Pariwisata Mulai Pulih, Kebun Raya Cibodas Gelar Kursus Edukasi dengan Jumlah Peserta Terbanyak - WisataHits
Jawa Barat

Pariwisata Mulai Pulih, Kebun Raya Cibodas Gelar Kursus Edukasi dengan Jumlah Peserta Terbanyak

Sabtu lalu, 29 Oktober 2022 Kebun Raya Cibodas mengadakan acara edukasi untuk Kebun Raya

Dermaga. Kebun Raya Ciboda

Sabtu lalu, 29 Oktober 2022 Kebun Raya Cibodas mengadakan acara edukasi untuk Kebun Raya

Grid.ID – Pada umumnya banyak orang yang mengetahui bahwa Kebun Raya Cibodas merupakan tujuan wisata populer di kawasan puncak, namun mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa Kebun Raya Cibodas sudah berusia 170 tahun, dan Kebun Raya Cibodas sebenarnya bukan hanya menjadi destinasi wisata unggulan nasional saja, tetapi juga sebagai pusat penelitian dan pengembangan perlindungan tanaman, yang memiliki 5 fungsi utama, yaitu: konservasi, penelitian, pendidikan, pariwisata dan jasa lingkungan.

Selama lebih dari 2 tahun, sejak merebaknya pandemi, fungsi pendidikan kebun raya sangat dibatasi, kursus praktis berkebun hanya dapat diadakan dengan maksimal dua puluh peserta.

Namun, pada Sabtu, 29 Oktober 2022, Kebun Raya Cibodas berhasil memenuhi fungsi edukasi kebun raya dengan mengadakan kursus edukasi kebun dengan 75 peserta. .

Sebagai destinasi eduwisata, pusat penelitian dan perlindungan tumbuhan, Kebun Raya Cibodas terus berinovasi agar fungsi edukasi tumbuhan dan misi mencintai kekayaan alam dapat dengan mudah tersampaikan kepada masyarakat.

Inovasinya adalah menyampaikan materi pendidikan dengan cara yang menyenangkan, tepat waktu, namun berbasis ilmu pengetahuan sehingga pesan-pesan pendidikan dapat dengan mudah dicerna oleh masyarakat luas.

Baca Juga: Kebun Raya Bogor Revitalisasi Pendidikan Konservasi INARI Expo Indonesian Research & Innovation Expo 2022

Keunggulan Kebun Raya Cibodas sebagai pusat konservasi tanaman dataran tinggi tidak hanya menawarkan kursus seperti di ruang kelas atau seminar, tetapi juga menawarkan kesempatan kepada siswa untuk mengadakan kursus di bawah langit terbuka di lingkungan pegunungan yang indah dan sejuk.

Tidak seperti kelas biasa yang berlangsung di dalam ruangan.

Teguh Wahyu Pramana selaku Manajer Konservasi PT. MNR Kebun Raya Cibodas mengatakan: “Kami memenuhi fungsi edukasi Kebun Raya sesuai dengan perkembangan zaman, karena inilah keunggulan utama Kebun Raya Cibodas, dimana kami dapat memenuhi fungsi pendidikan, menggunakan teknik berkebun yang menarik dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari sambil menikmati keindahan alam taman. Raya Cibodas, kami berharap dengan melakukan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli dan mencintai kekayaan alam Indonesia.”

Salah satu perwakilan peserta kursus garden education, Ibu Sri mengatakan, “Kegiatan outdoor education seperti ini dapat meningkatkan imunitas positif dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi masyarakat yang bekerja di perkotaan. Pendidikan botani melalui pembuatan kokedama buatan tangan juga mengajarkan kita bahwa kita dapat menambah nilai tanaman dengan cara ini.”

Baca Juga: KBRI Bogor Kagumi Kecapi Suling Sunda Khas di Kebun Raya Bogor

Dikemas secara menarik dan interaktif, fungsi edukasi Kebun Raya Cibodas telah membuktikan penerimaan masyarakat dengan berhasil menyelenggarakan kursus pendidikan taman dalam jumlah terbesar di Kebun Raya selama masa pandemi.

Melalui kegiatan ini, tidak hanya sebagai simbol bahwa pariwisata mulai pulih, tetapi juga sebagai tanda bahwa Kebun Raya beradaptasi dengan perkembangan zaman dengan memenuhi fungsi utamanya, yang lebih dari sekedar pariwisata, tetapi sebenarnya memiliki misi pendidikan. masyarakat untuk meningkatkan kecintaan terhadap kekayaan alam Indonesia.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

KONTEN IKLAN

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button