dikunjungi untuk bertapa atau mencari ilmu gaib. Menurut pendapat seorang cenayang, goa ini dijaga oleh dua pendekar hebat dan banyak makhluk jin yang tinggal di sana.

Di goa keraton ini juga menjadi pusat pangkalan Purwo. Seperti kerajaan, itu adalah istana. Tidak diragukan lagi kalau Goa Istana merupakan tempat wisata mistis di Banyuwangi.

2. Rowo Bayu

Rawa-Bayu-Banyuwangi

Tempat wisata mistis di Banyuwangi selanjutnya adalah Rowo Bayu. Rowo Bayu atau Rawa Bayu merupakan tempat yang sunyi dan masih penuh misteri. Dari sinilah lahir kabupaten Banyuwangi pada 18 Desember 1771.

Di sinilah pertempuran antara kerajaan Blambangan dan Belanda terjadi. Berkat kesaktian para patih dan keteguhan hati rakyat Blambangan, kerajaan Blambangan berhasil memenangkan perang ini. Banyaknya korban yang berjatuhan di sana membuat rawa ini menjadi rumah bagi para arwah.

Salah satu tokoh penjaga Rawa Bayu adalah seorang bernama Nyai Resek. Wujud Nyai Resek sendiri memiliki wajah yang cantik dan bijaksana. Di sekelilingnya dijaga oleh tentara dan wanita lain.

Pantas saja rawa Bayu memakan tumbal anak yang mandi di sana. Terakhir, kawasan Rowo Bayu dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker di Banyuwangi.

Silahkan baca lebih detail tentang Rawa Bayu di artikel tersebut Rawa Bayu Banyuwangi.

3. Pantai Boom

Mystique-Boom-Banyuwangi-Pantai

Pantai Boom yang dulunya merupakan pelabuhan utama Kota Banyuwangi ternyata pernah mengalami tragedi yang mengerikan, yaitu tragedi INKAI.

Tragedi ini memakan banyak korban, penyebabnya adalah air laut yang tiba-tiba menimbulkan gelombang besar yang menyeret para karateka yang sedang berlatih di sana ke laut. Tercatat ada 26 karateka yang tewas, termasuk pelatihnya.

Ketika ada makhluk gaib menyelidiki kejadian tersebut. Mereka di serang oleh ribuan jin yang datang dari laut hingga salah satu anak buah kapal mereka kesurupan namun di kuasai oleh alam gaib.

Menurutnya, tempat ini merupakan dapur kerajaan jin besar dan pusat kerajaan berada di Alas Purwo. Jadi tidak diragukan lagi kalau Boom Beach adalah salah satunya wisata mistis di banyuwangi.

4. Pantai Watu Dodol

Wisata Pantai-Watu-Dodol-Haunted-di-Banyuwangi

Pantai Watu Dodol yang dulunya menjadi destinasi favorit Banyuwangi ini ternyata punya sejarah panjang yang luar biasa. Hal ini terlihat dari kejadian yang terjadi di sini, salah satunya adalah dukun yang digantung hidup-hidup di sini.

Selain itu, ada juga beberapa di sini monumen yang dipercaya memiliki hubungan dengan dunia gaib, sebut saja patung Gandrung yang menjadi icon kabupaten Banyuwangi.

Patung Gandrung ini pada malam hari akan terlihat bergerak sendiri dan menari. Bagi masyarakat Banyuwangi, Pantai Watu Dodol selain sebagai tempat wisata yang indah juga dikenal sebagai tempat wisata mistis di Banyuwangi.

Ada juga bongkahan batu besar di tengah jalan batu Dodol. Pada masa pemerintahan Belanda batu ini harus dipindahkan agar tidak menghalangi jalan.

Namun usahanya untuk memindahkan batu ini sia-sia, berbagai cara dicoba termasuk menariknya dengan kapal besar, namun yang terjadi adalah kapal tersebut tenggelam.

Batu besar ini dipercaya sebagai paku bumi di Pulau Jawa, jika batu ini hancur maka Pulau Jawa akan tenggelam.

Di tepian batu Dodol, terdapat sebuah sumur kecil yang kelak menjadi tempat ia dilahirkan Sunan Giri sebelum hanyut di Selat Bali. Dan air dari sumur tersebut dianggap ampuh untuk kesehatan tubuh.

Selain yang ketiga monumen di atas, di Rocher du Dodol, ada juga a bunker peninggalan Jepang yang pernah bertugas sebagai pengintai kapal musuh.

