Pramuka Jateng siap tampilkan atraksi tari Nusantara di Jamnas Cibubur - WisataHits
Jawa Tengah

Pramuka Jateng siap tampilkan atraksi tari Nusantara di Jamnas Cibubur

JAKARTA – Kontingen Pramuka Kuartal Jawa Tengah siap unjuk kebolehan dalam acara Jambore Nasional (Jamnas) XI di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta. Sebanyak 272 pramuka akan menampilkan atraksi Tari Nusantara.

Sutomo, Penata Tari Nusantara Kwarda Jawa Tengah, mengatakan pihaknya akan menampilkan atraksi Nusantara. Pasalnya, peserta acara Jamnas berasal dari seluruh wilayah nusantara.

“Karena kita bersatu di sini, dari Sabang sampai Merauke, kita ambil tarian dari berbagai daerah yang mewakili Indonesia. Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI (Jakarta),” kata Sutomo yang ditemui Kamis (11/8/2022) di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Menurutnya, tarian tersebut dipadukan dengan gerakan kepramukaan seperti rintangan, gerakan meluncur dari ketinggian dan kemudian dengan kata Disiplin, Ceria dan Berdedikasi Tinggi. Selain itu, spanduk Jayalah Budayaku Jayalah Indonesia juga dikibarkan dan ada juga Melayani Tanpa Batas untuk Indonesia.

Atraksi tersebut, lanjutnya, akan ditutup dengan ngarai yang menunjukkan kemauan generasi Jawa Tengah untuk mempertahankan dan melatih keterampilan di segala bidang.

“Kita latih dalam bentuk pertunjukan skill, menyatu dalam budaya,” terangnya yang juga music director acara di Jawa Tengah ini.

Rencananya, 272 peserta dari Jawa Tengah akan dibagi menjadi beberapa kelompok seperti kelompok tari, semaphore, tongkat, perintis dan panji-panji Indonesia. Sutomo juga mengatakan Jawa Tengah juga akan menampilkan kain batik dari seluruh Indonesia, yang menjadi spanduk persembahan untuk Indonesia pada acara tersebut.

Berdasarkan pantauan di tempat, ratusan peserta dari Jawa Tengah tampak bersemangat untuk berlatih tari Nusantara pada malam hari di lapangan utama bumi perkemahan Cibubur. Mereka terus melatih diri agar bisa tampil dengan baik dan maksimal.

Sekretaris Jawa Tengah Kwarda Ahmad Istajib mengatakan sejumlah peserta dari kontingen Kwarda Jawa Tengah mulai berdatangan di tempat tersebut. Seperti dari Kediaman Banyumas, Pekalongan, Kedu dan daerah lainnya.

“Banyak paket kegiatan di Jamnas yang bisa diikuti adik-adik. Mulai dari petualangan air di danau (on site) hingga teknologi, kepramukaan dan seni budaya,” ujarnya di lokasi undian utama Bumi Perkemahan Cibubur.

Selain itu, peserta akan mengikuti upacara pembukaan dan penutupan, permainan persaudaraan, keterampilan pramuka, desa pembangunan berkelanjutan, petualangan air, teknologi, kepramukaan, seni dan budaya, desa digital dan komputasi awan, perjalanan pendidikan dan permainan nasional.

Nantinya, kemampuan Global Development Village (GDV) juga diperlihatkan. Jateng juga akan menyiapkan kegiatan seperti yang dilakukan oleh Kwarcab Rembang berupa keterampilan lasem tie-dye, karnaval dan tie-dye. Ada juga penampilan dari Kwarcab Banyumas, Saka Wana Bakti Kwarda Jawa Tengah dan lain-lain. (Ak/Ul, Diskominfo Jawa Tengah)

Source: jatengprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button