Bledug Kuwu, Wisata Grobogan Unik Penuh Rahasia dan Legenda - WisataHits
Jawa Tengah

Bledug Kuwu, Wisata Grobogan Unik Penuh Rahasia dan Legenda

Bledug Kuwu bisa menjadi alternatif tempat wisata anti mainstream di Grobogan. Hal ini dikarenakan Bledug Kuwu Grobogan merupakan fenomena alam yang sangat langka.

Bledug Kuwu juga menyuguhkan sisi misteri, legenda, atau bisa dibilang mitos juga. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata ini.

Juga jika Anda menyimak artikel nativeindonesia.com, dapat dipahami bahwa hampir setiap pariwisata di Indonesia memiliki halaman ini.

bledug kuwubledug kuwu. Google Maps. Sumber: Totok Suprawoto

Terlepas dari pro dan kontra, atau terkadang sulit dipahami oleh ilmu yang ada. Namun nyatanya cerita kriminal, saga, hingga cerita mistis sebenarnya masih bisa bertahan di era modernisasi seperti sekarang ini.

Dan inilah ulasan tentang Bledug Kuwu Grobogan yang telah kami siapkan untuk anda sebagai referensi pertama anda untuk menentukan tempat wisata di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Lokasi Bledug Kuwu

Lokasi Bledug Kuwu beralamat Jl. Wirosari – Kuwu, Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.

Jika perjalanan Anda dimulai dari Alun-Alun Purwodadi, jarak menuju Pusat Wisata Bledug Kuwu Grobogan sekitar 27 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Jalan menuju situs Bledug Kuwu juga terbuka untuk kendaraan roda dua, begitu juga kendaraan roda empat menuju tempat parkir utama.

wisata unik di groboganwisata unik di Grobogan. Google Maps. Sumber: Grup Amk

Harga tiket masuk Bledug Kuwu

  • Tiket masuk Bledug Kuwu Rp 5.000 per orang.
  • Pengunjung akan dikenakan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp. 2.000 dan Rp 5.000 untuk parkir.

Lihat juga: Ganesha tidur Banjarejo

Jam buka Bledug Kuwu

  • Tempat wisata Bledug Kuwu Grobogan buka mulai pukul 06:00 – 18:00
  • Tempat wisata Bledug Kuwu Grobogan beroperasi setiap hari

Fasilitas di Bledug Kuwu

Adapun fasilitas wisata yang ada di Bledug Kuwu Grobogan adalah sebagai berikut :

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Patung Ikon Legendaris,
  • Jalur pejalan kaki dan tempat duduk yang nyaman.

Patung Aji-SakaPatung Aji-Saka. Google Maps. sumber: muhammad irfanto

Cerita Legenda dan Mitos di Bledug Kuwu

Tema legenda dan mitos dalam Bledug Kuwu Grobogan berkaitan dengan dua tokoh yang menjadi awal cerita Bledug Kuwu.

Kedua tokoh tersebut bernama Aji Saka atau Aji Soko dan seekor naga sakti bernama Joko Linglung yang juga merupakan anak dari Aji Saka.

Aji Saka adalah karakter kuat yang berhasil mengusir raja tiran pemakan manusia. Sementara itu, Joko Linlung adalah naga sakti yang berhasil membunuh raja jahat tersebut.

Tema cerita Bledug Kuwu termasuk dalam cerita rakyat. Hal ini ditegaskan dengan asal muasal lubang lumpur di Bledug Kuwu yang disebabkan oleh naga sakti Joko Linglung.

Dan jika anda berkunjung ke objek wisata Bledug Kuwu Grobogan, anda bisa melihat patung tokoh legendaris dan sakti bernama Aji Saka atau Aji Soko.

gunung lumpurgunung lumpur. Google Maps. Sumber: Alwan Arif

Lihat juga: Air Terjun Widuri

Atraksi Bledug Kuwu

1. Gunung Lumpur

Daya tarik utama dari objek wisata Bledug Kuwu adalah fenomena alam yang tidak biasa, yaitu semburan lumpur secara berkala atau gunung lumpur setinggi 2 meter. Dan di Jawa Tengah hanya ada satu fenomena di Desa Kuwu.

Mitos mengatakan bahwa semburan lumpur disebabkan oleh naga kuat Joko Linlung. Jadi menurut ilmu pengetahuan disebabkan oleh keluarnya gas dari inti bumi.

garam alamigaram alami. Google Maps. Sumber: Sugeng Riyadi

2. Wisata Budaya Edukasi

Daya tarik wisata Bledug Kuwu Grobogan selanjutnya adalah wisata budaya edukasi. Pengunjung dapat melihat budaya masyarakat setempat yang bekerja sebagai buruh garam.

Uniknya, garam tersebut berasal dari gunung lumpur Bledug Kuwu Grobogan. Setelah melalui beberapa stasiun, mulai dari proses hingga penjualan garam.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button