Dalam bunker itu sangat gelap dan akhir bunker yang satu ini ditutup karena adanya hewan liar seperti harimau. Tapi ada juga cerita yang mengatakan itu pada akhirnya bunker ini bisa menembus sampai ke pangkalan Purwo.

Itulah gambaran keindahan Watu Dodol di balik keindahan wisata pantainya yang terkenal.

Dengarkan dan baca: Suku Osing Banyuwangi

5. Pabrik Saranit

Pabrik Haunted-Saranite-Banyuwangi

Salah satu pabrik kapal yang sudah tidak berfungsi lagi, sering terjadi hal-hal aneh. Inilah salah satu alasan mengapa pabrik ini tidak berfungsi lagi.

Salah satu kejadian yang mengejutkan adalah kapal baru yang tiba-tiba tiba di dermaga, padahal tidak ada yang memindahkannya. Konon kapal bergerak karena belum masuk “SENANG” alias acara syukuran tidak terlaksana.

Di pabrik ini juga terdapat cerobong asap yang merupakan kandang naga besar. Selain dijaga oleh seekor naga, tempat ini juga dihuni oleh para wanita Belanda yang tinggal di penginapan tak jauh dari pabrik.

Pabrik ini sudah dikenal oleh masyarakat setempat sebagai salah satu tempat mistis yang bisa dibuat tempat wisata angker di banyuwangi.

Baca Juga: Kawah Ijen Banyuwangi, Jawa Timur

6. Rumah Sakit Inggris Banyuwangi

Mistis-dan-Haunted-British-Hospital-Banyuwangi

Bekas rumah sakit yang berseberangan dengan Gesibu Blambangan ini memiliki sejarah kelam.

Tempat ini pernah dijadikan tempat pembantaian oleh Belanda. Di tempat ini juga terdapat pohon dayung berukuran besar.

Menurut penduduk setempat, ketika malam tiba mereka mendengar tangisan minta tolong dan mereka mengatakan sering terlihat seorang wanita Belanda berjalan di sekitar area rumah sakit ini.

Rumah sakit asal Inggris ini dikenal sebagai tempat yang angker oleh masyarakat sekitar. Namun terkadang tempat ini dijadikan tujuan kunjungan malam atau untuk menguji nyali pemuda Banyuwangi.

7. Istana Macan Putih

Wisata Mistis-Banyuwangi-Istana-Harimau-Putih

Keraton yang didirikan oleh Raja Tawang Alun ini merupakan tempat keramat bagi warga sekitar. Penduduk setempat percaya bahwa di sinilah Prabu Tawang Alun muksa atau kehilangan jasadnya dan dikembalikan kepada Tuhan.

Menurut penampakan makhluk gaib, tempat ini dijaga oleh harimau putih dan di dalam keraton tersebut ada jin yang mengaku sebagai raja Tawang Alun. Keraton Harimau Putih ditetapkan sebagai salah satu wisata mistis Banyuwangi yang masih angker.

8. Alas Purwo

Perjalanan-Mistik-Alas-Purwo-Banyuwangi

Kedahsyatan Alas Purwo masih menjadi misteri bagi penduduk Banyuwangi. Alas Purwo memiliki luas 434 km2. merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia yang menjadi rumah bagi ribuan flora dan margasatwa di Pulau Jawa.

Selain dikenal dengan cagar alamnya yang indah, Alas Purwo juga dikenal dengan hutannya yang angker dan menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Penduduk setempat percaya bahwa tempat ini merupakan tempat berkumpulnya jin di seluruh nusantara. Maka dari itu, pangkalan Purwo milik masyarakat Banyuwangi ini dijadikan sebagai tempat wisata mistis di Banyuwangi.

Konon, sejak sebelum masa penjajahan, tidak ada satu manusia pun yang bisa pulang dengan selamat setelah memasuki Alas Purwo.

Bahkan manusia yang mati di sana tidak dapat menemukan jasadnya. Bagi mereka yang bisa keluar dengan selamat dari tempat ini, kemungkinan besar juga tidak akan selamat, karena akan mengalami bencana dan kecelakaan.

Simak dan baca juga: Informasi wisata di banyuwangi

Demikian pemeriksaan 8 tempat wisata mistis di banyuwangi. Karena mitos gaib yang melegenda, banyak orang datang ke Banyuwangi untuk menimba ilmu gaib dan bertapa. Ada lebih dari 40 gua di dasar Purwo dan hampir semuanya didekati orang untuk meditasi. Bahkan ayah dari presiden pertama Indonesia ini memiliki pertapaan khusus Soekarno di pangkalan ini di Purwo.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button