Brrr, ini dia 4 tempat dengan suhu terdingin di Jawa Barat, ada yang dibawah 10 derajat Celcius - WisataHits
Jawa Barat

Brrr, ini dia 4 tempat dengan suhu terdingin di Jawa Barat, ada yang dibawah 10 derajat Celcius

Brrr, ini dia 4 tempat dengan suhu terdingin di Jawa Barat, ada yang dibawah 10 derajat Celcius

Kawasan tersebut tentunya menjadi destinasi liburan populer bagi warga ibu kota yang lelah dengan kemacetan lalu lintas dan udara panas dalam keseharian.

Dengan luas 35.378 kilometer persegi tentunya banyak alternatif tempat yang bisa dikunjungi. Tapi tahukah kamu dimana tempat dengan suhu terdingin di Jawa Barat?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 tempat dengan suhu terdingin di Jawa Barat. Yuk, simak semuanya!

1. Garut

Dikelilingi oleh pegunungan, Kabupaten ini terkenal dengan suhunya yang dingin. Dengan ketinggian rata-rata 750 mdpl, Garut dikelilingi oleh Gunung Guntur, Gunung Karacak, Gunung Cikuray, dan Gunung Papandayan.

Dikenal juga dengan kualitas dodol dan kambingnya, suhu rata-rata di Garut sekitar 24 derajat Celcius dan terdingin pernah tercatat 13 derajat Celcius.

2.Sukabumi

Tempat terdingin berikutnya adalah Sukabumi. Daerah Jawa Barat ini tersapu angin pasat tenggara dari Australia. Suhu rata-rata harian bisa mencapai 19 hingga 18 derajat Celcius.

Suhu terendah yang pernah tercatat di Sukabumi adalah 15 derajat Celcius. Menurut BMKG, suhu terdingin biasanya dicapai sebagai pertanda akan datangnya musim kemarau.

3.Bogor

Bogor merupakan salah satu tujuan wisata favorit masyarakat tidak hanya di wilayah Jabodetabek tetapi juga di luar Jawa dan mancanegara.

Terkenal dengan kawasan Puncak, suhu udara di kawasan Bogor relatif dingin dan segar.

Beberapa tempat di Bogor yang menyumbang udara dingin adalah Pegunungan Sanggabuana, Pegunungan Gede Pangrango, dan Pegunungan Halimun Salak. Suhu terendah Bogor yang pernah tercatat adalah 16 derajat Celcius pada siang hari. Bayangkan malam harus menjadi lebih dingin lagi.

4.Lembang

Lembang merupakan kawasan dengan ketinggian 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut yang terletak di Kabupaten Bandung Barat.

Daerah ini terkenal dengan berbagai tempat wisata seperti floating market, farmhouse dan Hobbiton.

Dengan titik tertinggi di puncak Gunung Tangkuban Parahu, suhu rata-rata di Lembang berkisar antara 17 hingga 27 derajat Celcius. Pada tahun 1991, Lembang mencapai suhu terendah 9,8 derajat Celcius.

Suhu di bawah 10 derajat Celcius merupakan suhu terendah yang pernah tercatat oleh daerah di Provinsi Jawa Barat. Hal itu juga menandakan bahwa Lembang merupakan tempat dengan suhu terdingin di Jawa Barat.***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button