Bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Shopee Plants Indonesian Forests mendukung pelestarian alam dan kesejahteraan masyarakat di Desa Ciwaluh, Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Shopee Plants Indonesian Forests mendukung pelestarian alam dan kesejahteraan masyarakat di Desa Ciwaluh, Jawa Barat

Ade Mulya, Head of Government Affairs Shopee Indonesia, mengatakan Shopee Menanam Hutan Indonesia tahap kedua merupakan bentuk komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukIndonesia. “Dengan menanam 1.500 bibit pohon kopi, kami berharap dapat meningkatkan kualitas lingkungan di Desa Ciwaluh dan berdampak positif bagi wilayah aliran Sungai Cisadane.

Selain itu, diharapkan warga desa Cisadane yang sebagian besar berprofesi sebagai petani kopi dapat memanfaatkan tanaman kopi ini di kemudian hari untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonominya. , dan juga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas dukungannya dalam upaya perlindungan lingkungan dengan teknologi ini,” jelas Ade.

Aryo Salaka, pengelola komunitas lingkungan Sangga Buana dan pemerhati lingkungan, menjelaskan manfaat pohon kopi sebagai tanaman konservasi yang bernilai ekonomi tinggi: “Pohon kopi ibarat primadona tanaman. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa tanaman kopi memiliki fungsi konservasi yang mirip dengan tanaman hutan, yaitu dapat melindungi tanah dan mencegah erosi.

Tidak hanya itu, pohon kopi merupakan tanaman produktif karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tidak hanya biji kopi sebagai komoditas, tetapi juga daun, batang dan akar dapat membawa manfaat ekonomi yang besar. Program Shopee Tanam Hutan Indonesia menyentuh kedua aspek tersebut dan dapat dijadikan contoh dalam mengambil pendekatan berkelanjutan dan menciptakan dampak positif yang lebih besar,” kata Aryo.

Desa Ciwaluh, Desa Wates Jaya, terletak di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi, kurang lebih 35 kilometer dari pusat kota Bogor. Terletak di kaki Gunung Pangrango, Kampung Ciwaluh mengembangkan potensi ekowisatanya sendiri. Sejak tahun 2017, sejumlah anak muda dibujuk untuk merevitalisasi ekonomi lokal dengan menjadikan desa Ciwaluh sebagai destinasi rekreasi yang mengusung konsep eco-agritourism.

Konsepnya memadukan sektor pertanian dengan sektor pariwisata, yang diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian Kampung Ciwaluh. Kampung Ciwaluh sangat cocok sebagai tempat penyembuhan dari segala penat sehari-hari. udara segar dan asri, menjadi menu utama saat berkunjung ke Ciwaluh. Sandi, salah satu petani lokal di Desa Ciwaluh, mengatakan kampanye penanaman pohon kopi yang digagas Shopee merupakan salah satu promosi untuk memperkenalkan ekowisata di Desa Ciwaluh.

“Kami sangat berterima kasih atas penanaman 1.500 bibit kopi di Desa Ciwaluh kami. Penanaman pohon kopi tidak hanya membantu menjaga kelestarian lingkungan khususnya di kawasan Sungai Cisadane agar tetap asri, tetapi juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk pengenalan Desa Ciwaluh sebagai destinasi ekowisata baru yang bisa dikunjungi masyarakat yang ingin berobat di alam,” kata Sandi.

Kampanye #ShopeeTanamHutanIndonesia merupakan inovasi baru yang memadukan teknologi digital berupa game Shopee Tanam untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Bibit Pohon Konservasi yang dipilih oleh pengguna Shopee Tanam dalam game akan diubah menjadi Bibit Pohon Kopi untuk ditanam di Desa Ciwaluh. Sebelumnya, gerakan #ShopeeTanamHutanIndonesia juga sukses dilakukan di hutan kota Jakarta April lalu dengan menanam lebih dari 2.000 bibit pohon.

Source: www.fimela.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button