Besar! Ternyata ini adalah pembekalan para finalis Solo 2022 Putra Putri - WisataHits
Jawa Tengah

Besar! Ternyata ini adalah pembekalan para finalis Solo 2022 Putra Putri

Besar!  Ternyata ini adalah pembekalan para finalis Solo 2022 Putra Putri

LENSINDONESIA.COM: Acara Pemilihan Duta Wisata Kota Surakarta “Putra Putri Solo (PPS) 2022” telah dimulai dengan motto “Hanetep Darmaning Negari”. Mereka yang terpilih sebagai finalis PPS tidak hanya mengandalkan ketampanan dan kecantikan, tetapi juga memiliki pengetahuan yang baik tentang sejarah, budaya dan tradisi kota Surakarta. Dengan demikian, 20 finalis tersebut harus menjalani serangkaian pembekalan menjelang Grand Final PPS 2022.

Pantauan langsung Lens Indonesia, ke-20 finalis PPS 2022 menyatakan antusias dan kewaspadaan usai pembekalan hari kedua di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Minggu (24/7/2022).

Wakil Walikota Surakarta Drs. Teguh Prakosa, Ketua Panitia Pemilihan Putra Putri Solo Duta Wisata 2022 Raden Ayu (RAy) Febri Hapsari Dipo Kusumo.

“Hari ini finalis Solo 2022 Putra Putri memasuki tahap pembekalan dan orientasi pada hari kedua,” kata R.Ay. Febri Hapsari Dipo Kusumo kepada Lens Indonesia. “Dan hari ini kita diberi kesempatan oleh Sinuhun Pakoe Boewono XIII dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pakoe Boewono untuk pergi ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan melihat keindahan Museum Kraton serta melihat perjalanan Wakil Walikota Surakarta , Pak Teguh Prakosa,” jelasnya lebih lanjut.

Mantan runner-up Putri Citra Nasional tahun 1992 itu juga menyampaikan harapannya dengan hadirnya Putra Putri Solo di tempat-tempat budaya dan destinasi wisata di Kota Surakarta dapat menjadikan para pemuda Kota Surakarta menjadi duta pariwisata dan budaya kota Surakarta.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa berpesan kepada para finalis PPS 2022 untuk melestarikan budaya dan terus berkarya untuk Kota Surakarta.

“Mari kita lestarikan budaya kota mulia Surakarta dan terus berkarya menuju kota Surakarta yang sejahtera,” ujarnya sesaat usai pembekalan finalis PPS 2022 Kecamatan Smarakata, Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Baca Juga: Kraton Surakarta Hadirkan Daging Giling untuk Jamasan Pusaka Sunan Kalijaga

Diambil terpisah, Pengageng Parentah Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH. Adipati Dipo Kusumo berharap para pemuda khususnya finalis PPS 2022 tidak melupakan sejarah.

“Untuk finalis putra putri Solo Jasmerah. Jangan lupa ceritanya,” kata adik raja SISKS Surakarta itu. Pakoe Boewono XIII. “Kenali sejarah kota, sejarah masyarakat kota Surakarta, mulai dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat,” tambahnya.

Usai pembekalan di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, finalis 20 PPS 2022 itu juga berkesempatan menjajal skuter atau skuter listrik di pelataran Kori Kamandungan, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Puas mencoba keseruan wahana yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk menikmati keindahan Keraton Surakarta, mereka pun melanjutkan kegiatan informasinya di Museum Puro Mangkunegaran Surakarta.

Perlu diketahui, 20 finalis PPS 2022 tidak hanya mendapatkan pembekalan di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Puro Mangkunegaran, tetapi juga melakukan ziarah ke makam “Ki Ageng Sala”. Ki Ageng Sala adalah kepala desa Sala, daerah yang dibeli oleh Sinuhun Pakubuwono II untuk memindahkan pusat pemerintahan kerajaan Mataram Islam dari Kartasura ke Surakarta pada tahun 1745, dan kemudian menjadi cikal bakal Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. @LI.SoloRaya

Source: www.lensaindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button